Tips Naik Gojek Murah

gojekHarus saya akui kalau saya pelanggan setia GoJek. Saya lebih sering menggunakan jasa ojek online ini dibandingkan layanan lainnya. Karena sering menggunakan Gojek, saya mencoba untuk mempelajari agar bisa mendapatkan harga layanan yang lebih murah. Silahkan dicoba.

Gunakan GoPay

Saya lupa sejak kapan Gojek menyediakan layanan GoPay ini. Awalnya saya tertarik menggunakan GoPay karena ada iming-iming diskon pembayaran jika menggunakan GoPay. Memang kita diminta untuk menstransfer uang terlebih dahulu ke rekening GoJek. Sedikit berkorban untuk menaruh uang di GoJek tidak apa-apa. Timbal baliknya diskon yang cukup mengiurkan. Jadi saya hampir selalu membayar dengan menggunakan GoPay.

Awalnya ketika saya pernah teledor, tanpa saya sadari saya mentransfer uang saya ke GoPay dalam jumlah cukup besar, bagi saya, yaitu: Rp. 600rb. Saya coba kontak ke Hot Line Gojek, uang tersebut tidak bisa diuangkan (ketika itu, sekarang sudah bisa) dan hanya bisa digunakan untuk pembayaran layanan GoJek. Mau tidak mau, saya gunakan uang saldo saya ini. Kurang lebih dua setengah bulan baru habis saldo saya.

Gunakan Pengaturan Posisi Manual

GPS HP saya agak bermasalah, jadi posisi saya tidak selalu tepat ketika digunakan untuk memesan Gojek on-line. Saya pernah mengalami pengalaman yang tidak mengenakkan ketika memesan Gojek di Jakarta. GPS melihat posisi saya melenceng kurang lebih 50 meter dari posisi sebenarnya. Ketika saya memesan dengan pengaturan posisi secara otomatis, biayanya tertera Rp. 16rb dan jaraknya agak jauh dari tujuan. Padahal saya tahu, jaraknya mestinya lebih dekat dari itu dan biayanya juga mestinya lebih murah. Setelah saya perhatikan, ternyata masalahnya karena applikasi GoJek melihat saya di posisi yang salah dan algoritmanya mencari rute pengantaran yang lebih jauh.

Saya batalkan pesanan itu. Dan sekarang saya coba atur posisinya secara manual dengan menggunakan pilihan “Lihat Peta”. Setalah saya atur ulang, saya mendapatkan biaya Rp. 5000. Jauh banget kan. Tips dari saya, coba beberapa posisi penjemputan dan pengantaran dan cari hasil yang menunjukkan biaya paling murah.

Coba Pilih Hasil Pencarian yang Berbeda-beda

GojekKetika sedang menentukan tujuan pengantaran, cara paling mudah adalah dengan mengetikkan lokasi di kotak pencarian. Secara otomatis applikasi GoJek akan menampilkan beberapa hasil pencariannya. Kita pilih salah satu yag paling sesuai. Nah, ternyata berdasarkan pengalaman saya, beberapa pilihan itu menghasilkan biaya yang berbeda-beda meski posisinya cukup berdekatan. Saya sering mencoba beberapa lokasi sampai ketemu biaya yang paling murah.

Cara lainnya adalah dengan penentuan lokasi pengantaran secara manual. Setelah kita mencari dengan kotak pencarian. Cobalah untuk membuka peta dan menentukan posisi akhir secara manual. Biasanya saya cari tempat menurunkan di luar. Karena umumnya, applikasi melihat di posisi tengah dari gedung yang akan kita tuju. Hasilnya bisa menghembat beberapa ribu atau beberapa ratus. Lumayan.

Gunakan Point GoJek untuk Free-ride

Jika kita sering menggunakan GoJek dan GoPay, kita juga akan mendapatkan point. Semakin lama semakin banyak. Nah, salah satu yang ditawarkan oleh GoJek adalah Free-Ride dengan menggunakan point yang kita peroleh. Satu kali Free-ride harganya 800 point. Cukup murah, karena saya punya 5000 point. Artinya saya bisa free-ride sampai minimal 6 kali.

Silahkan dicoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s