Ketombe yang Bikin Jengkel & Minder

Ketombe mungkin bukan penyakit yang mematikan. Tapi, ketombe bisa membuat orang mati kutu dan malu. Suer saya merasakanya sendiri. Alhamdulillah, sekarang masalah ketombe itu lambat laun bisa teratasi.

Entah sejak kapan saya mulai ketombean. Lupa. Mungkin karena saya seorang kontraktor alias ke mana-mana pakia motor. Saya termasuk pengendara motor yang taat aturan. Saya hampir selalu memakai helm standar DOT setiap naik motor. Mungkin karena itu kulit kepala menjadi bermasalah. Lambat laun muncullah ketombe.

Awalnya rabut terasa gatal. Kalau digaruk2 serbuk2 putih beterbangan. Awalnya kecil2 saja. Saya jadi ingat iklan shampoo anti ketombe di tivi. Setelah saya pakai bukannya hilang malah semakin banyak ketombenya. Ketombenya lebih besar ukurannya. Mengerikan.

Ketika di kampung dulu saya kadang-kadang mandi di kali Progo. Ada mata air kecil di pinggir kali yang biasa dipakai untuk mandi. Saya lupa siapa yang memberi tahu pertama kali, ada tanah liat (lempung) yang bisa untuk keramas. Anehnya, meski dicuci pakai lempung kulit kepala bukannya kotor, malah menjadi terasa bersih dan adem. Kulit kepala bersih tidak ada ketombe.

Kini pingir kali Progo sudah jadi pabrik. Tempat mengambil lumpur itu sudah tidak ada, saya juga lupa rupa lumpurnya. Mungkin jika masih ada, lumpur itu bisa menjadi obat ketombe yang mujarab. Sayang sekali.

Ketombe saya semakin parah. Kepala terasa gatel sekali. Ketombe saya pun sudah berevolusi menjadi guede-guede. Ukurannya bisa satu centi lebih. Gendeng.

Saya mencoba berbagai saran untuk mengobati ketombe ini. Hampir semua shampoo anti ketombe saya coba. Hasilnya sangat mengecewakan. Ketombe hanya hilang sesaat setelah habis kramas. Setelah itu muncul lebih parah. Sampai frustasi saya mengobatinya.

Dari sekian banyak shampoo yang saya coba, hanya satu shampoo yang manjur, yaitu Selsun. Harga shampoonya muahal dan baunya tidak enak. Saya pakai yang warna orange. Sekali pakai langsung terasa efeknya. Cuma kalau dipakai setiap hari juga tidak baik. Kulit kepala jadi terasa kering sekali dan rambut tipis bin memerah.

Ada merek lain yang juga bisa mengurangi ketombe, yaitu produk dari Mustika Ratu; shampoo merang. Kalau memakai shampoo ini kepala juga terasa lebih dingin dan ketombe berkurang. Saya pakai shampoo Merang bergantian dengan Selsun.

Saya membaca jika memakai shampoo setiap hari tidak baik untuk rambut dan kulit kepala. Namun, kalau tidak pakai shampoo lama-lama kepala terasa gatal lagi. Artinya ketombe bisa balik lagi. Bahaya.

Saya dapatkan produk Mustika Ratu yang lain. Harganya cukup mahal. Namanya, Cemceman. Seperti lotion untuk kulit kepala. Saya coba untuk tidak keramas pakai shampoo, tetapi pakai Cemceman. Hasilnya lumayan bagus. Meski tidak keramas, kepala tidak terasa gatal. Ketombe juga tidak muncul. Saya coba tidak keramas tiga hari. Masih terasa enak kepala saya. Alhamdulillah.

Shampoo2 itu belum bisa menghilangkan secara tuntas ketombe. Ketombe bisa balik lagi kalau saya berhenti memakainya. Saya masih ingin mencari bahan2 atau shampoo alami lain yang bisa menyembuhkan ketombe secata tuntas. Semoga bisa ketemu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s