Ternak Tikus (Rat) Putih

tikus mabokSelain tiput (tikus putih) atau mencit putih (Mus musculus) jenis tikus yang banyak diternakkan adalah tikus besar (Rat) yang nama ilmiahnya adalah Rattus rattus dan Rattus norvegicus. Tikus ini masih kerabat dekat dengan tikus rumah dan tikus got (wirok) yang besar-besar itu. Besarnya bisa sebesar marmut. Tetapi tikus yang diternakkan umumnya yang berwarna putih, jadi kelihatan lebih bersih dan tidak menakutkan.


Informasi tikus hubungi: Manto 085643907204

Baca juga: Tikus untuk Penelitian Laboratorium
Melayani Tikus (Rat) untuk penelitian. Tersedia Strain Wistar dan Spargue Dawley (SD), segala usia dan bobot tubuh.


Tikus Jaya


Pemasaran Rat putih sama seperti mencit putih (lihat postingnya di sini). Dan pasar tikus ini stabil. Ada peternak yang sudah memulai usaha ini sejak 7 tahun yang lalu, dan usahanya ini semakin bertembah besar.

rattus norvegicus
Tikus Rat putih yang diternakkan.

rattus norvegicus
Tikus putih muda yang beru berumur 1.5 bulan

anakan tikus putih
Anak-anak tikus yang baru disapih umur 20 hari

peternakan tikus
Peternakan tikus

rattus norvegicus

Advertisements

63 responses to “Ternak Tikus (Rat) Putih

  1. ternak sendiri yaa pak?
    pengen lihat ni di mana ya..
    ngeri2 lucu..

  2. kalo beli pipet/selang botol dimana? Saya ternak tikus putih jenis Rat, bulu pada punggung tikus botak, kenapa ya? Emang seringnya kasih sayuran, apakah harus dikasih daging?Kalo ekor tikus rat warnanya hitam rada kotor, apakah punya penyakit?

    • Pipa untuk botol beli di toko besi atau toko yang menjual material untuk mesin-mesin.
      Saya rasa punggung botak karena bulu rontok kemungkinan karena penyakit atau mal nutrisi. Tikus memang makan segalanya, tetapi seperti binatang ternak yang lain, gizinya juga harus seimbang. Kemudian juga perlu diperhatikan masalah sanitazi kandangnya. Kandang harus sering dibersihkan dan diganti alasnya. Diberi alas sekam atau yang lain.

  3. wah bgus jg pak
    kira2 jk ingin belajar gmn y pak?
    mslah pemasaran, perawatan dan semua hal mengenaI TIKUS PTH INI
    dan kira2 mbutuhkan modal brp?
    tlg blz ke email saya terima kasih

    • Saya sedang menulis bukunya, doakan semoga selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama. Karena banyak yang minta dan menanyakan tentang hal itu.

      • Wah.. menarik ni pak, saya juga sedang belajar budidaya tikus putih..
        Kalau sudah jadi saya kabari ya pak..
        Terima kasih

  4. mohon info alamat peternakan dan apakah boleh kunjungan
    dan pelatihan ternak

  5. pak kalau tikus bisa 4 betina 1 jantan tidak????
    saya mahasiswa, klo memalihara d kamar kos bagus ga ya?

    terimakaih info’a

    • Bisa aja, tapi sebaiknya 3 betina 1 jantan. Kalau di kamar kost bisa aja. Asalkan rajin membersihkan kandangnya, baunya tidak terlalu. Tapi tikus tetap bau lho..meskipun sedikit.

  6. salam kenal pak.mohon info hrganya semua jenis ya.tlg kirim ke email saya di kikabetta@yahoo.com.tq pak

  7. bukunya udah kluar belum pak..?oh iya makanan yg paling cocok untuk ternakan segitu banyak apa ya pak.?

  8. mohon info alamat peternakannya??

  9. saya sms pak manto ko gx da jawaban ya ??
    saya pengen neh ternak tikus putih…

  10. permisi pak, saya tertarik untuk beternak tikus putih. kalau boleh saya mohon dibagi ilmunya, kira-kira berapa modal awal yang diperlukan, dan apa saja kira-kira yang mesti dipersiapkan..?? terima kasih.

  11. pak saya dr kab batang. Ingin rasanya saya latihan ditempat bapak. Apa kira2 boleh dan butuh waktu berapa lama. Dan soal biaya gimana

  12. untuk gabung gimana nich……sya juga lagi ternak

  13. Pak,,, ada efek penyakit ke pemeliharanya ngga dari pemeliharaan ternak tikus ini, soalnya yang saya tahu tikus ini kan bisa membawa penyakit ke manusia

    • Memang salah tikus sering digunakan untuk percobaan penyakit pd manusia. Biasanya tikus yg diinfeksi penyakit. Tikus memang bisa jadi vektor penyakit untuk manusia. Namun, jika tikusnya sehat, tikus tdk menularkan penyakit ke manusia.
      Saudara saya & peternak tikus yg lain sdh bertahun-tahun memelihara tikus dan belum ada yg kena penyakit tikus. Teman saya salah satu peternak besar, sdh 8 tahun dengan 5 ribuan tikus, blm ada pegawainya yang sakit karena tikus.
      Jadi tidak perlu khawatir dg penyakit. Yg penting perhatikan kebersihan & kesehatannya.

  14. halo mas manto, masih inget saya?? ini sandi burhan yang di depok … mau nanya nih mas, apa aja sih penyakit dari tikus ini sendiri?? maksudnya penyakit tikusnya ya mas, bukan penyakit tikus yang ditularkan ke manusia.

    saya ada rencana join sama temen mau bikin peternakan tius kecil2an disini … mau tau penyakit yang mesti diwaspadai, khususnya yang bisa menyebabkan kematian pada tikus itu sendiri …

    makasih sebelumnya

    • Selama ini jarang tikus kena penyakit. Tapi memang kadang-kadang ada tikus yang mati. Atau diserang kutu. Biasanya tikus yang dipelihara di daerah dingin. Kalau di Depok hama kutu mungkin tidak ada.
      Kalau ada tikus yang sakit segera dipisahkan dari yang lain agar tidak segera menular ke temen-temennya.

  15. halo mas…
    saya tertarik dgn ternak tikus…
    mo nanya mas….klo dari segi minat biasanya orang berminat pada tikus apa ya mas?
    bukunya gimana mas sudah terbit???

    • Tikus untuk apa dulu, kalau untuk penelitian paling banyak rat, kalau untuk pakan bisa mencit atau rat.
      Bukunya tidak terselesaikan, tidak sempat memperbaikinya.

  16. saya tinggal di purwakarta jabar,saya bisa pesan tiput bwt budidaya?klo untuk wil saya ada distributornya g,soalnya saya kesulitan cari bibitnya?

  17. mnta tlg alamat n no telp yg bza dihub bwat ternak tikus putih

  18. Wah sukses terus ternak tikusnya om..
    Mau nanya, apa ada pemanfaatan dari limbah ternak tikus ini? Kalu serbuk kayu dan kotorannya di kemanakan ya om? Apa cocok jadi pupuk?

  19. kalo ciri ciri tikus sedang terkena sakit biasanya gmn ya(atau yg di serang kutu)
    trus cara nyembuhinnya gmn

    • Tikus yang sakit biasanya tidak mau makan, badannya kecil, dan bulunya berdiri. Sebaiknya tikus ini dipisahkan dari tikus yang lain. Ada obat untuk tikus yang terserang kutu, cuma lupa nama obatnya. Biasanya juga kutu menyerang tikus yang dipelihara di lingkungan yang dingin. Sebaiknya perhatikan sanitasi kandang dan lebih banyak sirkulasi udara.

  20. pa bos, knapa ya tikus putih saya badannya ga besar2, seperti normal biasanya.

  21. boss, lokasi dimana? alamat tepatnya? sy ke toko burung muntilan selalu kehabisan, pdhl sekali beli 5-10 ekor rat

  22. pakan yang murah dan efektif untuk ternak tikus putih apa ya mas????

  23. mas kalo untuk alas tikus itu sendiri baiknya pake apa ya ?

  24. ohhh
    untuk memulai kira2 bagusnya berapa ekor ya ?
    terus kalo tu mencit bunting hhrus dipisah dr pejantannya ga ?

  25. Hi Mas, salam kenal…
    sy baru mulai plihara tikus putih, tdnya krn dianter tmn ke pasr burung di bandung akhirnya plg kejkt bw ole2 tiput, lumayan mahal, beli yg da besar/indukan, satunya 15 rb, jd wkt itu beli 7 ekor= 100 rb, akhirnya krn ada 2 jantan didlmnya, 1 dibunuh ama tmnnya.
    yg menjd pertanyaannya dimn beli indukan yg lbh murah? spt yg disebut2 dimilis ini skitar 4 rb/ekor? trs apakah benar buat kandang tiput yg wadah dari plastik itu dibwh 10 rb? sy beli 15rb/biji didekat rumah…kira2 dimana bisa beli wadah yg murah spt itu? tks atas jwbannya…

    • Harga 4 ribuan biasanya bukan indukan. Kalau indukan memang harganya lebih mahal dari tikus yang untuk pakan. Kandang bisa dari wadah plastik asalkan cukup ventilasi dan sirkulasi udaranya. Saya tidak tahu tempat jualan plastik yang dekat rumah anda.

  26. mas kalo tikus nya beranak anaknya boleh ga di campur sama yg udah gede?
    kalo naro nyampur tikus beda ukuran brantem ga ya?

  27. sertifikat tikus rat itu seperti apa mas?tks

    • Surat pengakuan dari lembaga, seperti Fak. Kedokteran atau yang semacamnya yang menerangkan kalau galur tikus yang dijual adalah galur murni dan bisa digunakan untuk penelitian.

  28. Slm kenal yh mas,
    saya mahasiswa farmasi yang lagi penelitian menggunakan tikus(rat).Ada beberapa tikus saya yang kena penyakit,terjadi pembengkakan di daerah lehernya.kira-kira itu penyakit apa yh Mas?
    o’ia,sy jg berencana ingin beternak tikus untk penelitian tp msh kecil2an dlu,bisa minta tipsnya nggk mas?soalnya yang sy baca itu untk beternak tikus harus jauh dr pemukiman krna baunya yang tak sedap.
    Mohon bantuannya
    tks

    • Salam kenal juga,
      Saya tidak tahu penyakit apa itu. Krn tikus kami tidak pernah sakit seperti itu.
      Peternakan tikus rat seperti halnya ternak yang lain, apalagi kalau jumlahnya besar, sebaiknya letaknya jauh dari pemukiman. Masalah bau memang ada, asalkan dijaga kebersihannya dan sanitasinya, kandang tikus rat tidak sebau kandang ayam broiler.

  29. mau nanya nih mas, cara bedakan tikus jantan/betina macaman mas….???
    trus kalo kita beli tikus pakan, bs gak jadi indukan…???

    • Ada di posting yang lain cara membedakan tikus jantan dan tikus betina. Tikus untuk pakan bisa saja dikawinkan dan diternakkan. Cuma kualitas indukannya tidak tahu.

  30. salam kenal mas isroi
    mas cara buat makanan tikus yang kayaq pelet itu gmn yah??
    komposisinya apa aja??

    thx…(zaldi)

  31. salam kenal mas..baru akan memulai bisnins tikus..bbeberapa lagi akan mulai./.
    pakan pelet bagai amana membuatnya..

    trus wadah untuk makannya di taruh di dalam dengan lepek atau di sebar saja?

  32. pagi lagi…saya udah punya tikus..
    1 jantan 3 betina umur 1 bulanan..saat ini masih di pisah karena katanya klo belum umurnya klo di kawinin pas melaharikan anaknya tidak k urus..apakah itu benar?

    tikusnya d badanya ada kutunya..apakah tidak apa-apa?
    bagaimana menghilangkan kutunya?

    tikus yang jantan tidak aktif..dan g mw makan..itu sakit yah?di afkirkan atau gmn ya?

  33. Mas sy mau tanya kalo tikus rat dan mencit itu pakan nya apa yh?? Kmrn sy coba yg betina dan yg jantan di satukan tp betina nya gk ada tanda2 hamil ..
    Ciri2 tikus yg udh siap kawin itu di liat dr umur apa ada tanda2 lain ??
    Sy udh ksh pur ,, pelet sm nasi kafang gk di makan ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s