Bisnis Tikus Putih

Rattus norvegicus strain Wistar
Rattus norvegicus strain Wistar
[Courtesy of http://commons.wikimedia.org/]


Informasi tikus hubungi: Manto 085643907204

Baca juga: Tikus untuk Penelitian Laboratorium
Melayani Tikus (Rat) untuk penelitian. Tersedia Strain Wistar dan Spargue Dawley (SD), segala usia dan bobot tubuh.


Tikus Jaya


Trubus edisi bulan lalu mengangkat tentang beberapa bisnis kecil yang sangat menjanjikan. Salah satunya adalah bisnis ternak mencit atau tikus. Beberapa tahun yang lalu, kalau tidak salah sejak tahun 2007 saudaraku sudah memulainya. Awalnya hanya untuk iseng saja. Dia memelihara hanya untuk ‘kelangenan‘ (klanengan kok tikus…???).

tikus mabok

mencit01
Mencit (Mus musculus)

Memelihara tikus ternyata sangat mudah. Makanannya apa saja dan mudah perawatannya. Setelah beberapa lama dipelihara, tikusnya mulai beranak pinak. Awalnya cuma lahir beberapa ekor ‘cindil’ (anak tikus). Lama kelamaan satu induk bisa melahirkan sampai 10 ekor cindil.

mencit01

Lama kelamaan jumlah tikus putihnya semakin banyak. Tikus yang banyak ini mau di kemanakan…??? Kemudian dicoba untuk menawarkan pada beberapa toko yang menjual binatang-binatang hias. Ternyata laku. Satu tikus dihargai antara Rp. 3000 – 5000. Memang tidak mahal karena oleh pedagannya mau dijual lagi untuk pakan reptil. Harga tikus putih/mencit untuk pakan di pet shop bisa mencapai Rp. 8-10 rb/ekor.

mencit01

Memelihara tikus sangat mudah sekali. Tikus putih hanya perlu ditempatkan di bak-bak plastik sederhana. Bak-bak ini bisa ditempatkan di rak-rak sederhana. Makanannya pun dari sisa-sisa dapur. Tidak perlu tambahan makanan macam-macam dan tidak perlu membeli.

Tikus beranak pinak dengan cepat. Tikus muda sekali melahirkan bisa 4 ekor cindil. Yang dewasa bisa sampai 10 ekor cindil sekali melahirkan. Kalau punya beberapa induk bisa dihasilkan ratusan cindil setiap bulannya. Sebagai contoh dalam sebulan bisa menjual 500 ekor saja, bearti omzetnya sudah rp. 2.5jt. Kalau mau lebih tinggal dikalikan saja.

mencit01
Mencit (Mus musculus)

Rattus norvegicus strain Wistar
Rattus norvegicus

Ternyata tikus putih alias mencit ini tidak hanya untuk pakan reptil saja. Tikus yang untuk pakan reptil adalah tikus putih biasa atau tikus afkiran. Tikus putih juga biasa digunakan untuk penelitian. Banyak mahasiswa STIKES atau mahasiswa Kedokteran dan Farmasi yang memanfaatkan tikus putih sebagai objek penelitian.

Harga tikus putih untuk penelitian tentu saja jauh lebih tinggi daripada tikus untuk pakan. Karena tikus-tikus untuk penelitian biasanya memerlukan persyaratan khusus. Misalnya: keseragaman galur, umur, dan bobot tubuh. Cara pemeliharaannya pun juga sedikit berbeda, lebih diperhatikan masalah kebersihan dan pakannya.

Permintaan tikus putih untuk penelitian ada spesifikasinya. Jenis tikus yang biasa untuk penelitian selain mencit (Mus musculus) adalah tikus putih besar (Rat) dari spesies Rattus norvegicus. Tetapi sekali lagi bukan sembarang Rattus norvegicus yang diminta untuk penelitian. Galur/strain Rattus norvegicus yang biasa diminta untuk penelitian dari galur Wistar dan Sprague Dawley (SD). Umunnya penelitian mahasiswa di Indonesia menggunakan galur Wistar.

Rattus norvegicus
Stok Rat untuk penelitian, tersedia segala umur dan bobot tubuh. Melayani semua kebutuhan penelitian.

Rattus norvegicus galur Wistar dikembangkan oleh Wistar Institute. Tikus putih ini adalah tikus Rattus norvegicus Albino (putih) yang matanya merah. Jadi sudah berbeda dengan ‘tetuanya’ yang liar. Warna asli Rattus norvegicus adalah coklat, atau sering juga disebut dengan tikus coklat (Brown Rat).

Harga tikus putih besar (Rat) untuk penelitian cukup tinggi. Harga Rat yang tidak memiliki surat keterangan galur/sertifikat bisa mencapai Rp. 30.000-40.000/ekor. Apabila disertai dengan surat keterangan galur, harganya bisa lebih tinggi lagi. Surat keterangan ini juga menjadi jaminan kualitas tikus untuk penelitian.

Bisnis tikut putih memang sangat mengiurkan, apalagi saat ini pasar masih terbuka sangat lebar. Pintar-pintar cari pasar, bisa dapat duit dari si Tikus Putih ini.

Bisnis Tikus di Luar Negeri


Informasi tikus hubungi: Manto 085643907204

Baca juga: Tempat Minum Tikus | Alas Kandang Tikus | Biologi Tikus


tikus emas, mencit, mus musculus, tikus putih
Tikus/mencit emas yang sangat unik dan langka. Warna bulunya kuning keemasan dan yang lebih istimewa lagi adalah warna matanya yang merah menyaladan warna bulunya yang mengkilat . Tikus ini adalah lambang kejayaan, kekayaan, dan keberuntungan.

tikus belang eksotik

Advertisements

321 responses to “Bisnis Tikus Putih

  1. Wah itu tikus putih apa hamster ya?

    • Tikus putih. Kalau hambster bentuk muka dan telinganya beda….

      • gmana caranya bikin tempat minum dr botol kratindaeng ama penutup baknya

      • Cara membuatnya seperti yang ada difoto. Sedikit susah menjelaskannya, tetapi mudah kalau langsung dipraktekkan. Coba saja buat seperti yg ada di gambarnya.

      • fotonya kurang jelas tolong di fotokan lagi botol minumnya, aq ingn tw gambar ujung tutup botol. trus mnta fotonya samping bak, aq ingin tw caranya

      • Tutup botolnya dilubangin pakai paku dengan diameter kurang lebih 5mm. Kalau ada pipa alumunium kecil bisa ditambahkan pipa sepanjang 2 cm. Kalau tidak ada pipa, lubang saja sudah cukup.
        Kandang juga tidak ada yang spesial banget. Yang penting bisa menutup kotak dengan baik. Mudah di buka dan mudah dipasang kembali.
        Kalau sempat nanti fotonya diupload lagi.

  2. wah ngeri deh mau megang aja…

  3. klu bedain betina atau jantan gmn ? thx’s

  4. wah broo.. mantep jg tuh.. minat nih broo… dijual2in ga indukan nya?? jd pgn ternak tikus kecil2an.. tolong bls ke email ane yah.. ato sms 08999300482.. thanks broo..

  5. paling enak jika di tempat kita pelihara ad universitas shg bisa di jual dsn

  6. pak, kalo tempat minumnya,botol terus nipple pake apa? selang atau apa?

  7. cara membuat, tempat minum ‘tuk tiput bagaimana?
    trus cara mbeda’in tiput kecil/muda antara yg jantan dan betina gimana?
    kalo diberi mainan seperti hamster gimana?

    • Cara membuat tempat minum dari botol kecil. Tutupnya dibuat lubang, dimasukkan selang kecil. Sudah begitu saja. Tikus jantan punya tonjolan kecil (alat kelamin jantan) jika dilihat di bagian anusnya. Tikus jantan tidak seperti hamster yang suka bermain-main.

  8. apa tempat minum spt itu tidak bocor? kan ada selangnya.
    apa selang khusus???
    saya memasukkan tikus yang baru saya beli ke kandang yang sudah saya punya dan dsitu ada bebapa tikus yang sudah lama saya beli… e,,, ternyata bertarung sampe 2 tikus kakinya berdarah2. kenapa ya..? ada cara supaya mereka kagak bertengkar?
    mohon djelaskan secara gamblang. thankyu……

    • jelas aja berantem ampe habis2an, tikus putih / mencit (terutama jantan) ga boleh disatuin kalau bukan bukan temannya sejak kecil. tapi kalau dari kecil (usia -1 bln) udah disatukan, ya ga masalah.

  9. jika tikus kecil (usia 1 bulan) dicampur dgn tikus2 dewasa,, apa g’ dinakali yang besar2??
    biar enggak bau pesing,,, bagaimana?
    apakah masa sapih 21 hari?

    • Setelah agak gede, tikus-tikus kecil dipisahkan dari yang gede. Jangan dicampur, bisa dinakali. Biar tidak pesing, alasnya sering diganti atau pake pasir kali yang halus atau pake zeolit yang sudah diaktivasi.

  10. @rahul:
    sesuai pengalaman saya breeding tikus, kalau masih di bawah 1 bulan, dan beda kandang,lalu disatuin (menghemat tempat) sesama jantan tidak akan berantem. Tapi kalau sesudah besar (lebih 1 bulan) disatukan dari berlainan kandang, yaaa… bakalan tonjok2an 🙂

    @isroi:
    banyak biaya tuh, harus beli zeolit lagi hehehehe
    kalau saya punya, alasnya pakai guntingan koran (bekas shreeding), sekali dua minggu diganti alasnya plus sirkulasi udara yang bagus (pakai exhaust fan)

    • @Tikus Putih Medan: Thx. Ide yang bagus.
      Zeolit sebenarnya murah sekali kok. Kalau beli langsung dari penambang harganya per kg bisa kurang dari Rp. 1000. Dengan sedikit pengolahan sudah bisa dijadikan sebagai alas tikus putih. Atau pakai pasir kali juga bagus.

  11. pasir kali?? apa tikusnya g’ kotor?
    jika tikus beranak tidak dipisah atao dalam satu kandang dengan tikus2 yang laen,,, diganggu g’?
    @ tikus putih medan,,, kalo aku pake dedak atao grajian kayu…

    • Itulah istimewanya pasir kali. Sy ambil pasir kali dari kali (sungai progo) yang dekat bagian hulunya. Pasirnya tidak mengotori tikus. Beda dengan pasir-pasir biasa yang biasa digunakan untuk bahan bangunan. Pake kertas atao gergajian juga bisa.

  12. katanya ada ya tikus belang-belang?
    di manakah saya bisa mendapatkan tikus belang-belang itu? berapa harganya?
    10 anakan tikus putih saya sudah disapih induknya, lalu saya campur dengan yg besar,, tapi kok dinakalin sama yang besar (terutama bapaknya sendiri) bagaimana biar bapaknya tau kalo itu anaknya? hahaha…
    (biar tidak nakalin dia?

    • Memang ada tikus belang-belang, hasil silangan dari tikus putih dengan tikus hitam. Tapi jarang sekali. Tikus hitam ada banyak, tikus putih juga banyak. Nah, tikus yang belang-belang yang sedikit. Kapan-kapan diupload foto-fotonya.

  13. tikus2 yang warna-warni dari mana? import? atau …

  14. saya bisa beli? kira2 berapa harganya? pemeliharaannya sama tikus putih sama tidak?

  15. pak mau tanya umur produktif mencit itu berapa? trus umur mencit betina sampai mengalami penurunan produktivitas berapa bulan? terimakasih

  16. saya bingung, ternak tikus sdh lumayan bnyak, tp blm ada yg mau jd pembelinya. sy prnh tawarkn ke penjual ikan hias dan mknannya, tp blm ada respon. pernah sy jual spt hamster, laku 10 ekor. ada yg bs ngasih solusi, krn didaerah sy tdk ada pnjual ular.

    • Kalau dekat kampus, biasanya banyak penelitian di farmasi atau di kedokteran yang menggunakan mencit. Kalau di tempat kami tikus putih banyak dijual bahkan kurang stoknya. Tikus sering digunakan sebagai pakan ular. Tetepi sekarang juga mulai dipelihara oleh anak-anak.

  17. saya tunggu solusinya dari anda.

  18. Sy ingin memulai usaha tikus putih.sy ingin info lengkap cara penakaran,penjuala,bahan/media,Pembelian induk/bibit,dll

  19. oh ya cara berternak gmna?trus pemasarannya gmna?q sbenernya mnat bertrnak tkus tpi aku tkut sma cindil

  20. mohon info utk ternak tikus putih & cara dpt bibit unggulnya,
    thnk’s infonya

    yohan

  21. mau tnya nih soal berternak tkus,stelah sya bljar mengenai budidaya tkus,kyanya sih ga bgtu sulit tpi untuk mencri bi2t yang bgus dngan hrga yang murah dimna ya bli nya,trus tikus yang usianya brpa yng layak untuk di jual dan bgaimna pemasrannya pa byak meminat yang mau bli tkus2

  22. Saya masih bingung tentang pembuatan wadah untuk air minumNy,kalo botol kecil tutupNy dkasi lubang trus si tikus minumNy gmn?

    • Buat saja dulu, tikusnya ngak usah diajari sudah bisa minum sendiri dari botol itu.

      • saya kemaren beli tikus di pasar ngasem jogja,,trus mpe rumah to ak digigit,,,,,rabies gak y?

        ni ak beli tikus yang udah hamil,kira2 waktu melairkanNy kapan y?

      • Keponakan saya juga sering digigit tikus. Alhamdulillah sampai saat ini tidak apa-apa.

      • Keponakan saya sering digigit tikus dan selama ini masih baik-baik saja. Masa hamil tikus sangat singkat, kalau tidak salah sebulan sdh lahir. Tikus yang sedang hamil jangan dicampur dengan tikus jantan. Setelah anaknya lahir 20 hari kemudian baru disapih. Tikus betinanya bisa dikawinkan lagi.

  23. boss aq mau rencana usaha tikus putih klo dah besar penjualan ama pemasaranya kemana? mohon minta infonya?

    • Penjualannya biasanya ke pet shop. Tikus-tikus yang bagus-bagus dijual untuk binatang peliharaan. Kadang-kadang sebagai pakan ular atau binatang pemangsa lainnya. Ada juga yang untuk penelitian, tetapi ini perlu syarat-syarat kehusus.

  24. perlu syarat-syarat khusus? maksudnya gimana pak?

    • Percobaan ilmiah perlu syarat-syarat khusus. Ada yang mensyaratka harus ada sertifikatnya, galurnya harus murni, apalagi jika perlu strain-strain khusus, lebih sulit lagi. Ada banyak galur/strain tikus putih yang sudah dihasilkan dan untuk tujuan-tujuan penelitian tertentu. Tidak semua lab mempunyai tikus-tikus semacam ini. Pemeliharaanya juga harus higienis. setahu saya di lab kedokteran hewan dan LPPT UGM ada yang memproduksi tikus putih khusus untuk penelitian.

  25. ciri2 tikus yg uda hamil gmn?

    • Ya..perutnya lebih buncit dari sebelumnya.

      • mau tanya, bermasalah g jika kita nyuci kandang tikus d sekitar rumah, kan sisa2 kotora dan kencingnya beredar dan tersebar di dekat rumah, apakah harus di buang di tempat jauh dari pemukiman warga, kan repot nanti kalau mau cuci kandang harus menempuh jarak dan waktu, mohon infonya

  26. Awalx hanya karena kebutuhan yang mendesak untuk keponakan saya praktek dan susah untuk cari mencit ( tikus putih ) harus tunggu dari jawa datangxpun tidak mesti kebutuhan untuk praktek mendesak lalu saya coba-coba untuk pelihara, awal saya pelihara empat satu jantan 3 betina eh tambah banyak dan saya tidak perlu susah-susah lagi untuk cari mencit, setelah keponakan saya selesai kedokteran saya bingung mau kemanakan mencit ini lalu saya coba tawarkan ke penjual hewan, wah disitu saya hampir tidak percaya mencit saya diambil semua dihargai Rp. 10.000,- ( sepuluh ribu ) per ekor wah untung besar saya lalu bisnis ini saya kembangkan sampai sekarang yach alhamdulillah bisa untuk tambah beli bensin, dan sekarang saya pelihara tikus putih yang besar harganya per ekor kita jual murah saja Rp. 50.000,- ( lima puluh ribu ) yach lumayan lah bisa untuk pulang ke jawa sekeluarga. untuk tempat dan makananya tidak repot dan tidak menyita waktu. itulah pengalaman saya, kebetulan di kota saya banyak perguruan tinggi dan banyak mahasiswa yang membutuhkan, yach kalu cuma butuh dua atau empat biasanya saya tanya dulu banyak uangmu ngak, kalau dia ketawa biasanya saya kasih gratis cuma-cuma kan beramal.

    • Wah…mantap….
      Kalau di sini harga mencit tidak bisa tinggi-tinggi, yang untuk peliharaan dari produsen paling banter cuma rp 4-6 rb, oleh pedagang dijual sekitar 7-8rb. Kecuali yang untuk penelitian, dihargainya bisa sampai rp. 30rb/ekor. Sedangkan yang tikus besar (ini bukan mencit, tetapi sejenis tikus tanah), harganya paling cuma rp. 25.000. Coba deh pelihara mencit yang eksotik warna-warni. Rasanya di tempat lain belum ada mencit seperti ini. Eh..ngomong-ngomong, posisi di mana Pak Slamet.

  27. Pak Isroi Saya tinggal di Makassar ( Ujung Pandang ) yach untuk penjualan sih ngak susah karena pembeli datang sendiri, cuman saya pesan kepada pembaca jangan sampai telat kasih makan karena mencit dan tikus besar itu kanibal makan temannya sendiri.

  28. Pak Isroi Kita tinggal dimana ? Pak saya pernah pelihara Hamster tapi kurang laku, memang tidak pakai musiman untuk Hamster, kalau di Makassar harganya Rp. 13.000,- per ekor, mencit yang eksotik banyak sih tapi kurang laku dan jarang Mahasiswa pakai itu jadi yach saya pelihara yang laku sajalah. Terimakasih nanti kita bisa ngobrol banyak.

  29. Di Jogya Masudx Pak Isroi, yach kalau di Jogya sih banyak macem mencit disana cuma bawax yang susah kalau naik pesawat harus dikarantina tidak sesuai dengan ongkosx, kalau naik kapal baunya ngak tahan, hamsterpun dijogya ada yang kecil/bonsai, kebetulan kakak saya pelihara bermacam-macam dari mulai yang antik sampai yang biasa, kebetulan dia cuma hobby tidak dijual belikan, dia tinggal di Klaten di Sanggrahan kec Pedan.

  30. pak manto,,,, alamat lengkapnya di mana?

  31. saya pernah baca di buku memang benar ya kalo sayur”an itu bisa menggantikan air minum ???
    lebih bagus dikasih air minum atau sayur”an ???

    dan untuk ruangan atau tempat pemeliharan itu bagusnya gimana di dalam ruangan atau ????

    makasih

    • Memang benar, sayur-sayuran yang banyak mengandung air sudah cukup untuk mengantikan air minum. Misalnya: wortel dan mentimun. Tikus atau mencit pada dasarnya adalah hewan nokturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. Sebaiknya tempatnya adalah tempat yang tidak terlalu terang sekali, namun aerasinya tetap terjaga dengan baik. Jadi bukan tempat yang pengap. Semoga bermanfaat.

  32. Pak MAnto, mw tanya ini. Tiput jantan n betina itu usia produktifnya brp bulan?
    Saya dh mulai memelihara dan kpn hari itu ada betina yg nglairin tp cm 1 ekor, trus saya pisahin tp malah dimakan induknya sndri. Nahh,,sampe skrg tu betina blm nglairin lg pdhl perutnya masi buncit. Knp itu ya?
    Saya Ephi, mhsw slh satu PTN di Sby asli Jogjakarta.

    • Tiput mulai kawin pada umur 1.5-2 bulan. Tikus liar umurnya kurang lebih 3 tahun, sedangkan yang peliharaan bisa 4 tahun.
      Mungkin dia kelaparan jadi makan anaknya sendiri. Biasanya tiput memiliki banyak anak, yang pertama sampai 6 ekor per induk, pada puncak produktif bisa lebih banyak lagi.

  33. bos cr ksh mknnya gmna ya biar g kena kencingnya?

  34. memelihara tikus putih menimbulkan penyakit g’?

    • Asalkan rajin menjaga kebersihan tdk ada penyakit yg berbahaya. Kami sdh 2 tahun beternak tikus & blm pernah sakit krn tikus. Rasanya lebih berbahaya flu burung yg di peternakan ayam. So,, jangan takut berternak tikus.

  35. tikus putih menyebabkan penyakit g’?

    • Yang menyebabkan penyakit bukan tikusnya. Tikus hanya sebagai vektor saja. Selama penyakitnya tidak ada, ya…tidak menyebabkan penyakit. Kalau ada ‘kuman’nya ya…bisa menularkan penyakit.

  36. mas..tikus saya sudah melahirkan trus sekarang masi nyusu indukNy…yang mao saya tanyakan pada umur berapa anak tikus sudah bisa di pisah dari indukNya?

  37. tikusQ sudah menyusui,ada satu tikus lagi udah hamil,,gimana kalo tikus yg uda hamil itu ak campur satu wadah ma tikus yang udah menyusui???????

  38. Bagaimana cara membedakan tikus jantan dan tikus betina???

  39. Halo salam kenal.
    Saya baru aja mulai berternak tikus putih.
    Kalau saya boleh bertanya boleh yaa.
    Sebelumnya terimakasih.

  40. samsul nursalim

    tikus yang anda plihara sampai saat ini ada beberpa jenis……..?

  41. Salam kenal pa,

    saya mau usaha tikus putih, kalau alamat pa manto di jogja bapak punya kenalan atau alamat pengusaha tikus putih yang ada di wilayah jakarta dan sekitarnya khususnya jakarta pusat dan Timur gitu pa.

    Mohon bantuannya dan terimakasih

  42. mau mulai usaha ini uda telat belum yah . atau ada saran lain pak. KAmi punya lahan terbuka 4 x 9m2 enaknya dibuat apa yah, kami berdua pekerja full pagi sampai sore.selama kerja rumah tidak terjaga. enaknya usaha apaya pak kalo modal 1-2 juta.

    • Ngak ada istilahnya telat. Usaha ini masih terbuka, saya tidak menjalankan usaha ini secara langsung. Tetapi saya melihat sendiri, beberapa peternak besar sampai kehabisan barang untuk dijual. Artinya, masih ada peluang untuk usaha ternak tikus putih. Untuk informasi silahkan hub Manto saja.

  43. mikum. pak saya mao tanya. bagai mana cara mengawinkan tikus? dalam satu kandang isi satu pasang ato banyak? terus kalo induk udah melahirkan sang jantan di pisahin ga? di peternakan bpk makanan tikusnya pake pakan apa? mohon jawabanya segera!

    • Jantan & betina yang sudah cukup umur dikumpulkan dalam satu kandang. Lalu dibiarkan sampai betina kelihatan bunting. Setelah betina melahirkan, sang jantan dipisahkan. Karena kalau tidak dipisahkan cindilnya akan dimakan oleh yang jantang. Pakannya pakai apa saja, biasanya sisa nasi, bekatul, wortel, mentimun, dll. Kadang-kadang diberi pakan pelet (pakan ayam atau pakan ikan). Ada juga pakan pelet khusus rat, tetapi agak susah carinya atau buat pelet sendiri.

  44. pak, mnta info pternak mencit untuk wiolaya jkrta selatn,saya tertarik untuk mulai usaha mencit ini.

    terima kasih.

    • Kami tidak tahu alamat peternak di wilayah jakarta selatan. Tetapi jika anda ingin memulai berternak tikus putih, bisa memulai dengan beberapa indukan. Kami bisa mengirimkannya ke jakarta. Kami sudah biasa mengirimkan indukan tikus putih ke Bandung, jakarta, bogor, lampung, pakanbaru, dan palembang. Silahkan hubungi Manto via tlp atau sms ke nomor 085643907204.

  45. pak tolong saya minta alamat bapak….saya mencoba membudidayakan tikus …tp saya masih bingung dalam penjualan dan perawatan..tolong saya dikirim info masalah perawatan ke email saya abegeasu@ymail.com
    trimakasih pak…

  46. pak saya mw mulai usaha tikus putih,,,,tp saya bingung mw cri indukan dmn!!!!??tempat tggl saya di malang jawa timur,,,,
    saya bisa pesen Indukan tikus ke bapak????trz brp harganya??!!!,,,
    trimakasih!!!!!!!!

    • Kami menyediakan indukan tikus, baik Rat (tikus putih besar) atau mencit. Kami bisa mengirimkan ke Malang. Saya rasa prospek di sana bagus, karena dekat dengan universitas besar, kotanya cukup besar, dan ada juga pengemar reptilnya. Untuk harga dll silahkan kontak langsung ke nomor: 085643907204

  47. pak saya pengen ternak tikus putih, saya tinggal di madiun, tp di jawa timur saya bingung nanti mo d jual kmana? mohon bantuannya dimana saja saya bisa menjual mencit diwilayah jawa timur? matur suwun…. tolong infonya krm k email saya

    • Kalau tempat pemasaran yang spesifik, saya tidak tahu untuk wilayah jawa timur. Ada tiga pasar yang cukup besar: 1) penelitian, 2) pakan reptil, 3) tikus hias/peliharaan. Coba telusuri saja 3 pasar itu. Di jatim banyak perguruan tinggi. Tentu pasarnya sangat besar. Pengila reptil dan komunitas reptil juga sangat banyak di jatim. Semoga membantu.

  48. nanti klo saya psok k bapak gmn? itung2 membantu pemasaran….. gmn? memperluas jaringan gtu… 🙂

    • Hub ke Manto saja langsung. Pada prinsipnya kalau pasar ada, kami kekurangan stok dan harga cocok, tetunya jalinan bisnis ini sangat menguntungkan kedua belah pihak.

  49. Saya seorang yg awam tntng tikus bahkan saya prnh memelihara 1 ekor kucing dan akhirnya mati pula.
    bisa tdk saya berternak tikus dngn cara yang benar dan membudidayakannya adakah pelatihan2 annya?
    SALAM SUKSES

  50. bos saya sudah coba ternak tikus , kalo pemasarannya kemana ya? tolong kasih info ya

    • Saya tidak tahu tempat pemasaran yang spesifik atau menunjuk langsung alamatnya. Tetapi saya bisa berikan beberapa potensi pasar yang bisa digali. Coba lihat di link ini:
      https://isroi.wordpress.com/2010/01/03/pemasaran-tikus-putih/

      Pasar untuk penelitian adalah yang paling stabil dan harganya tinggi. Tetapi memerlukan syarat-syarat tertentu, namanya juga untuk penelitian.
      Pasar kedua adalah untuk pakan reptil. Pengemar reptil sangat banyak dan mereka selalu perlu tikus untuk pakan reptil-reptil mereka. Toko-toko yang menjual reptil/ular juga membutuhkan secara rutin tikus putih untuk pakan reptil yang mereka miliki.
      Pasar ketiga adalah tikus untuk peliharaan. Ini belum umum, tetapi pasarnya mulai terbuka. Catatan tambahan, pasarnya mungkin sangat berfluktuasi seperti halnya pasar-pasar yang lain.
      Semoga sukses ternak tikusnya.

  51. pagi pak …..kalau boleh kasih saran pakai blogspot aja, soalnya loading wordpress berat

  52. tanya om, perbandingan tikus jantan ama betina berapa ya?? 1:10 berani ga? oh iya, saya mahasiswa di jogja (ugm tepatnya). kalo bisa mohon alamat njenengan.. nuwun.

    • Biasanya 1:3, kalau 10 bisa saja, tetapi mungkin kurang efektif. Mahasiswa UGM mana? tempat mangkal saya di Gedung Plengkung, sekre HMP atau di tekim. untuk alamat silahkan hub Manto.

      • biologi ugm om.. maksudnya mangkal pripun? hehehe.. oh iya, kalau boleh saya mohan dibantu ternak tiput ini ya om. soalnya saya tertarik juga.saya dah beli yang warna warni, yang putih belum punya, 5 ekor. jantan 1, betina 4. apa njenengan bisa bantu pemasarannya om? makasih…

      • Klo tempatnya deket dan harga cocok bisa kita pasarkan. Masalahnya tikus kecil dan harganya juga tidak bisa mahal-mahal. Kalau jumlahnya cuma sedikit, justru malah mahal di ongkos angkutnya. Selama ini sudah ada sekitar 5 peternak yang supplay tikus untuk kita pasarkan, semuanya tikus putih. Terutama untuk pakan dan penelitian.
        Tikus hias jepang memang bagus, tetapi pasarnya belum terbentuk. Nunggu momentum yang tepat.

      • Salam untuk Prof. Karti dan Pak Suparmin yang ada di lab ento.

  53. selamat siang, mo tanya pak kalau 1 kandang saya isi 1 jantan dan 2 betina bisa kawin ga? Makasi sebelumnya

  54. tikus jantan saya 2 ekor eh ternyata tikus jantan saya yg 1 dimakan ama betina nya >.< emang tikus suka makan temen nya ya pak? ni skg terpaksa 1 kandang saya isi 1 jantan dan 4 betina.

  55. MAU NANYA PAK ADAKAH WARNA SELAIN PUTIH UNTUK JENIS RAT SEPERTI MENCIT (WARNA BELANG MAKSUDNYA)

    • warna asli Rat (Rattus norvegicus) adalah coklat, karena itu juga sering dikenal dengan Brown Rat. Pada kenyataannya warnanya bisa bermacam-macam, tidak melulu coklat atau putih. Tetapi memang tikus yang digunakan untuk penelitian semuanya berwarna putih.

  56. Beberapa hari yamg lalu saya kepasar hewan hias dan disitu di jual pasir hamster 1 kg dihargai 5000 kira kira bisa tidak di pakai untuk alas tikus putih bentuknya mirip pasir putih tapi tidak lengket terima kasih

    • Alas untuk hamster itu adalah pasir zeolit, bisa saja dipakai. Zeolit bisa mengurangi bau tikus putih. Tetapi jika ada jantan dan betina, sebaiknya diberi alas sobekan kertas juga untuk membuat sarang tikus itu. Apalagi kalau yang betinanya sudah hamil.

  57. galur wistar tu apa ya??

  58. pak aku mau tanya alamat jenengan,,karena saya juga mau coba bisnis ini,,,klo blh tau alamatnya mana y pak,,kirim ke email saya

  59. mas minta alamat dan nomer telepon peternak mencit d daerah jawa timur. trima kasih 🙂

  60. pak apa saya bisa kerjasama dengan bapak posisi saya di surabaya,saya juga ngelayanin penjualan tikus putih di surabaya.

    • Langsung kontak ke Manto saja: 085643907204

    • Salam kenal,

      Maksud bapak ‘ngelayanin penjualan di surabaya ‘ itu gimana?
      Bapak punya tikusnya atau punya pangsa pasarnya?

      trims

      • Kita ternak tikus sendiri dan juga menerima pasokan tikus dari beberapa kawan peternak tikus di sekitar kami. Kami bekerjasama dengan peternak tikus yang dekat lokasinya, karena bisa lebih menekan ongkos transportasi.

        Konsumen kami selama ini adalah untuk penelitian, praktikum, untuk pakan reptil, dan untuk pasokan indukan tikus. Kami melakukan pengirima tikus di berbagai tempat, mulai dari Medan, Palembang, Riau, Kewarang, Cilegon, Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Bali, Lombok, Makasar, Banjarmasin, dan juga Papua. Untuk pengiriman ke luar pulau memang sedikit agak ribet untuk urusan administrasi karantina.

        Untuk pasar di surabaya, sepertinya sekarang sudah banyak peternak di sekitarnya: malang, sidoarjo, dan pasuruan.

    • mas aku mau tanya alamat nya di mana aku mau pesen tikus putihnya tolong sms alamatnya di

  61. pak, dalam satu kandang bisa dikasih lebih dari satu indukan yang lagi menyusui nggak?

    oiya kalo di jogja cari indukan mencit yang murah dimana ya? memang rata” harga indukannya berapa?

  62. sore bapak…….

    saya andik prasetyo….

    jujur saya tertarik dg bisnis yang bapak emban kan…….
    maka dengan ini saya berharap bimbingan bapak untuk bisa bekerja sama dengan saya. dalam hal berbisnis pemelihara-an tikus..

    hormat saya..
    andik prasetyo..

    mohon balasan dari bapak manto…

  63. mhon tanya pak,,, saya sudah mulai ternak hamster. waktu saya tawarkan ke penjual di pasar burung cuma dihargai 1500. apa itu wajar pak???

    • Hamster atau tikus putih? Kalau hamster saya lihat masih dijual dengan kisaran harga Rp. 5000-10.000 untuk yang biasa. Saya tidak tahu berapa mereka belinya.
      Kalau tikus putih mencit, pedagang biasanya membeli dengan harga Rp. 2000 – 3000 per ekor. Kalau Rp. 1500 yang masih umur 20 hari/baru disapih. Terlalu murah itu.

  64. eh maksudnya tiput….maaf

  65. 1 Januari 2010 saya ternakan 4 tiput jenis rat ( 3 betina 1 jantan), 12 Agustus 2010 ( 8 bulan kemudian) jumlah tiput udah 100 ekor lebih, baru laku 15 ekor, dihitung hitung masih rugi – berat diongkos makanannya. Pemasaran tiput di klaten sangat sulit, padahal klaten sudah ada klub pecinta reptil EXIREC, tapi juga masih sulit, tapi makasih untuk advisnya mas Manto, akan saya coba pasarkan terus. Cuma…kedepan kalau tetep gak laku mau dibawa kemana hayo, dilepas kasihan pak tani, dibunuh kasihan tikusnya

    • Klaten kan dekat denga jogja dan solo. Pasaran tikus di kedua kota itu bagus. Memang di jogja sdh banyak sekali yg ternak tikus.
      Pasar tikus untuk pakan reptil yg paling stabil, meskipun keuntungannya tidak besar. Selama masih banyak yg memelihara tikus, masih banyak dibutuhkan tikus untuk pakan.

  66. Sudah saya usahakan untuk titip di petshop-petshop jogja
    mereka menolak kalau jenis rat, maunya yang mencit kecil-kecil itu

  67. …saya pingin tuh usaha tikus putih tapi susah cari tikusnya apakah bapak tahu di mana tempatnya………….???

  68. kalau tempat tingalnya pak manto di daerah mana yah…..?

  69. bos…kandangnya yang bagus untuk perkembangnya terbuat dari apa ya????trims

  70. Kulanuwun badhe derek tangklet..
    Alo modal awal minimum untuk usaha ini kisaran berapa pak ..
    Matur nuwun

    • Monggo. Modal sangat minim, tergantung berapa indukan awalnya. Indukan mencit hrg jantan rp. 15rb, betina rp. 10rb. Untuk skala kecil bisa 1 jantan, 3 betina. Kandang sekitar rp. 30rb. Tambah untuk pakan. Kalau mau lebih banyak tinggal dikalikan saja.

  71. Pak.numpang tanya,tiput itu agresif ngga ya? saya dari peternak hamster nih mau beralih ke tikus putih.

    • Tikus putih pada dasarnya tdk agresif, yg sudah dipelihara biasanya jinak. Klo dia stres atau jarang dipegang2, tiput akan mengeluarkan kotoran. Tiput akan mengigit kalau merasa disakiti. Misalnya dipegang terlalu keras.

  72. Pak, sy ingin btanya,. Kl tikus putih nya sudah melahirkan,sebaiknya di pisahkan dalam wadah tersendiri ato tidak? Karna anak2 tikus sy, yg berumur 2 hari tiba2 hilang atau tahu2 udah mati, entah itu di makan induknya atau gmana, sya tdk tau.. Trimaksh.

  73. numpang tnya pak..
    kalo mencit umumnya yg dicari pasar umur berapa ya..
    mkasih..

  74. pak sya mau tnya,ciri-ciri tiput yg bunting spt apa ya pk?mhon infonya. klo bs tlong fotonya jg y pk. trmksh.

  75. Maaf ikut nimbrung mas Isroi,
    Tertarik dengan kata2 “berbagi tak pernah rugi” , maka saya mencoba. Memang mudah sih untuk mengembangkan tikus putih. 1 Jan 2010 saya pelihara 4 ekor ( 3 betina 1 Jantan) indukan asal saja saya ambil di pasar hewan @ Rp.10.000,- Tujuh bulan kemudian tikus sudah jadi ratusan ekor, Selama itu saya tawar-tawarkan kemana-mana gak ada yang minat, laku sih paling cuma puluhan ekor dan harganyapun cuma 3000-an,
    padahal selama itu kita harus terus kasih makan .Wah cukup menguras kocek juga, karena nggak imbang antara pemasukan dan pengeluaran, akhirnya tikus saya bagi-bagi ke orang gratisss. Untung masih ada yang mau (dibakar untuk pakan lele). Yang paling bikin kaget, ternyata tikus membawa virus yang cukup membahayakan kesehatan manusia….katanya sih langsung menyerang saraf otak. Maaf ini harus saya sampaikan disini…bukan untuk nakuti tapi agar anda waspada. Dan selamat bagi anda yang berhasil di bidang ini. Bagi yang ingin coba mending dipikir masak-masak dulu. Terima kasih

    • Terimakasih atas infonya. Tikus putih memang biasa digunakan sbg binatang percobaan untuk penyakit manusia. Dari yang biasa sampai yang berbahaya. Tikus yang membawa penyakit adalah tikus yang memang ada penyakitnya. Kalau tikus yang tidak ada penyakitnya sama sekali tidak berbahaya.
      Anda baru awal tahun ini mulai bisnis tikus. Kita mulai sudah tiga tahun lalu. Alhamdulillah sampai saat ini permintaan selalu banyak.
      Temen kami, sesama peternak, sudah 7 tahun ternak tikus. Tikusnya bukan ratusan, tetapi ribuan. Sekali beranak 2000 tikus. Ada yang lebih lama lagi beternak tikus, rasanya beliau senior untuk hal ini. Permintaan tikusnya tidak pernah surut. Teman-teman peternak itu, kami sendiri, dan keluarga, belum pernah sakit gara-gara tikus. Tiap hari pegang tikus.
      Pasar tikus putih sejauh ini terbuka lebar. Memang kita mesti tahu & belajar di mana tikus-tikus itu dibutuhkan. Kalau hanya dijual di pasar serapannya kecil.
      Selamat berbisnis tikus, jangan khawatir dengan penyakit, apalagi kalau cuma isu, “katanya” tanpa fakta atau data.

  76. numpang tny mas,,market ny kmn aj??????

  77. say dulu pernah ternak tikus tersebut,ceet sekali perkembanganya, tapi kendalanya di pemasaranya, atau mas bisa bantu market nya trims

  78. Slamat sore pak isroi, kbetulan saya ternak mencit sudah berjalan 3bln. Saya bkerjasama dgan pternak di jogja utk bibit maupun pemasaran. Yg jd pertanyaan, bgaimana membuat pejantan yg produktif? Karna ada beberapa pejantan yg blum berhasil menghamili betina sekandangnya. Utk satu kandang saya isi 1jantan 4betina. Sementara itu dulu, trimakasih.

    • Selama ini jantan di tempt kami OK semua. Sy rasa yang penting waktu pemilihan induknya. Pilih pejantan yang sehat, aktif, dan dari induk yang produktif pula. Kalau pejantannya tidak berhasil mengawini betina, mendingan dijual saja. Ganti dengan pejantan yang lain.

  79. mw tanya pak biasanya mencit sehabis disatukan brpa lma bru hamil??
    punya saya dah 2 minggu blum kliatan ada yg hamil..
    apa karena dri hsil stu indukan jd gk mw kawin..
    tlong dijwab..

  80. gua mau jg usaha tikus

  81. mas, sy mw coba usaha ternak tikus mas, mencit ma rat mas. mas isa suplai indukannya gx? kl isa sy mw pesen kandangnya isa gx mas buatin sekalian

    • Selama ini kita suplai indukan ke hampir banyak tempat di Indonesia. Termasuk kandang-kandangnya sekalian. Silahkan kontak ke Manto yg ada nomornya di atas. Cuma sekarang sedang ada bencana merapi. Magelang adalah salah satu simpul pengungsi. Rumah2 juga kena hujam abu. Mungkin Manto agak sulit dihubungi.

  82. met sore nh pa,,mu ikutan gabung!!
    saya masih awam ttg tikus,saya mash bingung abis baca tulisan di atas,,mu tanya,,,
    mencit ma tiput itu sama pa beda,, pa mencit itu tipus yg bru lahir? mohon petunjuk nih pa?
    mngkin kedepan saya mau coba usaha ini

    • Ada dua jenis tikus putih, a) mencit putih (mus musculus) dan b) rat (rattus norvegicus). Mencit ukuran tubuhnya kecil. Sedangkan rat bisa segede tikus got ukurannnya. Silahkan dibaca di link yg lain.

  83. MAS…KALO PERKAWINANNYA BERAPA LAMA YA??N SATU KANDANG KALO KAWIN SEPASANG AJA ATAU BISA DI GABUNG BEBERAPA EKOR. ..?UNTUK MELAHIRKAN SATU KANDANG BETINA AJA YA??

  84. saya di sumut apa ada tempat pemasannya .
    saya ingin juga membiakkannya.

  85. Fa'ul KEzametsuki

    om, tiput saya kok ngga buting2 ya? apa ada yang salah? penempatan kandang udah tepat, kl mlam gelap kl siang terang, komposisi 1 jantan 2 betina, umur tiput kira2 3.5 bulan, sy beli dr umur 1.5 bulanan

    • Cek jenis kelaminnya, sudah bener ada yg jantan & betina tidak. Lihat di posting tentang membedkan jenis kelamin tikus. Mestinya kalau ada jantan dan ada betina, satu bulan sdh mau melahirkan betinanya.

  86. mw tanya nh pak..bpk jual tiput stran wistar gk??sy lg btuh bwt pnelitian…hrgax brapa pak? btw, klo pmbelian bs dkirim antar pulau gk pak? sy di sulawesi tengah…

    • Kami menyediakan tikus wistar untuk penelitian. Kami pernah mengirimkan tikus wistar ke Papua.
      Silahkan kontak langsung ke nomor yang ada di atas atau di kolom kiri atas.
      Untuk pengiriman perlu surat keterangan dari dinas pertanian/peternakan setempat. Surat ini penting untuk mengurus perijinan di karantina sebelum dibawa ke Sulawesi.

  87. hrgax brp pak?? trus mksdx surat keterangan dr dinas pertanian/peternakan di Palu (daerah sy)?? btw bpk tdk pux teman yg bisnis tiput dn mencit yg di sulawesi??spya sy bisa pesan lebih dkat…

  88. kira2 belinya dimana tikus putih ini ?

  89. Ak jg pny bnyk tikus putih ratusan jumblahny skali jual lmyn jg tp bg yg berminat saranku cr pemasaran dl sblm berternak agar tdk kelabakan jgn melihat dr sisi baiknya sbab tdk smua org bs mndpt rjeki dr cr yg sama tp kl emg bagi yg ingin brternak dan uda tau pemasaran slhkan ditingkatkan agar penghasilan jg meningkat.untk pakan ak sarankan lbh baik dksh mkn roti sortiran trus diselep dsbg yg pnting halus seperti dedak padi lalu dicampur dg pakan ayam 511 diaduk rata.ak rasa it lbh murah biayanya dan lbh bnyk gizinya buat pakan.hrga roti sortir jg lbh murah dr pada kosentrat.

  90. mas, saya domisili di jogja, msai sma, nd mw mulai usaha ini, kira” pangsa pasar di jogja masih terbuka lebar gk y??

    dan apakah sebenarnya kebutuhan akan tikus putih ini udah terpenuhi??atokah masi banyak yg cari??

    trus saya mw mulai usaha bersama 3 tman saya dengan modal awal 3jantan:12betina siap kawin, kira” butuh berapa bulan untuk dapat panen ya?? Thx [jawabnya lwat email jg gpp og mas]heheheh mekso yho?? 😀

    • Di jogja sudah banyak yang ternak tikus, baik yang baru mulai maupun yang sudah punya ribuan tikus. Sebaiknya survei pasar dulu, sebelum memulai ternak tikus. Kalau pasar jogja masih terbuka, baru mulai ternak.
      Dalam sebulan biasanya sudah lahir cindil-cindilnya, nanti umur satu bulan sudah bisa mulai dijual.

  91. oh, bgitu ta mas??
    oke deh aya liat” dulu,
    tpi klo diluar kota kira” pasar masi terbuka tdak y?

    dn klo pmasaran kluar kota kita pake ap??

  92. untuk di daerah kudus, bisa di jual kemana ya Pak ? dulu sya pernah ternak hanya utk iseng, tp stlah beranak bnyk kesulitan pmsrannya. terima kasih.

  93. pak maaf saya mahasiswa ada yang ingin saya tanyakan saya harap bapak bisa membantu..
    Bagaimana caranya mengawinkan mencit yang benar?
    supaya bisa di ketahui hari kebuntingan hari ke-0

    terima kasih pak

  94. saya dari surabaya, kalo mau beli indukan atau anakan tikus putih yang kualitas bagus dimana ya…? dan pemasarannya apa terus lancar…?
    saya tertarik untuk beternak tikus putih ini…mohon infonya..trims…

    • Silahkan kontk langsung ke nomor yg di atas. Coba baca2 dulu posting yg lain tentang tikus putih. Kemudian cari pasarnya di sekitar surabaya sebelum mulai beternak. Semoga sukses.

  95. pak.. kalo suhu ruangan ideal untuk tiput berapa pak…
    karena rumah kami ada ruangan kosong…
    tetapi suhu agak panas…
    tq

    • Suhu agak panas itu berapa? karena ada teman yang memelihara tikus pada suhu yang dingin, dibawah 20oC. Masalahnya tikusnya jadi terserang kutu. Kalau terlalu panas di atas 31oC, tikusnya bisa klenger.

  96. permisi ka, saya pelajar kelas 1 sma. saya ingin mempunyai usaha sendiri, saya ingin menghasil kan uang untuk keperluan saya sendiri tanpa merepotkan orang tua.
    saya kebetulan membaca BISNIS TIKUS PUTIH INI dan saya sangat tertarik.
    apa kah? yang harus saya persiapkan untuk mengawali usaha Ini.. ?

    salam kenal ya ka’ dan tolong BANTUANNYA ya ka

    • Tinggal di mana? Bisnis tikus putih agak sedikit unik. Memang perawatannya mudah dan cepat jadi banyak. Ada beberapa peternak yang setelah tikusnya banyak tidak tahu mau menjual ke mana, akhirnya tidak laku tikusnya.
      Coba baca dulu posting saya tentang “Pemasaran Tikus Putih“, lalu coba survei pasaran tikus yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal Anda. Setelah yakin pemasarannya bisa diandalkan, baru mulai usaha tikus ini. Mulai dari kecil dulu, sambil mepelajari pemasarannya. Semoga bermanfaat.

  97. sy ingin sekali ternaktikus putih,sb tidak membutuhkan lahan yg banyak…
    awal usaha apa yg dibutuhkan ?
    mohon bantuan mas????

    • Pertama cari pasarnya dulu, baru mulai usaha. Ternak tikus putih tidak susah, banyak yang mulai beternak, tetapi kemudian kesulitan memasarkannya.
      Pasar tikus putih memang agak unik dan berbeda dengan pemasaran untuk hewan lain. Coba baca juga komentar dan tanggapan di atas.

  98. pak isroi
    saya salah satu mahasiswa PTN di kota bandung yang baru memulai usaha ternak tikus
    saya baru membeli 20n ekor tikus dengan 16 betina 4 jantan
    dengan perbandingan 4:1
    nah saya ingin menanyakan.. apakan bapa tau harga pasaran di kota bandung?

    • Saya tdk thu harga pasaran tikus di kota Bandung. Survei dulu, muter2 kota, dan klo ada yg jual tikus tanyakan brp harganya. Harga tikus macam2, yg mahal di daerah Medan dan makasar, sampai bbrp puluh ribu per ekor. Klo di jawa bbrp ribu saja. Yg mahal yg untuk penelitian.

  99. kalau saya ikut gabung gimana? untuk mengirim tikus hasil ternak ke mana?…….usia tikusnya berapa hari…yg banyak di minati

    • @kinan : mba kinan asli mana?
      asli bandung?

    • Posisi ada di mana? Coba cari pasar tikus di tempat-tempat terdekat. Misalnya di pet shop, pecinta ular, club pecinta ular, perguruan tinggi yang banyak menggunakan tikus untuk percobaan, dll.
      Umur tikus tergantung permintaan, ada yang masih cindil sudah dibeli untuk pakan ular kecil atau arwana. Tikus umur 20 hari atau baru disapih juga banyak yan beli. Untuk penelitian sering minta tikus dengan bobot badan tertentu atau jenis kelamin tertentu.

  100. ijin save beberapa foto diatas boss…
    mampir ke tempat saya di waktu senggang….

  101. cara bedain tikus wistar jantan ama betina secara visual gimn kak?

    • Semua tikus hampir sama bentuknya. Sudah saya posting fotonya. Silahkan cari di posting yang lain. Yang jantan kelihatan buah zakarnya, klo yg betina tdk ada.

  102. sya tinggal di subang jwabarat…..kalau di subang ada ga yah yg suka nampung tikus….?atau daerah terdekat d dekat subang

  103. Mau tanya Mas

    Bagaimana cara mengawinkan indukan supaya menghasilkan anakan yang mayoritas jantan

  104. Assalamu’alaikum.wr.wb.
    Pak Manto,sy mahasiswa Dept.Biokimia IPB. Kmrn ini sy liat2 iklan Bapak di Kaskus & wordpress yg katany Bapak punya peternakan tikus di Magelang dan bisa menyediakan stok tikus utk penelitian dgn berbagai usia dan berat.
    Sy sdg kesulitan mencari stok tikus tertentu di Bogor (di semua tempat sdg habis),karena bulan2 ini lg ngetrend2ny orang2 melakukan penelitian.
    Sy mw tanya dulu,apakah Bapak terima kiriman ke Bogor? Kalau Bapak bisa,apa ada stok tikus Sprague-Dawley jantan yg berumur 3,5 bulan dgn bobot 240-260 gram?

    Mohon konfirmasinya.
    Terima kasih.

  105. asalamualaikum..
    klu bleh tahu mas ad didaerah mana??
    saya binggung masalah pemasaran, bleh ga saya kirim tikus2 kami ke mas?? ak ad didaerah malang.

  106. Mohon petunjuk!
    Ada yg tahu breeding tiput di MEDaN, saya mau Beli utk mkn reptil,please sms/call ke 0852 7540 1999. Thanks

  107. wah jd minat ni bos,kira-kira modal awal untuk pemula berapa y,,terus tikus putih tu ringkih gak,cepet mati gtu,,,

    • Coba baca-baca di posting lain tentang tikus putih berikut komentar-komentarnya. Sudah ada jawaban apa yang Anda cari. Semoga bermanfaat.

  108. bapak isroi,,,,
    saya mw tanya potensi di banyuwangi-jawa timur untuk tikus putih gimana???
    dimana ane bisa membeli indukan tikus putih ini???
    kalau maw beli sedikit masak harus pesen ke jogja kan berat di ongkos pak.
    mohon jawaban dari bapak isroi,,,,

    salam majoe djaya……

    • Saya tidak tahu pasar tikus putih di banyuwangi. Tetapi jawa timur termasuk banyak yang ternak tikus putih. Mungkin pasarnya lumayan juga. Setahu saya ada yang jual tikus putih di malang, pasuruan, surabaya, sidoarjo. Coba kontak ke manto.

  109. Om. Aku dulu khan beli tiput dari Om Manto. 9 btna 2 pjntn. 5 induknya dah nglairin semua yang lain 2 mati karena luka betengkar, 4 mati karena kepanasan waktu aku pindah tempat. Terakhir ada yang nglairin 14 cindil tapi dimakan induknya 8 cindil, padahal makan udah tak kasih full 2x sehari nasi+ BR1 juga wortel kadang kacang panjang dll. Lha kok masih kanibal kenapa ya Om ? Ada indukan cindilnya 2 betina dan jantan, masih jadi 1 dengan induknya, kalau dibiarin terus ngawin induknya gimana ? Pengaruh jumlah anakan apa gak ? Kan pejantannya muda ? Juga bulunya kok kurang bagus ya ? pada berdiri dan induknya agak kurus. Pagi sore kalau ngasi makan, sisanya sudah aku buang. Mohon bantuannya Om. Terima kasih.

    • Ketika mau melahirkan, pejantannya dipisahin. Memang kalau tidak dipisahin, kadang-kadang jantannya makan cindilnya. Kalau masih kecil bulunya meman agak kurang halus. Tetapi bulu yang berdiri mungkin juga tanda cindilnya kurang sehat. Mungkin tempatnya kurang hangat atau justru kepanasan. Alasnya juga bisa diberi sekam padi atau sobekan kertas. Jangan biarkan alasnya basah, karena akan menganggu kesehatan tikusnya.
      Tikus mulai kawin setelah umur beberapa bulan. Tikus yang seindukan biasanya tidak apa-apa disatukan sampai besar. Kalau mengawini induknya atau tidak belum sempat mengamati. Tetapi sepertinya tidak apa-apa.

  110. waktu mngawinkan n setelah ada anaknya itu perlu d pisah jantan ama anaknya atau di biarin gpp

  111. pak, saya mau mencoba usaha dan saya liat usaha ternak tikus putih masih belum banyak khususnya di lampung ini, ,
    saya mau belajar di lmpung ini tapi yang ada hanya ternak tikus biasa padahal tikus yang galur murni di sini banyak di cari khusus nya perguruan tinggi, ,
    nah sikiranya saya boleh belajar di tempat anda dalam waktu dekat ini karena bentar lagi liburan semesteran, ,

  112. punten kang isroi
    mau tanya
    kalau untuk 2 ekor betina yang sedang menyusui boleh tidak dijadikan 1 tempat???
    jadi 1 tempat untuk 2 betina yang masing” punya anak
    nuhun kang ^^

  113. Pak Iroi, kalau cindil ygbaru lahir bisa tidak dipisah dari induknya? lalu makanan nya apa ya kalau dipisah?

  114. misi mas ikut cari informasi nih…! Mas pakan untuk mencit dewasa dan mencit yg masi kecil apa ya……..?

  115. makanan utk mencit kecil dan dewasa apa ya….?

    • mencit pada dasarnya makan apa saja. mencit yang masih kecil masih menyusus induknya, kalau sudah beranjak besar baru bia makan-makanan yang lain. Makanan mencit bisa makanan konsentrat seperti untuk pakan ternak atau sisa makanan di rumah yang belum membusuk.

  116. mas,, bisa kasih tau perincian memulai bisnis mencit ini??
    misalnya,, modal awal..
    fix cost dan variable cost..

    lalu BEP bisnis ini kira2 berpa lama ya mas??
    Thanks mas.. =)

    • Saya belum pernah menghitung serumit itu. Besar kecilnya modal tergantung seberapa besar ternak tikus yang akan dilakukan. Ada temen yang hanya bermodalkan beberapa indukan dengan beberapa kandang saja. Saya rasa tidak sampai 2 bulan sudah balik modal.
      Tetapi ada juga peternak besar yang modalnya sampai puluhan juta dengan beberapa ribus ekor tikus. Katanya sih beberapa bulan sudah balik modal. Dia punya pasar yang jelas dan lancar pemasarannya.

  117. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas infonya mas…
    tp saya masi punya pertanyaan mas,,
    kira2 untuk biaya pembuatan kandang dan beli indukan butuh berapa biayanya ya mas??( 1 ekor indukan berapa harganya?)
    atau mungkin kira2 berapa modal awal yg dibutuhkan untuk memulai bisnis ini??
    maklum mas, saya masih pemula, jd butuh banyak referensi untuk perhitungan modalnya..
    maaf mas kalo saya banyak tanya..
    Terima kasih mas.. =)

  118. mas saya mau minta info tempat jualnya …..!
    saya sudah mulai…
    tapi omset tidak naik..
    bingung pemasaran…
    tolong minta no hp…
    untuk info pemasran..

  119. pak mencit saya udh ready stock neech…..klo bpk mw bsa kontak saya:)

  120. waduh mas cepet banget tikusku beranak pinang, dah punca cucu tuh induk wkwkwkw. makasih bos inspirasinya

  121. Pak, mau tanya. Kalau tiput setelah beranak 20 hari kemudian dipisah dari anaknya. Jangka waktu berapa lama setelah dipisah dari anaknya bisa dikawinkan lagi dengan jantannya? Mohon infonya.

  122. maksud saya tiput indukan setelah anak tiput umur 20 hari disapih dari induknya. induknya apakah bisa langsung dikawinkan lagi atau tunggu beberapa hari lagi baru bisa dikawinkan/disatukan dengan pejantannya?
    kalau anak tiputnya umur 2 bulan sudah bisa dikawinkan yah?

  123. pak klo mencit saya disatuin 3 ekor jantan am 12 betina dalam stu kndg gpp??saya gk tau tiba tiba pada gk hamil2 slama hampir 2 bulan padhl biasanya cepet hamil??bisa stress karena kandngnya dket kandg rat gk pa??ap harus bda ruangan dengan rat??

  124. Pak, saya mau tanya lebih detail mengenai cara beternak, perawatan serta cara menjual atau memasarkanya..?

  125. membedakan tikus betina dan jantan gimana mas??

  126. mas kalau beli sepasang dulu bisa gak mas???

  127. Ass.. salam knl om isroi Numpang lapak nih om, mau jual bak plastik nih untuk ternak tiput barangkali ada yang butuhin :
    P= 38cm L= 30cm T: 12cm (@15rb/buah)
    Lokasi Majalengka – Jawa Barat Hp. (08121415789 / 083824345123)
    Thanks om..

  128. Assalamualaikum bang isroi
    salam kenal namaku Helga, Mahasiswa IPB
    baru2 ini aku mulai coba2 merawat mencit, dan dari blog abang ini, saya makin yakin kalo budidaya mencit bisa jadi investasi jg, tp bang pas saya coba kemarin, kebetulan saya punya satu pasang mencit putih yang baru kawin, 2 hari yang lalu saya liat2 rupanya ada si indukan lagi hamil.. karena saya saking bernafsu untuk membudidayakannya maka saya beli lagi 3 indukan yg ukurannya lebih kecil dari pasangan pertama, tapi keesokan harinya pas saya cek, yang ada pejantan yang besar dan indukan yang kecil baru saya masukin mati, yang mau saya tanyakan, menurut abang kira2 kenapa ya bang kok bisa mati? padahal saya udah saya perhatikan dari segi pakan dan kandang, lalu apa tikus yg beda umur gak bisa disatukan? makasih bang, salam kenal, sori kalo kepanjangan

  129. Mau nanya knp ada indukan yg anaknya kebnykan ( krn ada indukan yg mati tiba2 jd anaknya dititipin nyusu kbtlan hampir seumuran anaknya ) jdnya sang induk kudu nyusui 15 anak, dan baru 3 hari lalu disapih, jdnya dia kurus banget, pdhl biasanya sy kasih mknnya bnyk, sayur, wortel, nasi bahkan kasih pur ayam yg mahal agar kandungan gizinya ga kurang, jg hampir tiap mlm sy tangkapin kecoa2 tuk makananya, kenapa masih bisa kurus begitu? trs anak2nya jg keliatan bulunya suka basah, ga lebat ama kasar2 gt.. sjak dicampur kekandang besar dgn sang jantan, si induk ini malah smakin kliatan kumuh badannya, jd kyk jorok basah2 disblh badannya, sy jd kuatir dgn kondisi kesehatannya? soal mkanan slalu kasih lebih…
    trs anak2an yg berwarna campur 2 warna itam n putih, apakah itu krn bawaan gen? krn jantannya putih campur coklat, induk2nya putih smua…kok anak2nya ada sbgn yg berwarna lain ( 2 warna item putih tp matanya item bukan warna merah ) kecuali anakan yg berwarna putih mulus., matanya tetap merah… Sorry kl kepanjangan..tks ya atas infonya…

    • satu indukan menyusui 15 cindil kebanyakn saranya. Perlu dicarikan indukan yg lagi menyusui juga.
      Anakan basah mungkin alasnya kurang bersih. Coba ganti alasnya secara berkala dan jangan sampai basah kena air minumnya.
      Warna bulu memang genetik dan diturunkan dari indukannya.

  130. alhamdulillah pada awal 2011 saya beli 3 ekor jantan 1 ekor betina jenis Ratt indukan dari anda dengan susah payah dikembangin, kini saya sudah 9 generasi ratt sudah bisa dikembangkan hingga kini tinggal 200 ekor indukan sisanya terjual, iseng iseng dirumah aku koleksi binatang langka spt Ular cantik, elang senopati, elang brajamusti, elang cakra kencana, burung hantu sinawang wulan, kebowaringin, aku pengen comunikasi dengan anda Deo 087727079070 di indramayu jabar

  131. Pak saya da tikus putih di rumah jenis a red.
    Da banyak.

  132. pak, saya mau pesan tikus putih untuk penelitian skripsi saya. kira-kira berapa harganya per ekor pak?

  133. pa sekam y yang khusus ap sekam apa aj??
    dan gnti sekam y smnggu brpa kli?

  134. AKUM MAS ISROI……. LAMA TAK JUMPA…..KWK…KWK….GMN TIKUSX LAKU KERAS ALIAS TERJUAL HABIS… KAN SYUKUR….SYUKUR…..MAS SY SKARANG KEWALAHAN MELAYANI KONSUMEN. APALAGI MUSIM PRAKTEK BGN……..WAH TOBAT. SY SDH HABIS STOK PEMINAT MASIH BANYAK SY KONTAK MAS MANTO TAK BISA NYABUNG.

    • saya boleh minta no pa slamet, pengen belajar cara beternak tikus. dari pengusaha tikus sukses seperti bapak. mohon bantuannya. saya reni 0856 9 2010 228. trimakasih sebelumnya.

    • PAK SLAMET SANTOSO…..bapak di maksar daerah mana????nanti kapan2 kalau saya pulang kampung mau singgah di tempat bapak skalian mau lihat2 peternakan tikusnya…bisa g saya beli indukan sama bapak….saya di daerah samarinda…ini no hp saya 085250833435

  135. mas gimana caranya biar tikus2x saya cepat besar…….?

  136. Awal bulan desember kemarin saya membeli beberapa ekor tikus putih (indukan) jenis mencit dan rat. Gak nyangka, dari 6 betina rat semuanya melahirkan. Sekitar 3-9 ekor per ekor. Yang ingin saya tanyakan:

    1. Awalnya tikus2 tsb berwarna putih bersih, tapi sekarang kok ada warna coklat dibagian pinggul. Apa karena alas yg kotor atau memang seperti itu kalo sudah kawin ???

    2. Minum untuk tikus apa perlu ??? kalo diganti dengan buah atau sayur yg mengandung banyak air bagaimana ??? seperti apel, strawberry, dll

    3. Ada 1 mencit yg melahirkan 2 anak. Kok bisa cuma 2 ??? dari yg saya baca min. 3 ekor sekali melahirkan. Mungkin mas isroi tahu akan hal ini.

    4. Untuk pinggiran kandang sebaiknya menggunakan apa mas ??? selama ini saya menggunakan kawat dan kayu untuk penutup. Tapi sekarang udah rusak, sehingga tikus mudah keluar.

    Terima kasih atas jawaban yg diberikan sebelumnya. Salam Kenal

    • Terima kasih telah berkunjung.
      1. Tikus putih mestinya warnanya tetap putih. Coba dicek lebih detail, apakah karena kotor atau sebab lain. Kalau karena kotor bisa dibersihkan dengan sedikit air.
      2. Tikus seperti binatang yang lain perlu air untuk kehidupannya. Air bisa dari air minum atau dari air dalam makanannya. Kami biasanya selalu memberi air minum. Tapi untuk pengiriman jarak jauh yang tidak memungkinkan memberi minuman, kami ganti dengan makanan yang banyak mengandung air, seperti mentimun, bengkoang, atau yang lainnya.
      3. Tikus yang baru pertama melahirkan biasanya cuma beberapa anakan saja, tetapi dalam puncak produksi bisa banyak sekali, bahkan lebih dari 10 per sekali melahirkan.
      4. Untuk kandang kami menggunakan kawat, karena kalau kayu bisa digigiti sampai bolong.
      Semoga bermanfaat dan sukses usaha tikusnya.

      • saya mau tanya akhir2 ini indukan yg lagi bawa anak sering ada yg mati di bln2 ini kira2 apa sebabnya ya? terima kasih

  137. Salam kenal pak.. Sy tertarik dg budidaya tikus putih ini.. Yg ingin sy tanyakan wadah/tempat apa yg d gunakan untuk mengirimkan tikus k luar kota supaya sampai k tempat tujuan dg selamat dan aman??

    • Biasanya kami pakai bak plastik.

      • Maap y pak sy nyelonong lg nich.. Heee sy msh bingung dg wadah plastik pengirimannya, klu ndak ada udaranya apa mungkin dia bertahan?? Dan satu wadah pengiriman bs d isi dg rata2 brp ekor? Dan lg pakai wadah yg d pakai untuk anak,an itu jujur sj msh mahal y pak.!Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡. Heee.. Tdk sesuai dg harga yg d krmkan dg tempatnya.. Tlng sy d krm contoh gambarnya d sini bs y pak/klu tdk d twitter/fb sy @cindybarera.. Makacih..

  138. parlan sragen,

    mau tanya pak tkus anak maupun indukan skrng sering mati, perlu di kasih obat apa ya pak,…makasih sbelumnya,

  139. Pak Isroi kalau beli indukan dari bapak brapa harganya per pasang…dan ongkos kirim ke samarinda berapa pak???????

    • Lansung kontak ke:
      MANTO 085643907204 / 08812977756 / 085729833549

    • sudah saya tanya sama pak manto tapi bilangnya tidak melayani pengiriman ke luar daerah…pak isroi adakah teman atau kenalannya bapak yang di samarinda yang jual tikus putih?????sbelumnya terima kasih pak….

  140. mas isroi.. harga satuannya biasa jual berapaan yah? dan pasarannya kemana yah? ada saran?

  141. saya udah bwt kndg dan jg uda ada hamstr,dan rncna mau trnk tkus jg..sy mau tny?untk induk btina bisa branak smpe brapa kali?mksh

  142. saya mau tanya pak, biar indukan mencit bisa menghasilkan banyak anak betina gimana caranya? apakah pakan bisa mempengaruhi hal tersebut? saya biasa kasih pakan mencit saya pake layer (pakan anak ayam), nasi, mentimun dan hasilnya mencit saya kebanyakan menghasilkan anak jantan. trims

  143. pakai ongkos kirim gak
    harganya berapa

  144. Saya mau mencoba membiakkan tikus putih..apa bleh minta saran ny..makasi

  145. Semangat Pagi Pak isroi
    saya di Samarinda
    tu d poin ya
    berapa pemesanan minimum tikus Mencit (Mus musculus) + ongkir?
    tks.

  146. mas alhamdulillah tikus saya kmaren udh melahirkan, saya mau nanya ap ada makanan spesial untuk tikus yg menyusui dan untuk anaknya??oiya apa harus pake zeolit ato tetep pake sekam untuk anakan?

  147. mas awalnya anakan mencit ada 8 ekor, tp setelah seminggu tinggal 4 ekor mas, apa mungkin dimkan sama indukny mas?padahal makanan tiap hari saya kasih mas

  148. Chindy Herina Natu

    berapa harga tikus dan mencit per ekornya?
    sy sekarang di Makassar mau ka pesan untuk penelitian,,
    makasih

  149. H. Bambang Poernomo S.

    Saya punya beberapa pengalaman memelihara tikus putih dan mencit. Ada beberapa tips yang dapat saya bagikan, seperti berikut;
    1. Tikus dan mencit adalah hewan nokturnal, jadi aktif terutama di malam hari. Perkawinan pada umumnya dilakukan pada malam hari. Aktif kawin pada umumnya antara pk 22.00 – 24.00. Kalau ingin tahu sudah kawin atau belum segera periksa pada vagina tikus betina ada sperma pejantan (harus dengan mikroskop) atau adanya sumbatan vagina (vaginal plug). Yang terakhir ini dapat dilihat dengan mata telanjang. Dalam penelitian ini sering disebut sebagai hari ke 0 kebuntingan (atau hari ke 1 bergantung definisi peneliti).
    2. Pada dasarnya tikus jantan mempunyai daerah kekuasaan. Jadi tikus jantan dewasa sulit dicampur dalam satu kandang, kecuali ada satu yang jadi penguasa. Tikus jantan yang telah ada sebelumnya cenderung menjadi tuan rumah penguasa yang akan mengalahkan pendatang baru. Jadi kalau akan mencampur dua pejantan dewasa seumuran, keduanya harus masuk ke kandang yang baru dan diberi bebauan yang menghilangkan bekas bau kandang yang lama. Pengalaman saya, diberi minyak kayu putih sudah menghilangkan agresifitas antar pejantan remaja.
    Masih banyak tips yang lain, tapi untuk sementara sekian dahulu.

  150. mas sy mau tanya gmna cara nya membedakan jenis kelamin anakan tikus rattus norvegicus, kalo udh gede bisa di bedakan, tp yg masih kecil koq sekilas hampir sama ya ? mohon jawaban nya tq.

  151. david kristianto

    gan lokasi nya dimana?

  152. kalo di malang siapa yang ternak gan?

  153. bos tolg kasi bocoran dong.aq punya banyak tikus mencit ni.tapi susah cari pembeli.pa lagi daerah lamongan susah .. tolong dong yg tau pemask y hub aq 085 655 410 791

  154. inginnya mau ternak,pemasarannya yg bingung

  155. Pk saya punya peliharaan tikus putih n saya berniat budidaya,tp saya g tau dmn saya harus jualnya?

  156. saya udah brtrnak tikus putih tp knp induknya makan anak nya? gmn cara mnggulangi nya?

  157. Saya mau usaha budidaya tiput. Saya membutuhkan informasi mengenai anggaran yg dibutuhkan. Saya mau tanya harga perpaket 1 jantan 4 betina ? Harga pakannya pur ayam 512 perkg/karung ?
    Harga kandangnya ? Ukuran kandangnya untuk perpaketnya ?
    Saya butuh sekitar 1000 ekor tiput. Terima kasih.

  158. Saya baru memulai bisnis ini,sangat sangat menggiurkan memang. karena perawatan dan pemeliharaannya cukup simple. gak butuh tempat yg luas,dan modal banyak. jadi untuk hitung untungnya pun lebih gampang. saat ini saya baru cari tempat dan rekrut 1 orang untuk perawatan sehari hari. intinya,bisnis ini beda,makanya saya mau coba. jangan bisnis yg trend,jika trend berhenti bisnis tersebut biasanya surut.

  159. Kalau ke manto apakah bisa kontak melalu email. jika bisa,mohon kirimkan alamat emailnya ya…,terimakasih

  160. permisi abang dari daerah mana, saya bsa pesen gak buat pakan burung hantu nih, saya dari bogor. makasih

  161. rijol age putra fingerstyle

    kalo pengen beli tikus nya dmana ya .

  162. Assalamu’alaikum pak isro. Pak nama saya Pompi dari Bandung. Saya berminat usaha tiput ini. Maaf saya menganggu, pengen ngobrol banyak sama Bapak kalo boleh. Boleh saya minta nomor hp Bapak/WA/BBM?
    Tolong sms saya ya pak, ini no. hp/WA saya 085695475339. Makasih ya pak.

    • Silahkan kontak ke P Manto yg nomornya ada di kolom kanan atas.

      • hamdan syarif

        Pak isroi. Ijin tanya. Saya usaha tikus sudah 2 thun. Tapi baru kali ini mengalami rugi. Anakan tikus usia 1minggu pasti mati. Sudah ada 12 indukan yang mengalami hal sama. Itu sakit apa ya pak. Anakan tiba1 lemas.layu kurus lalu matimpadahal audah mulai putih. Trims pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s