Cara Mudah Melihat Kemurnian Bioetanol

Kemurnian bioetanol ini sangat penting, terutama bila bioetanol akan digunakan sebagai bahan bakar pencampur bensin. Kandungan air dalam bahan bakar akan merusak mesin. Ada cara yang sangat mudah untuk melihat kemurnian biotenol dengan memanfaatkan karakteristik yang khas dari biotenol ini.

Lapisan antara air dan bensin+etanol
Bioetanol memiliki ciri yang sangat khas. Bioetanol murni dapat bercampur dengan air. Campuran antara bietanol dengan air tidak bisa dibedakan dengan mata telanjang. Hebatnya lagi bioetanol murni juga bisa bercampur dengan bensin. Dan campurannya juga tidak bisa dibedakan dengan mata telanjang. Tetapi yang lebih menarik lagi adalah bensin tidak bisa dicampur dengan air. Campuran antara bensin dengan air akan membentuk dua lapisan. Lapisan yang bawah adalah air dan lapiran yang atas adalah bensin. Karakteristik ini dapat digunakan untuk melihat kemurnian bioetanol.

Caranya mudah sekali. Ambil sedikit bioetanol dan masukkan ke dalam botol atau tabung reaksi. Kemudian tambahkan bensin secukupnya juga. Terus kocok-kocok sampai tercampur merata. Didiamkan beberapa saat sampai gelembung-gelembungnya hilang. Apabila di dalam campuran itu terbentuk dua lapisan, maka bioetanol itu masih tercampur dengan air. Kandungan air yang masih dapat ditolelir untuk campuran bensin adalah 2%.

etanol
Etanol tampak jernih dan tidak berwarna. Ini adalah etanol dengan kadar 70%. Tidak terlihat perbedaan antara etanol dengan air.

Bensin

Bensin

Warna bensin sedikit kuning, karena diberi pewarna.

Lapisan antara air dan bensin+etanol

Lapisan antara air dan bensin+etanol

Apabila etanol yang mengandung air dicampurkan dengan bensin akan terbentuk lapisan yang memisahkan antara bensin dan air.


DOWNLOAD BIOETHANOL

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Handbook on Bioethanol: Production and utilization
bioethanol ebook download free gratis percuma

Biofuel for Transportation
bioethanol ebook download free gratis percuma

Panduan Membuat Distilator
bioethanol ebook download free gratis percuma

Advertisements

9 responses to “Cara Mudah Melihat Kemurnian Bioetanol

  1. mas kalo proses destilasi sederhana ala rumah tangga bisa kasih contohnya kah? tks

  2. mas,,masih banyak pertanyaan nih…
    dari penelitian yang saya lakukan, kadar glukosa yang didapatkan hanya sekitar 300 ppm berarti hanya 0,3 g. bisakah terbentuk etanol??
    satu lagi, berapa kira-kira etanol yang diperoleh?
    makasih ya mas isroi..

    • Kadar gulanya masih agak rendah, tetapi sudah cukup bagus. Kalau difermentasi bisa saja jadi etanol, tetapi kadarnya juga akan rendah, berkisar antara 0.1 g/l. Tambahan sedikit, kalau dihidrolisatnya juga ada inhibitor mungkin agak sulit difermentasi.

  3. assalamualaikum..
    emang rendah mas, waktu mendistilasi agak sulit…
    kalau dipersentasekan kira-kira berapa mas??
    dan bagaimana cara perhitungannya??
    sebelumnya makasih ya mas atas jawabannya..

    satu lagi mas, apa saja contoh inhibitor yang ada dihidrolisatnya itu mas?
    sekali lagi saya mohon bantuan mas,,

  4. mas yang baik hati
    sy mw tanya tentang Bensin yang dikocok menghasilkan lapisan yang memisahkan… yang paling bawah tentunya adalah air karena BJ lebih besar dari bensin. kemudian pertanyaan saya.. kemana kah si ethanol ini? dilapisan atas atau bawah? atau ada 3 lapisan yang terbentuk? harapan saya sih si ethanol ini ikut sama bensin.

    • Bensinnya sudah dicampur minyak kali…? Harusnya cuma ada dua lapisan air dan campuran bensin+etanol. Bensin etanol ada di lapisan atas.

  5. Assalamualaikum…
    Mas roi, ini sy mau nanya cara pembuatan ethanol dari bahan ampas tahu…brapa kilo ampas tahu yg dbutuhkan untuk mendapatkan 1ltr ethanol dgn kadar 10% saja..dan kalo boleh minta racikan cmpurannya mas..trimakasih.semoga allah memberi limpahan rizky dan kesehatan buat mas roi dan kluarga..amin

    • Wa’alaikum salam.
      Ampas tahu adalah bahan lignoselulosa. Jadi tidak bisa langsung difermentasi menjadi etanol. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Silahkan dibaca-baca artikel saya tentang etanol dari lignoselulosa.
      Sudah ada juga calculator untuk menghitung berapa perkiraan produksi etanol dari lignoselulosa.
      Silahkan dibaca-baca dulu. Kalau masih ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s