Tanaman Unik Jenggot Musa atau Spanish moss (Tillandsia usneoides)

Keluarga kami suka menanam dan suka tanaman. Kalau ketemu tanaman yang unik pasti kami suka. Kali ini kami punya koleksi tanaman baru yang unik sekali, yaitu Jenggot Musa. Kami dapatkan dari Kebun Raya Cibodas. Di rumah kaca anggrek kami melihat tanaman menggantung yang bentuknya aneh. Saya tanya ke penjaganya, apakah ini tanaman lumut janggut (usnea). Penjaganya bilang: “Bukan, Pak. Ini Jenggot Musa, bukan usena.”

Ketika kuliah dulu, saya ingat sekali dengan usnea atau lumut janggut. Tanaman ini adalah simbiosis antara lumut dan alga dan morfiloginya seperti jenggot. Biasanya digunakan untuk tanaman herbal. Mirip banget bentuknya, cuma usnea tidak bisa panjang-panjang seperti Jenggot musa.

Tanaman jenggot musa bisa panjang sekali, bahkan bisa sampai beberapa meter panjangnya. Tanaman yang saya lihat panjangnya kurang lebih 2 meter dan rimbun sekali.

Penjaganya bilang kalau tanaman ini sangat unik, karena tidak memiliki akar. Tanaman ini hanya memiliki daun yang berbentuk runcing dan terpilin-pilin. Tanaman ini termasuk kelompok tanaman sekulen dari keluarga Bromeliaceace. Tanaman ini menyerap hara dan air dari daunnya dan dari udara, tidak melalui akar seperti tanaman pada umumnya.

Tanaman ini juga sangat mudah ditanaman. Tinggal digantung saja dia akan tumbuh dengan sendirinya. Bisa diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau tempat yang teduh. Tanaman ini mengantung, jadi tidak ditanam di atas tanah. Cocok untuk tanaman hias gantung.

Kami hanya membeli sepotong saja. Kami ingin merawat tanaman ini bisa jadi tambah besar dan subur. Semoga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s