Jalan-jalan ke Gunung Bunder, Kaki Gunung Salak

Gunung Bunder Bogor

Hutan di Gunung Bunder, Bogor

Gunung Bunder

Gunung Bunder adalah salah satu wanawisata di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Di tempat ini ada banyak curug atau air terjun dan bumi perkemahan. Gunung Bunder bisa jadi salah sarana berlibur untuk melepas penat bersama keluarga.

Jika ada waktu luang, kami sekeluarga lebih suka menghabiskan waktu bersama di alam bebas. Jalan-jalan ke Kebun Raya atau ke hutan-hutan di kaki gunung Salak, salah satunya Gunung Bunder yang ada di Ciampea, Kab.Bogor.

Ini koordinate Gunung Bunder untuk mengetahui posisi dan rute menggunakan Google Maps atau Waze:

Kembali Berkunjung ke Gunung Bunder Setelah 11 Tahun

Saya pertama kali ke tempat ini sekitar tahun 2000an dulu.  Waktu itu ikutan champing dan hiking dengan teman-teman kota Bogor. Seingat saya dulu tempatnya masih sepi dan asri. Jalan menuju ke sana masih sempit dan jelek. ‘Camping ground’-nya di bawah pepohonan pinus. Di pinggir-pingir camping ground ada beberapa warung yang menjual minuman panas dan mie instan. Ada juga penjual asongan dari warga sekitar. Ada mushola dan toilet yang airnya lancar.

Kini setelah kurang lebih 11 tahunan tidak ke Gunung Bunder, kami main ke sana lagi. Kami melalui rute yang sama: Laladon – IPB Dramaga – Ciampea – dan naik ke Gunung Bunder. Laladon dan IPB Dramaga adalah jalur macet. Untungnya ketika berangkat perjalanan lancar jaya. Jarak 22 km kami tempuh dalam waktu kurang lebih satu jam. 

(Bayangkan! Di Bogor kecepatan  22km/1 jam termasuk lancar. Waktu di Jogja dulu 1 jam jarak tempuhnya 60km. Lebih parah waktu pulangnya, 22 km ditempuh dalam waktu 2,5 jam.)

Ada banyak perubahan di jalur ini. Pertama, kemacetan di Dramaga semakin parah. Mungkin karena kampus semakin ramai. Kedua, banyak villa di bangun di sekitar lokasi wana wisata. Bahkan ada juga istal kuda.

Hutan Pinus yang Menawan

Salah satu yang menarik dari Gunung Bunder adalah hutan pinusnya yang menawan. Di musim panas, daun-daun pinus yang kecil dan runcing berguguran ke tanah membentuk permadani warna coklat. Ketika mata memandang warnanya coklat dan terasa indah sekali. Ada beberapa tempat hutan pinus yang menjadi lokasi favorit pengunjung untuk bersantai dan berfoto ria, berfoto selfie atau wefie. Sayang sekali, banyak pengunjung yang meninggalkan sampah di tempat ini. Keindahan pemandangan di hutan pinus terkotori oleh sampah-sampah plastik di sana-sini. Menyedihkan.

Hutan pinus ini menurut saya juga sangat bagus untuk lokasi foto, bisa juga untuk foto Pre-wedding. Kita bisa mencari waktu yang cocok untuk melakukan pengambilan foto.

Air Terjun

Selain pemandangan hutan yang asri dan indah. Di Gunung Bunder juga ada banyak curug atau air terjun. Saya lupa nama-nama curug-nya, yang jelas ada beberapa curug yang bisa ditempuh dengan naik motor atau naik mobil. Sayannya di sini setiap kali mau masuk curug akan ditarik bayaran lagi. Ada curug yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat parkir motor/mobil. Namun ada juga curug yang lokasinya agak jauh dari tempat parkir. Anda yang suka dengan wisata alam akan senang bermain di Gunung Bunder ini. Capek juga sih, banyak jalan dan mendaki. Tetapi kelelahan dan kecapaian ini terobati oleh keindahan pemandangan di sekitar lokasi Gunung Bunder ini.

image

image

image

image

image

image

image

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s