Hormon Tanaman

Menyediakan berbagai macam hormon tanaman untuk pemakaian langsung ke tanaman atau untuk bahan pengaya pembuatan pupuk organik cair. Kami menyediakan hormon dalam encer cairan mau pun hormon murni dalam bentuk powder dan larutan pekat.


Hormon Tanaman: | Auksin | Gibereline | Sitokinin | Colchicine | 2.4-D | Paclobutrazol | Strepson

Informasi dan Pemesanan hubungi: Ummi Happy: WA dan SMS 082325489277 | Manto: 085643907204
Cara Pemesanan klik di sini: Pemesanan


Auksin

zpt hormon auksin

Hormon Auksin

Harga Auksin Cair:
– Rp. 50.000/botol isi 100ml
– Rp. 450.000/liter
Kandungan bahan aktif : 10 mg per 100 ml
Harga belum termasuk ongkos kirim

Harga Auksin Murni serbuk/padat/larutan pekat:
– Rp. 200.000/gr

Auksin (auxin) berasal dari bahasa yunani yang artinya tumbuh. Adanya sesuatu zat yang dapat mengatur pertumbuhan ini awal mulanya diamati oleh Darwin dalam tahun 1897 dengan percobaan pengaruh penyinaran terhadap coleoptile (pucuk tanaman). Ketika penyinaran dilakukan pada ujung coleoptile, ujung coleoptile ini tumbuh mengikuti datangnya sinar. Hal ini menunjukkan bahwa adanya suatu zat atau senyawa yang mengatur pertumbuhan tanaman mengikuti datangnya arah sinar.

Berikut ini beberapa peranan auksin di dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman:

  • Merangsang perpanjangan sel
  • Merangsang pembelahan sel di kambium dan, dalam kombinasi dengan sitokinin dalam kultur jaringan
  • Merangsang diferensiasi floem dan xilem
  • Memacu inisiasi akar pada stek batang dan akar lateral dalam pengembangan kultur jaringan
  • Perantara dalam respon tropistic lentur dalam menanggapi gravitasi dan cahaya
  • Pasokan auksin dari tunas apikal menekan pertumbuhan tunas lateral
  • Penundaan penuaan daun
  • Dapat menghambat atau merangsang (melalui stimulasi etilena) daun dan pematangan buah
  • Dapat menginduksi pengaturan buah dan pertumbuhan pada beberapa tanaman
  • Terlibat dalam mengasimilasi gerakan menuju auksin yang kemungkinan disebabkan efek transportasi pada floem
  • Penundaan pematangan buah
  • Mempromosikan berbunga di bromeliad
  • Merangsang pertumbuhan bagian bunga
  • Mendukung (via produksi etilen) karakter betina dalam bunga dioecious
  • Merangsang produksi etilen pada konsentrasi tinggi

(diambil dari beberapa sumber: http://www.plant-hormones.info dan Wikipedia.)

Pemakaian:

  1. Setiap 100ml hormon diencerkan dengan 1 liter aquades/air.
  2. Untuk pemakaian ke tanaman setiap 10 s/d 15 ml hormon yang sudah diencerkan dilarutkan dengan 1 liter air.
  3. Disemprotkan ke permukaan daun.
  4. Penyemprotan dilakukan pagi hari atau sore hari.

Download file ini: Petunjuk Tambahan Pemakaian Langsung Hormon Tanaman

Penjelasan tentang auksin klik di sini: AUKSIN

Penjelasan tentang auksin klik di sini: AUKSIN
Jika Anda membeli hormon auksin dalam bentuk serbuk/kristal, cara melarutkan hormon auksin bisa dilihat di link berikut ini: Melarutkan Hormon Auksin.



Sitokinin

sitokinin

Sitokinin

Hormon sitokinin merupakan perangsang pertumbuhan tunas dan daun yang bersinergi dengan pertumbuhan batang. Golongan hormon ini meliputi kinetin, BAP, IPA, Ip, ZR, Z, BA, TDZ dan CPPU. Dalam kultur jaringan tanaman, hormon sitokinin dipakai untuk pertumbuhan kalus pada saat inkubasi perkecambahan eksplan dan planlet.

Harga:
– Rp. 50.000/botol isi 100ml
– Rp. 450.000/liter

Harga sitokinin serbuk/padat/larutan pekat:
– Rp. 200.000/gr

Harga belum termasuk ongkos kirim

Pemakaian:

  1. Setiap 100ml hormon diencerkan dengan 1 liter aquades/air.
  2. Untuk pemakaian ke tanaman setiap 10 s/d 15 ml hormon yang sudah diencerkan dilarutkan dengan 1 liter air.
  3. Disemprotkan ke permukaan daun.
  4. Penyemprotan dilakukan pagi hari atau sore hari.

Download file ini: Petunjuk Tambahan Pemakaian Langsung Hormon Tanaman

Penjelasan tentang sitokinin klik di sini: SITOKININ



Giberelin

giberelin

Hormon Giberelin

Kandungan bahan aktif : 10 mg per 100 ml

Harga:
– Rp. 50.000/botol isi 100ml
– Rp. 450.000/liter

Harga giberelin serbuk/padat/larutan pekat:
– Rp. 200.000/gr
Harga belum termasuk ongkos kirim

Hormon giberelline bermanfaat untuk pembesaran sel, merangsang pembungaan dan pembuahan, berpengaruh pada sifat genetik, mobilisasi karbohidrat selama perkecambahan, perpanjangan sel, aktivitas kambium, pembentukan RNA baru dan sintesa protein. Hormon yang termasuk golongan giberellin adalah GA1, GA2, GA3, GA5 s/d GA53. Hormon giberelline dapat diaplikasikan langsung ke tanaman dengan cara disemprotkan ke daunatau untuk kultur jaringan dalam pertumbuhan kalus dan tunas. Hormon giberellin juga diaplikasikan untuk merekayasa tanaman agar berbuah di luar musim. Tanaman yang diberi perlakuan giberellin akan menyebabkan tanaman berukuran lebih besar, daun lebih lebar, buah lebih banyak dan umur panen lebih lama.

Pemakaian:

  1. Setiap 100ml hormon diencerkan dengan 1 liter aquades/air.
  2. Untuk pemakaian ke tanaman setiap 10 s/d 15 ml hormon yang sudah diencerkan dilarutkan dengan 1 liter air.
  3. Disemprotkan ke permukaan daun.
  4. Penyemprotan dilakukan pagi hari atau sore hari.

Download file ini: Petunjuk Tambahan Pemakaian Langsung Hormon Tanaman

Penjelasan tentang giberelin klik di sini: GIBERELIN

Petunjuk aplikasi hormon gibereline klik di sini: Pemakaian Hormon Gibereline.

Aplikasi Dosis:
A. Aplikasi hormon gibereline biasa (100mg dalam 100ml):

  1. Larutkan 10 – 15 ml dalam 1 liter air.
  2. Aduk hingga tercampur merata.
  3. Semprotkan ke tanaman seminggu s/d dua minggu sekali.

B. Aplikasi hormon gibereline pekat (1 gr dalam 100ml):

  1. Gibereline pekat bisa dipakai langsung atau diencerkan menjadi 10 liter air. Simpan hormon di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari.
  2. Dosis pemakaian gibereline pekat adalah 0.5 ml s/d 5 ml dilarutkan dalam 1 liter air.
  3. Semprotkan ke tanaman seminggu s/d dua minggu sekali.

C. Aplikasi hormon gibereline untuk perendaman benih:

  1. Larutkan 15 ml gibereline dengan 1 liter air bersih. Aduk hingga tercampur merata.
  2. Rendam benih tanaman atau akar bibit tanaman.
  3. Benih yang berukuran kecil/lunak lama perendaman beberapa jam saja.
  4. Benih yang berukuran besar dan keras direndam satu malam.


Colchisine

colchicine

Colchocine

Kandungan bahan aktif : 10 mg per 100 ml

Harga:
– Rp. 60.000/botol isi 100ml
– Rp. 550.000/liter

Harga giberelin serbuk/padat/larutan pekat:
– Rp. 250.000/gr
Harga belum termasuk ongkos kirim

Kegunaan:

Hormon colchicine adalah hormon yang digunakan untuk melipatgandakan jumlah kromosom tanaman dalam inti sel, sehingga tanaman menjadi diploidisasi-tetraploid-giant (raksasa). Setelah terbentuk tanaman tetrapoloid dapat dilakukan perkawinan silang (hybrid) untuk membuat tanaman triploid-haploid atau sebaliknya dari tanaman haploid-triploid menjadi tetraploid dalam proses autoploidi atau alloploidi yang fertile. Hormon colchicine juga digunakan untuk membuat buah tanpa biji. Hormon colchicine yang dikombinasikan dengan 2.4 – D serta penambahan streptomycin yang tepat juga digunakan untuk membuat tanaman variagata.

Aplikasi Dosis:
A. Aplikasi hormon colchicine biasa (100mg dalam 100ml):

  1. Larutkan 10 – 15 ml dalam 1 liter air. Aduk hingga tercampur merata.
  2. Larutan colchicine digunakan untuk merendam akar tanaman selama 12 jam (satu malam).
  3. Larutan colchicine digunakan untuk merendam benih tanaman selama 24 jam (larutan pekat).
  4. Aplikasi pada tanaman buah-buahan tahunan (kelengkeng, jambu, mangga, jeruk, tin dan lain-lain) disemprotkan langsung ke bunga/buah.

B. Aplikasi hormon colchicine pekat (1 gr dalam 100ml):

  1. Colchicine pekat bisa dipakai langsung atau diencerkan menjadi 10 liter air. Simpan hormon di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari.
  2. Dosis pemakaian colchicine pekat adalah 0.5 ml s/d 5 ml dilarutkan dalam 1 liter air.
  3. Larutan colchicine digunakan untuk merendam akar tanaman selama 12 jam (satu malam).
  4. Larutan colchicine digunakan untuk merendam benih tanaman selama 24 jam (larutan pekat).
  5. Aplikasi pada tanaman buah-buahan tahunan (kelengkeng, jambu, mangga, jeruk, tin dan lain-lain) disemprotkan langsung ke bunga/buah.

Download file ini: Petunjuk Tambahan Pemakaian Langsung Hormon Tanaman

Penjelasan tentang colchicine klik di sini: COLCHICINE



2.4-D

Hormon 2.4-D

Hormon 2.4-D

Hormon 2,4 – D (2,4 Diclorophenoxyacetic acid) adalah hormon menimbulkan mutasi genetik – variagata pada daun dan batang tanaman dan untuk meningkatkan performa tanaman hias. Mutasi yang disebabkan oleh pemakaian hormon 2,4 – D tidak bisa diatur atau direncanakan. Pemakaian dosis kecil dapat memacu pertumbuhan dan pembelahan sel. Pemakaian dalam dosis tinggi berfungsi sebagai herbisida. Hormon lain yang juga dimanfaatkan untuk menimbulkan variagata adalah hormon strepson (https://isroi.com/2017/03/26/hormon-strepson/)

Isi Kemasan:

  • 100 mg 2,4 D dalam 100 ml. Kemasan 100 ml, 500 ml dan 1000ml
  • hormon pekat 1 gr dalam 100 ml. Kemasan 100ml

Harga:
– Rp. 50.000/botol isi 100ml
– Rp. 450.000/liter

Harga giberelin serbuk/padat/larutan pekat:
– Rp. 200.000/gr
Harga belum termasuk ongkos kirim

Aplikasi Dosis:
A. Aplikasi hormon 2,4 D biasa (100mg dalam 100ml):

  1. Larutkan 10 – 15 ml dalam 1 liter air.
  2. Aduk hingga tercampur merata.
  3. Semprotkan ke tanaman setiap hari atau 3 hari sekali sampai terbentuk variagata.

B. Aplikasi hormon 2,4 D pekat (1 gr dalam 100ml):

  1. 2,4 D pekat bisa dipakai langsung atau diencerkan menjadi 10 liter air. Simpan hormon di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari.
  2. Dosis pemakaian 2,4 D pekat adalah 0.5 ml s/d 5 ml dilarutkan dalam 1 liter air.
  3. Semprotkan ke tanaman setiap hari atau 3 hari sekali sampai terbentuk variagata.


Paclobutrazol

Hormon Paclobutrazol

Hormon Paclobutrazol

Harga:
– Rp. 50.000/botol isi 100ml
– Rp. 450.000/liter

Harga giberelin serbuk/padat/larutan pekat:
– Rp. 200.000/gr
Harga belum termasuk ongkos kirim

Hormon paclobutrazol adalah hormon yang digunakan untuk menstimulasi/merangsang pembungaan. Paclobutrazol berkerja berlawanan dengan kerja hormon giberelin. Paclobutrazol bersifat menghentikan proses pertumbuhan tanaman sehingga cadangan karbohidrat menjadi lebih banyak sehingga memungkinkan tanaman untuk segera berbunga dan berbuah. Aplikasi hormon paclobutrazol dalam dosis kecil bermanfaat untuk meransang pembungaan dan pembuahan yang serempak. Hormon paclobutrazol bisa digunakan untuk tanaman hias (bunga) maupun buah-buahan. Penggunaan paclobutrazol tidak direkomendasikan untuk diaplikasikan secara terus menerus karena bisa mengakibatkan tanaman kerdil permanen.

Isi Kemasan:

  • 10 mg paclobutrazol dalam 100 ml. Kemasan 100 ml, 500 ml dan 1000ml
  • hormon pekat 1 gr dalam 100 ml. Kemasan 100ml

Aplikasi Dosis:
A. Aplikasi hormon paclobutrazol biasa (100mg dalam 100ml):

  1. Larutkan 10 – 15 ml dalam 1 liter air.
  2. Aduk hingga tercampur merata.
  3. Semprotkan ke tanaman seminggu s/d dua minggu sekali.

B. Aplikasi hormon paclobutrazol pekat (1 gr dalam 100ml):

  1. Paclobutrazol pekat bisa dipakai langsung atau diencerkan menjadi 10 liter air. Simpan hormon di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari.
  2. Dosis pemakaian gibereline pekat adalah 0.5 ml s/d 5 ml dilarutkan dalam 1 liter air.
  3. Semprotkan ke tanaman seminggu s/d dua minggu sekali.


Strepson

Hormon Strepson

Hormon Strepson

Hormon strepson adalah hormon yang digunakan untuk membuat tanaman variagata dan meningkatkan performa tanaman hias. Variagata adalah mutasi genetik berupa belang-belang pada daun dan batang tanaman. Variagata yang disebabkan oleh strepson bersifat permanen. Pemakaian hormon strepson pada dosis yang tinggi juga berfungsi sebagai herbisida.

Isi Kemasan:

  • 100 mg strepson dalam 100 ml. Kemasan 100 ml, 500 ml dan 1000ml
  • hormon pekat 1 gr dalam 100 ml. Kemasan 100ml

Harga:
– Rp. 50.000/botol isi 100ml
– Rp. 450.000/liter

Harga giberelin serbuk/padat/larutan pekat:
– Rp. 200.000/gr
Harga belum termasuk ongkos kirim

Aplikasi Dosis:
A. Aplikasi hormon strepson biasa (100mg dalam 100ml):

  1. Larutkan 10 – 15 ml dalam 1 liter air.
  2. Aduk hingga tercampur merata.
  3. Semprotkan ke daun secara merata 3 hari sekali atau seminggu sekali hingga terbentuk daun variagata.

B. Aplikasi hormon strepson pekat (1 gr dalam 100ml):

  1. Strepson pekat bisa dipakai langsung atau diencerkan menjadi 10 liter air. Simpan hormon di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari.
  2. Dosis pemakaian strepson pekat adalah 0.5 ml s/d 5 ml dilarutkan dalam 1 liter air.
  3. Semprotkan ke daun secara merata 3 hari sekali atau seminggu sekali hingga terbentuk daun variagata.


CARA PEMESANAN DAN PEMBAYARAN

Informasi dan Pemesanan hubungi:
UMMI: 082325489277
Manto: 085643907204
Email: manto.agelang@gmail.com atau isroi93@gmail.com

Pemesanan:

  1. Pilih produk yang akan anda beli berserta jumlahnya.
  2. Kirimkan item dan jumlah produk tersebut via SMS ke nomor UMMI: 082325489277 / 085643907204 / 08812977756 / 085729833549 atau email ke isroi93@gmail.com / manto.magelang@gmail.com. Kirimkan juga alamat pengirimannya.
  3. Kami akan menghitung jumlah total harga dan biaya pengirimannya. Informasi ini akan kami kirimkan via sms atau email.
  4. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank ke rekening:Bank BNI no. rek. 0154 548 177 atas nama Isroi
    Bank BCA no. rek. 174 125 0514 atas nama Isroi
    Bank BNI Syariah no. rek. 0104 594 916 atas nama Isroi

    Atau via wesel pos ke alamat:

    Happy Maulina
    Bumi Panggugah Jl Kenanga No. 4
    Ciomas
    Kab. Bogor

  5. Konfirmasi pembayaran Anda via sms atau email.
  6. Setelah pembayaran kami terima, barang akan segera kami kirimkan ke alamat yang diberikan.
  7. Lama pengiriman dan biaya pengiriman tergantung pada lokasi tujuan dan expedisi yang digunakan.
Advertisements

65 responses to “Hormon Tanaman

  1. pak dosen kok kolkisin dijadikan hormon?? itukan metabolit sekunder. zat berbahaya kenapa dijual bebas??

  2. ada jual Etilen nggak Pak! trims

  3. Mas Isroi yang baik, apakah anda punya/menjual starter mikoriza? Kalau tidak mungkin anda punya info dimana saya bisa membelinya?

  4. apakah anda menjual hormon untuk memunculkan bunga pada mangga???

  5. apakah bapak menjual paklobutrazol?

  6. kalau untuk merangsang pertumbuhan rhizoma pada tanaman air seperti Anubias sp. dan Bucephalandra sp. pakai hormon apa ya? apakah dosisnya sama seperti itu (dicampur air 1 liter)? sama sama magelangnya pak, saya mertoyudan..

  7. Pingback: Melarutkan Hormon Auksin | Berbagi Tak Pernah Rugi

  8. Pingback: Hormon Tanaman: Auksin | Berbagi Tak Pernah Rugi

  9. saya kontak ke no diatas kok gak ada respon ya kang?

  10. Pingback: Fase-fase Pertumbuhan Jahe – updated | Berbagi Tak Pernah Rugi

  11. Pingback: Aplikasi Hormon Paclobutrazol untuk Menghambat Tunas Jahe | Berbagi Tak Pernah Rugi

  12. pak, mau tanya dong. aku udah pake produk itu (hormon auksin, sitokinin, giberelin). klo stok nya terkena sinar matahari langsung bakal merusak kandungannya gak ya pak? trimakasih 🙂

  13. maaf,,punya pormula untuk memperbanyak tunas,,saya lagi tanam seledri sama bawang daun,,mohon info ny

  14. NAA dan IAA murni dalam bentuk powder apakah ada pak dan hargannya berapa ? buat penelitian

  15. Kang colchisin bisa digunakan untung rendam benih padi ndak ”yaa? Mohon pencerahannya.

  16. Masih ada stok auksin n sitokinin gak pak?

  17. I Nyoman kardita

    Mohon infonya pak dosen, sebelum menggunakan hormon ini apa harus dilakukan pemupukan terlebih dahulu pada tanamannya? terimakasih

    • Tidak harus dipupuk dulu. Yang jelas, hormone bukan pupuk dan tidak memberikan ‘nutrisi’ untuk tanaman. Ibaratnya hormon adalah suplement. Kalau tanaman tidak di pupuk, tanaman tetap saja ‘kurang makanan’. Namun, pemupukannya tidak harus sebelum pengunaan hormon.

  18. Beberapa bulan yang lalu saya sudah beli hormon auxin sitokinin giberelin. Kapan aplikasi ketiga hormon di atas untuk tanaman semangka non biji. Mohon infonya. Thank a lot.

    • Sy tidak pengalamab dg tanaman semangka. Aplikasi hormon biasanya 3x selama musim tanam. Pertama tanaman usia muda, ditengah2 usia sebelum berbunga dan sebelum masuk usia berbunga.

  19. Kalau mau menggunakan sitokinin dan auksin untuk pohon yang pertumbuhannya stagnan, lebih baik secara bersamaan atau bergantian? jika lebih baik bergantian yang disemprotkan auksin dulu atau sitokinin dulu?

    Amankah jika hormon-hormon tersebut tersemprot ke manusia dan hewan ternak (ikan, ayam dan kambing)?

    Terima kasih untuk tanggapannya.

  20. Pingback: Video Penjelasan Hormon Tanaman Auksin | Berbagi Tak Pernah Rugi

  21. Pingback: Video Penjelasan Tentang Hormon Tanaman | Berbagi Tak Pernah Rugi

  22. Pingback: Aplikasi Hormon atau ZPT (zat pengatur tumbuh) Tanaman untuk Bibit Jahe | Berbagi Tak Pernah Rugi

  23. Pingback: Aplikasi Hormon (ZPT) Giberelin (GA3) untuk Meningkatkan Produksi Rimpang Jahe | Berbagi Tak Pernah Rugi

  24. Pingback: Aplikasi Hormon (ZPT) Giberelin untuk Meningkatkan Produksi Rimpang Jahe | Berbagi Tak Pernah Rugi

  25. Pingback: Hormon Tanaman/ZPT dari Bahan-bahan alami | Berbagi Tak Pernah Rugi

  26. Apakah hormon2 tersebut bisa diaplikasi bersamaan dengan pupuk cair organik yg mengandung mikroba?

  27. Pingback: Penjelasan ZPT/Hormon Tanaman AUKSIN | Biang POC

  28. Pingback: Melarutkan Hormon Auksin Serbuk | Biang POC

  29. Pingback: Video Penjelasan ZPT/Hormon Tanaman Auksin | Biang POC

  30. Pingback: Hormon Tanaman/ZPT dari Bahan-bahan alami | Biang POC

  31. Aslm. Mas sy butuh xpt yg bisa merangsang mangga berbunga di luar musim (lebih awal). Mohon infonya.
    Terimakasih
    H. Ruswandi
    Bandung

  32. Untuk membuahkan pohon durian usia 3 tahunan bisa gk ya pak dan klo bisa pakai yg mana ya ?

    • Saya belum pernah mencobanya. Untuk merangsang pembungaan/pembuahan biasanya orang menggunakan hormon Giberelin. Ada juga yang memakai 2.4-D.

      • havidz diamond

        Assalamualaiku wr wb ,malam pak isroi..maaf mau tanya pak untuk penggunaan zpt ini untuk buah duku yg baik dan benar gmn pak agar hasil nya memuaskan besar2 dan berbobot apa cukup giberelin saja….dan jika kita lakukan penyemprotan ke buah, tapi pas posisi buah duku sudah berbentuk kecil kecil sprti butiran2 itu gmn pak , ttp berpengaruh ndak?? apa harus pas masih berbunga?

  33. apakah menjual kolkisin murni?dalam bentuk gram? trima kasih

  34. apakah menjual kolkisin murni?

  35. Aslmkm. pak saya ingin menjadikan durian saya tanpa biji. sebaiknya pakai yang mana dan bgm cara aplikasinya.

    • Wa’alaikum salam. ZPT yang biasa digunakan untuk membuat tanaman tanpa biji adalah kolkisin. Saya belum pernah mencoba sendiri. Metode umum yang bisa digunakan adalah dengan cara menyemprot bunga dengan kolkisin secara berkala sampai terbentuk buah. Biji buah itu akan mengecil sendiri.

  36. Yg bisa membuat buah besar hormon apa ya

  37. Pingback: Pengenceran Hormon Giberelin | Berbagi Tak Pernah Rugi

  38. Pingback: Membuat Tanaman Variagata dengan Perlakuan Hormon/ZPT | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s