Tips MS Word: Mengetik Cepat dengan Autocorrect

Ada banyak cara mengetik cepat. Jaman dulu ada yang namanya mengetik steno. Kursusnya muahil zekali. Itu dulu. Di jaman komputer seperti sekarang ini mengetik bisa dilakukan dengan sangat cepat. Microsoft Word memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengetik dengan sangat cepat. Namanya: AutoCorrect. Sebenarnya fitur ini sudah ada di MS Word versi-versi lama, sayangnya tidak banyak dimanfaatkan. Padahal kalau saja pengguna komputer tahu fitur ini, kerjaan mengetik bisa menjadi sangat cepat.

Prinsip fitur ini mirip dengan teknik mengetik steno. Beberapa kata, terutama kata-kata yang sering digunakan, disingkat. Misalnya saja kata yang yang disingkat dengan yg. Meski kita hanya memencet tombol ‘y’ dan ‘g’ saja, MS Word secara otomatis akan menggantinya menjadi ‘yang’. Kita bisa mengatur fitur AutoCorrect ini sesuka kita dan sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi sangat-sangat customize.

Caranya sangat sederhana sekali. Saya menggunakan MS Word 2011. Fitur ini sudah ada di versi MS Word sebelumnya, mungkin saja posisi/letak fitur ini sedikit berbeda. Jadi silahkan sesuaikan pengaturan AutoCorrect dengan versi MS Word yang Anda gunakan.

Mengaktifkan Fitur Autocomplete

  1. Fitur ini sudah ada sejak versi MS Word yang lama hingga versi terbaru. Mungkin saja letak fitur ini berbeda-beda, tetapi prinsipnya sama. Jadi sesuaikan cara mengaktifkan fitur ini dengan versi MS Word yang digunakan.
  2. Di MS Word 2011 yang saya gunakan fitur ini ada di bawah menu Insert > Auto Text. Perhatikan gambar di bawah ini.
  3. Pilih menu AutoCorrect. Di bawah menu Replace text as you type terdapat daftar tekt yang aktif untuk Autocorrect. Kita tambahkan beberapa kata yang akan kita setting untuk AutoCorrect. Berikut ini beberapa kata yang bisa digunakan untuk AutoCorrect:

    – ak –> aku
    – yg –> yang
    – dn –> dan
    – penel –> penelitian
    – biot –> bioteknologi

  4. Kata-kata ini bisa diedit, dimodikasi atau dihapus sesuai kebutuhan.

Cara Menggunakan Fitur AutoCorrect

  1. Setelah semua tekt dimasukkan, maka fitur ini sudah aktif dan sudah bisa digunakan.
  2. Cara menggunakannya sederhana sekali. Kita tinggal mengetikkan salah satu tekt tersebut dan pencet tombol spasi. MS Word secara otomatis akan menganti tekt yang kita masukkan dengan kata lengkapnya. Misalnya: kita mengetik biotek, akan berubah menjadi bioteknologi.

Silahkan mencoba.

MS Word autocorrect

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s