Tempat Belanja Murah di Ciomas

Minimarket ‘branded’ banyak bertebaran di sudut-sudut kota Bogor, bahkan sampai ke daerah-daerah pingiran dengan interval jarak yang sangat dekat sekali. Belanja di minimarket ‘branded’ memang enak, tapi harga-harganya miring ke atas. Beberapa item lebih mahal dari warung-warung kecil. Untungnya di daerah Ciomas ada tempat-tempat belanja yang murah sekali untuk belanja kebutuhan sehari-hari/bulanan, namanya Toko ‘Barokah Lestari Makmur’. Toko grosir dan eceran langganan warung-warung di seputaran Ciomas.

Saya diberitahu toko ini oleh ibu kostku dulu. Beliau tahu, anak kost uangnya mempet, karena itu dia memberitahu tempat belanja yang harganya murah-murah. Awalnya Toko Lestari Makmur ada di pertigaan pintu ledeng, dekat pasar Ciomas lama. Toko ini berkembang pesat hingga membuat toko yang lebih besar mirip supermarket di dekat Kantor Kecamatan Ciomas. Kalau dari arah Kecamatan posisinya ada di kanan jalan. Toko ini selalu ramai, buka mulai jam 7.30 sampai 20.30 malam.

Langganan toko ini adalah para pedagang-pedagang warung yang ada di kampung-kampung di sekitar Ciomas. Warung-warung di komplek kami pun juga belanja di toko ini. Harganya jauh lebih murah daripada harga di Minimarket yang menjamur di sepanjang jalan ini. Contoh sederhana saja, harga mie instan; harga eceran lebih murah sampai 15%. Harga grosir bisa lebih murah 20%. Hampir semua barang harganya murah.

Untuk belanja kebutuhan bulanan seperti: sabun, detergen, pewangi, pasta gigi, shampoo, gula, beras, tepung, mie instant, minuman instant, kertas tissue, saus, minyak goreng, telor dan makanan kecil. Kalau belanja di toko ini cukup untuk satu bulan, dengan uang yang sama jika belanja minimarket hanya cukup untuk tiga minggu. Memang sih, sebagian besar barang-barang di toko ini dijual grosir dan kalau beli harus satu kotak atau satu renteng, tidak bisa satuan.

Tempat Beli Susu dan Minyak

Sebagian besar belanjaan kami beli di Toko Lestari Makmur, kecuali susu dan minyak goreng. Untuk susu dan minyak goreng ada toko yang juga murah harganya, yaitu Toko Serasi. Harga susu instant, susu bayi dan minyak goreng lebih murah daripada di Toko Lestari Makmur. Kecuali harga susu kotak, harga susu kotak di toko ini lebih tinggi dari pada di toko Lestari Makmur.

Letak toko ini memang tidak strategis. Posisinya pas di belokan dan tempat parkirnya agak sempit. Meski tidak strategis banyak langganannya, terutama yang punya bayi dan anak kecil. Dari Toko Lestari Makmur masih jalan sedikit ke arah Cikoneng, posisinya tepat di seberang gang masuk ke Cikoneng.

Untuk belanja-belanja kecil lainnya, kami biasanya beli di warung dekat rumah saja. Meski di warung kecil, harganya lebih murah daripada di minimarket. Kami sangat jarang belanja di minimarket. Hanya sekali-sekali saja kami belanja di minimarket. Kasihan juga warung-warung kecil ini, keberadaannya terdesak oleh minimarket.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s