Tips Android: Mengolah Foto dengan Adobe Lightroom Mobile

image
Sumber: Flowers. Diolah dengan Adobe Lightroom Mobile

(Gambar screenshot dari HP Pribadi)

Adobe Lightroom merilis softwere untuk platform Android. Applikasi pengolah foto yang sangat populer ini tersedia gratis. Hasilnya luar biasa. Namun, aplikasi ini perlu koneksi internet dan memakan cukup banyak sumberdaya Smartphone Android.


Baca juga: Tips Android | Fotografi


Adobe Lightroom Mobile bisa didownload di Google Playstore: Adobe Lightroom Mobile. Cara menginstallnya mudah dan pemakaiannya juga mudah. Jika Anda sudah pernah menggunakan LIghtroom sebelumnya di laptop atau PC akan segera familier dengan applikasi ini.

image
Sumber: Download dan install Adobe Lightroom Mobile di Google Playstore

(Gambar screenshot dari HP Pribadi)

image

(Gambar screenshot dari HP Pribadi)

Adobe Lightroom Mobile menggunakan mekanisme yang mirip dengan versi dekstopnya. Pertama foto yang akan diedit mesti di-import dulu ke koleksi. Anda juga bisa memberi nama koleksi2 foto tersebut.

Setelah itu Anda bisa mulai melakukan pengolahan foto. Fitur2 yang tersedia mirip dengan yang di versi dekstop. Fitur2 ini adalah basic editing yang biasa dilakukan dalam pengolahan foto.

image

(Gambar screenshot dari HP Pribadi)

Ada beberapa menu di layar tampilan. Di bagian atas ada menu untuk menyimpan hasil olahan, sharing, delete/remove dan lain2. Yang paling menarik adalah adanya histogram di kanan atas layar. Histogram ini penting pada saat pengolahan foto. Banyak informasi yang diberikan dari tampilan histogram ini. Perubahan yang kita lakukan akan terlihat efeknya pada histogram.

Di bagian bawah adalah menu2 pengolahan utama. Pojok kanan bawah adalah menu untuk memberi rating, flag, dll. Sebelahnya adalah menu pengolahan foto. Icon pertama berisi menu untuk mengatur white balance, exposure, brighness, white, contras, dll. Menu ini mirip dengan kolom bagian kanan versi dekstop.

Menu sebelahnya mirip dengan menu bagian kiri pada versi dekstop. Menu ini berisi beberapa cara cepat untuk mengolah foto dan memberikan efek2 lainnya.

Menu terakhir untuk cropping. Sayangnya tidak ada menu untuk rotate atau memutar foto. Padahal menu ini penting, kadang2 foto perlu diputar untuk mengatur komposisi.

Kelemahan dari applikasi ini adalah memerlukan koneksi internet dan cukup banyak memakan sumberdaya smartphone, terutama baterai dan CPU. Tapi jika melihat hasilnya, applikasi ini bisa dijadikan alternatif applikasi pengolah foto.

Memang ada beberapa menu yang tidak ada di versi mobile. Meski begitu menu2 yang tersedia sudah lebih dari cukup untun mengolah foto. Berikut ini beberapa contoh foto2 yang saya olah.

image image

image

image

image

Advertisements

10 responses to “Tips Android: Mengolah Foto dengan Adobe Lightroom Mobile

  1. bang. boleh nanya lebih lanjut tentang edit photo menggunakan light room di hp kah? ada kontak yg bisa di hubungin? whatsapp? line atau bbm bang?
    mhon infonya bang.
    id line saya : sandifernando

  2. klau kasus gini caranya bagaimana mas? gambar 10 di edit kasih tulisan yg sama sekali edit, tapi jadinya 10gbr terpisah dgn tulisan yg sama.
    . . . bisa ga?

  3. Kalau sedang dalam proses edit foto, ada pilihan buat ngebandingin foto hasil edit terakhir kita dengan foto originalnya ga ya?

  4. Kok adobeku ga bisa pilih2 foto? Yg tersedia hanya 1 folder.

  5. Bang knapa kalo nge add foto ada bacaan import stoped, low device storage. Dan solusinya gimana ??

    • kalau masalah low device storage, itu mah tinggal join di aku light room nya terus keluar dari akun nya lagi dan ada tulisan kartu sd, tinggal aktifin di kartu sd, soalnya kalau di memori internal sering hampir penuh sedangkan kartu sd sering banyak yang kosong

  6. Bang. Knapa klo ngeadd foto ada bacaan import stoped. Low device storage. solusinya apa bng ??

  7. pertanyaan saya sudah saya ajukan diemail anda bang mungkin anda bisa membalasnya terimakasih 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s