Mengatasi HP Android yang Mulai Melambat

Apakah Anda merasa Smartphone Android Anda mulai melambat? Responnya lambat, sering hang, tidak bisa menyimpan foto, koneksi lambat atau sudah mulai muncul pesan-pesan error? Jangan buru-buru dibanting Smartphone Anda, karena masih ada solusinya, yaitu dengan melakukan Hard Reset.

Ini pengalaman saya pribadi. Samsung Galaxy yang saya pakai sudah cukup lama, masih Note 2, padahal sekarang sudah Note 4. Malas saya upgrade ke seri yang baru. Maklum harganya cukup mahal dan fitur-fiturnya tidak memberi dampak yang signifikan pada fungsi Smartphone bagi saya. (padune ora duwe duit…. 🙂 ). Nah, Android kesayangan satu-satunya ini sudah mulai menunjukkan gejala-gejala udzur. Pertama, responnya mulai melambat. Koneksi internetnya kadang-kadang putus sendiri, padahal saya berdiri di samping antena WIFI. Parahnya lagi, kadang-kadang restart sendiri tanpa saya suruh-suruh. HP ini terlalu banyak inisiatif sendiri. Payah.

Puncaknya, beberapa hari yang lalu. Muncul pesan error yang sangat-sangat mengganggu. Inti pesannya kurang lebih adalah jika ada proses pengolahan foto/gambar yang gagal. Muncul terus. Dan kalau pesan ini tidak di penjel OKnya, HPnya tidak bisa dipakai. Parahnya, pesan ini muncul terus dengan selang waktu setengah detik. Stress berat saya.

Istri saya tercinta sampai ikut-ikutan stress. Dia bilang, “Ya… udah beli yang baru saja, daripada nambah-nambah masalah”. Bener juga sih. Tapi, saya masih terlalu sayang dengan HP saya ini. Dan lagi, uang tabungan sudah ada alokasi lain. Sayang.

Ada temen yang ngasih solusi: di hard reset. Saya tahu solusi ini, cuma saya masih khawatir dengan isi-isinya. Hard reset artinya seperti di install ulang kalau di komputer. Semua akan terhapus dan kembali ke settingan awal. Bahkan, aplikasi-aplikasi yang di download dan dibeli on-line bisa hilang semua. Belum lagi foto-foto dan rekaman kenangan yang sudah bertahun-tahun numpuk. Sayang banget kalau hilang.

Saya sudah coba alternatif solusi yang lain. Hasilnya nihil. Mungkin memang reset ulang ini solusinya. Berikut ini langkah-langkah persiapan sebelum mereset ulang SmartPhone Android Anda:

  1. Backup semua file foto, video, musik, dokumen, dan data-data penting lainnya. Backup bisa disimpan di memori tambahan (SD Card) atau ke komputer. Asal jangan di memori internal HP, karena akan kehapus juga.
  2. Download aplikasi untuk backup. Ada banyak aplikasi di Google Play Store untuk membackup data. Pilih salah satu yang Anda sukai. Aplikasi ini sangat membantu untuk memudahkan proses backup data.
  3. Lakukan double backup. Ini untuk jaga-jaga saja. Backup bisa dilakukan di komputer dan media penyimpanna on-line, seperti Dropbox.

Setelah semua langkah backup membackup selesai. Kini saatnya untuk melakukan hard reset. Setiap Smartphone Android memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hard reset. Sebaiknya baca ulang di buku panduan atau Googling bagaimana caranya melakukan Hard Reset untuk Smartphone Android Anda. Kalau di Galaxy Note adalah dengan cara sebagai berikut:

  1. Matikan HP.
  2. Hidupkan HP lagi.
  3. Pada saat muncul logo Samsung, pencet ketiga tombolnya: power, volume dan tombol menu selama beberapa detik hingga muncul pilihan untuk reset.
  4. Dengan menggunakan Volume button untuk memilih menu yang diinginkan. Pilih Factory Setting atau Hard Reset.
  5. Tekan tombol power.
  6. Tunggu hingga semua prosesnya selesai.

Ada baiknya juga anda berada di jaringan internet yang aktif. Selama proses ini, mungkin Android Anda minta untuk update softwarenya. Android Anda akan kembali seperti settingan awal. Langkah berikutnya adalah mengecek update software Androidnya. Update jika perlu.

Langkah berikutnya adalah mengembalikan semua applikasi, SMS, foto2, musik, daftar kontak dan aplikasi-aplikasi yang sudah diback up di langkah awal. Untuk merestore aplikasi lebih mudah dengan menggunakan aplikasi backup.

Langkah berikutnya lagi adalah mengupdate semua aplikasi-aplikasi yang kita install.

Proses ini cukup memakan waktu yang lama. Saya melakukannya selama 3-4 jam. Karena sambil kerja.

Hasilnya sangat memuaskan. Saya seperti memakai HP Android baru. Kenceng banget.

Nggak jadi deh belu HP Baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s