Mesin Pengering Pupuk Organik Granul (POG)

Buku Pupuk Organik GranulDalam sebuah pabrik POG mesin pengering merupakan salah satu mesin pabrik yang penting. Fungi utama mesin pengering adalah untuk mengeringkan granul yang baru saja dibuat di pan granulator. Mesin pengering yang paling umum digunakan adalah tipe rotary dryer. Mesin ini berbentuk tabung yang berputar dan diujungnya diberi ‘burner’.

Mesin pengering ada bermacam-macam, mulai yang paling sederhana sampai yang besar. Berikut ini beberapa mesin pengering yang pernah aku lihat di beberapa pabrik POG.

Pengering Sangat Sederhana (PSS)

Rotary Dryer yang dibuat dari sambungan drum bekas. Bahan bakar untuk burner yang dipergunakan adalah minyak tanah. Waktu itu harga minyak tanah masih sangat murah sekali. Mesin ini aku lihat di sebuah pabrik POG yang sangat-sangat sederhana. Menurut saya kreatif juga pengusaha (lebih cocoknya pegrajin) ini. Dengan modal yang cukup pas-pasan dia mencoba membuat sebuah pabrik POG. Tetapi melihat hasil pengeringan dan konstruksinya, mesin pengering ini kurang efisien. Meskipun begitu sudah cukup baik untuk skala kecil.


Pengering Ukuran Sedang

Rotary Dryer ukuran yang lebih besar ukurannya kurang lebih seperti foto di bawah ini. Pengering ini ada disebuah pabrik POG ukuran sedang dengan kapasitas produksi sekitar 5 ton per hari (satu line). Bahan bakar untuk burner yang dipergunakan masih menggunakan minyak tanah (maklum waktu itu minyak tanah masih sangat murah). Keistimewaan pengering ini adalah dilapisi dengan insulator/penghalang panas yang dibuat dari glass wool. Dengan cara ini tidak banyak panas yang hilang.

Pengering Ukuran Besar

Rotary dryer ini berada di pabrik POG yang besar. Kapasitas per line-nya rata-rata 8 ton per hari. Kalau pekerjanya terampil bisa mencapai 10 ton per hari. Diameternya cukup besar dan bahan bakar yang dipergunakan adalah solar. Mesin ini sangat efisien dan bisa mengeringkan granul dengan cepat. Kadar air yang keluar dari pengering ini kurang lebih 12-15%. Ini bocoran dari pemilik pabrik, katanya biaya pengeringan ini sangat murah meskipun menggunakan solar: kurang dari 100 perak. Salah satu keunggulan dari pabrik ini adalah suhu granul yang keluar dari mesin pabrik. Dengan sedikit inovasi, suhu granul yang keluar hanya 30oC.

Pengering Kapasitas Sangat Besar

Ini merupakan pengering terbesar yang pernah saya temui. Ukuran panjangnya kurang lebih 19 meter dan diameternya kira-kira 120”. Kapasitas yang besar ini dibuat untuk memenuhi kapasitas produksi pupuk organiknya. Bahan bakar yang dipergunakan adalah minyak hasil sulingan penduduk lokal. Mirip solar tetapi harganya sangat miring.

Bahan Bakar Pengering

Ada banyak pilihan bahan bakar yang bisa dipergunakan untuk mesin pengering. Beberapa tahun yang lalu ketika minyak tanah masih sangat murah, minyak tanah merupakan pilihan utama yang rasional untuk mesin pengering. Tetapi ketika saat ini harga minyak tanah sudah mahal, pilihan kedua adalah solar. Hanya saja harga solar untuk industri juga lumayan mahal.

Pilihan bahan bakar yang lain adalah batu bara. Batu bara sangat murah dan memiliki nilai kalori yang besar. Hanya masalahnya batubara menghasilkan limbah/polutan yang sangat berbahaya, misalnya: gas CO, CO2 dan fly ash. Fly ash sangat sulit diatasi dan rasanya tidak ekonomis untuk pabrik ukuran sedang.

Pilihan yang lain adalah dengan menggunakan kayu bakar. Jika di lokasi dekat pabrik banyak tersedia kayu, kayu bakar merupakan pilihan yang cukup baik. Biaya produksi bisa ditekan sangat rendah bila menggunakan kayu bakar. Hanya saja, pengusaha POG harus membangun instalasi tungku yang biayanya tidak murah. Selain itu pabrik akan banyak debu dan terlihat kotor.

***
Itu tadi beberapa pilihan pengering yang biasa digunakan di dalam pabrik POG. Pengering yang mana yang Anda pilih tergantung dengan beberapa faktor. Pilihan terbaik adalah mesin pengering yang bisa mengeringkan dengan cepat, tetapi biayanya murah.


Download buku yang lebih lengkap silahkan klik di sini: Daftar Buku Gratis.

Untuk sementara link-link di bawah ini tidak berfungsi, silahkan gunakan link yang ada di atas.

DOWNLOAD PUPUK ORGANIK

Silahkan didownload resources yang mungkin Anda perlukan juga:

  1. Buku Petunjuk Pupuk Organik Granul
  2. Buku Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT): Padi Sawah Irigasi
  3. Petunjuk Teknis Uji Mutu Pupuk Organik
  4. Standard Mutu Pupuk Organik
  5. Kompos
  6. SNI Dolomit
  7. Kompos Limbah Kakao
  8. Petunjuk Lapang PTT Padi
  9. Budidaya Padi Sehat
  10. Brosur Budidaya Padi Sehat
  11. Brosur Kompos Jerami
  12. Pengelolaan Lahan untuk Budiaya Sayur Organik
  13. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati
  14. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  15. Analisis Biologi Tanah
  16. Juknis Mutu Pupuk Organik
  17. Menuju Pertanian Lahan Kering Lestari
  18. Pembuatan Kompos-Balittanah
  19. Pemupukan Berimbang
  20. Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya
  21. Petunjuk Pengambilan Sampel Tanah untuk Analisis Biologi Tanah
  22. Compost Quality TestGermination Index Method
  23. Compost and Soil Conditioner Quality Standards 2005

Daftar bahan lain yang bisa didownload: Download Di Sini
Cara mendownload: Klik dua kali pada link yang akan didownload. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Kalau ada iklan yang muncul, klik aja iklannya atau langsung ke SKIP ADD yang ada di pojok kanan atas.

Advertisements

5 responses to “Mesin Pengering Pupuk Organik Granul (POG)

  1. Pingback: Tip Pupuk Organik Granul: Meningkatkan Efisiensi Pengeringan POG dengan Rotary Dryer « Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. Pingback: Mesin-mesin Pabrik Pupuk Organik Granul « Berbagi Tak Pernah Rugi

  3. Pingback: Tungku Kayu Bakar untuk Pengeringan Pupuk Organik Granul (POG) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  4. Pingback: PROBLEM & SOLUSI PENAMBAHAN MIKROBA BIOFERTILIZER DI DALAM PUPUK ORGANIK GRANUL (POG) « Berbagi Tak Pernah Rugi

  5. SUGIYO PRIYOTO

    Assalamualaikum Pak Isroi,

    Saya sedang mencari pembuat/penjual Masin Rotary Dryer untuk mengeringkan ampas Tapioka (Onggok) di Lampung. Mohon kiranya berkenan untuk menunjukkan atau memberi referensi kepada kami tentang pembuat/penjual Rotary Dryer dengan output minimal 5 ton per jam.

    Wassalam.
    Sugiyo Priyoto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s