Website yang Pertama

First Website by Tim BL

First Website by Tim BL

Nggak bisa membayangkan bagaimana jadinya kalau tidak ada website. Mungkin tidak akan pernah ada Facebook, WordPress, YouTube, dan game on-line. Saya jadi penasaran bagaimana rupanya website yang pertama kali dibuat. Setelah tanya Mbah Google dan PakDhe Wikipedia akhirnya ketemu juga dengan website yang pertama kali dibuat oleh Mbahnya Website Tim Berners-Lee. Tim BL menciptakan protokol TCP/IP (opi kuwi aku yo ora ngerti) yang pertama kali. Dengan protokol itulah dia menciptakan website yang pertama. Ternyata website itu sampai sekarang masih aktif. Berikut alamat url website yang pertama kali dibuat: http://info.cern.ch/. Website ini diluncurkan sekitar tahun 1990-an. Waktu itu saya masih kelas satu SMA. Sudah luama sekali.

Protokol terus disempurnakan dan tampilan website sekarang sudah berkembang pesat. Kalau jaman dulu hanya menampilkan teks dengan layar warna hitam dan tulisan warna hijau menyala. Sekarang tampilan sudah warna-warni. Bahkan tidak hanya text yang ditampilkan. Website sekarang sudah bisa menampilkan foto, video, animasi, suara, dan file-file yang lain. Hebat sekali. Website sekarang sudah sangat interaktif dan melahirkan dunia baru yang disebut dunia maya.

Sebenarnya ada nggak sih dunia maya itu? Imaginasi orang bisa macam-macam. Kalau lihat fil TRON. Mungkin seperti itulah dunia maya di masa depan. Kalau jaman sekarang orang berinteraksi di dunia maya hanya duduk di depan layar monitor komputer. Mungkin di masa depan orang akan masuk ke dalam internet itu sendiri.

Wallahua’lam. Kita tunggu saja perkembangannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s