Daftar Situs Web yang Menyediakan Jurnal Ilmiah Ilmiah Gratis

Pustaka, literatur atau jurnal ilmiah sangat menentukan kualitas sebuah karya tulis ilmiah. Entah itu skripsi, thesis, disertasi, artikel ilmiah, poster atau yang lainnnya. Jaman dulu mencari jurnal ilmiah apalagi jurnal ilmiah internasional susah sekali, terutama artikel terbaru yang terkait dengan topik penelitian kita. Kita mesti berhari-hari bongkar buku-buku di perpustakaan, tetapi dapatnya cuma sedikit. Itu saja literatur yang sudah kuno.

Lahirnya ‘Dunia Maya’ membuka peluang yang sangat besar. Salah satunya dalam hal pencarian jurnal ilmiah ini. Mencari jurnal ilmiah menjadi sangat mudah. Tinggal buka browser, buka Google, ketik kata kunci –> Enter. Sudah keluar ratusan bahkan mungkin ribuan halaman website yang terkait dengan kata kunci itu. Google juga mengeluarkan produk layanan khusus untuk dunia pendidikan namanya: Google Scholar. Dengan fasilitas ini, hasil pencarian lebih terfokus pada jurnal-jurnal dan informasi ilmiah lainnya. Dengan Google Schoolar ini kita juga bisa mendapatkan jurnal ilmiah gratis full paper dalam format pdf. Tetapi dengan hasil pencarian yang sangat banyak, kita seringkali jadi binggung sendiri.


Baca juga: Melakukan Studi Literatur dengan Google Schoolar


Untungnya ada beberapa situs website yang menerbitkan literatur ilmiah dan ada sebagian yang bisa didownload full text secara cuma-cuma alias gratis. Enak sekali kan…. Berikut ini beberapa situs yang sempat saya kumpulkan dan sering saya kunjungi. Salah satunya karena kita boleh mendownload artikel di jurnal ilmiah dan literatur ilmiah lainnya secara gratis. Kadang-kadang di situs resmi publishernya jurnal ilmiah itu tidak tersedia gratis dan tidak bisa didownload, tetapi di situs lainnya bisa. Jadi jangan cepat pustus asa untuk mencari literatur ilmiah.

Library Genesis: Scientific Articles

Database jurnal ilmiah dari rusia. Ada banyak jurnal, artikel ilmiah, buku-buku literatur dan buku referensi yang bisa didownload dengan gratis. Rasanya, hampir semua artikel ilmiah internasional bisa didapatkan secara cuma-cuma di website ini. Silahkan dibuktikan sendiri.

BIORESOURCES

Saya sangat merekomendasikan situs ini, terutama yang banyak penelitian tentang biomassa dan biologi. Kualitas artikel jurnal ilmiah yang dimuat sangat bagus dan lengkap. Kita bisa mendownload semua artikel mulai dari yang pertama sampai yang terbaru secara cuma-cuma.

Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Website ini merupakan sebuah direktori yang memuat database jurnal-jurnal ilmiah internasional kategori Open Access, artinya full text dari artikel ilmiah tersebut bisa didownload gratis.

National Agricultural Library

Situs milik pemerintah Amerika Serikat. Situs ini menyimpan berbagai literatur ilmiah yang terkait dengan dunia pertanian. Meskipun website ini milik negeri Paman Sam, tetapi literatur ilmiah yang ada hampir dari semua negera. Banyak literatur-literatur baru yang di situs publishernya tidak bisa didownload, di situs ini boleh didownload.

 

NCBI

Singkatan dari National Center for Biotechnology Information. Situs ini sangat terkenal, terutama di kalangan peneliti genetika, karena banyak fasilitas yang diberika oleh situs ini. Jadi tidak ada salahnya kalau situs ini jadi tempat pertama untuk mencari jurnal ilmiah. PubMed juga berada di bawah NCBI.

PubMed

Juga milik pemerintah negeri Paman Sam. Meskipun judulnya U.S Library of Medicine of National Institute of Health, tetapi isinya sangat lengkap sekali. Banyak literatur yang bisa didownload gratis, bahkan lintas jurnal. Tetapi kita mesti bersabar, karena tidak semua literatur bisa didownload gratis.

 

Biotechnology for Biofuel

Online jurnal ilmiah khusus untuk biofuel. Dikelola oleh ahli-ahli biofuel dunia yang sangat disegani. Jadi kalau topik penelitiannya tentang biofuel, situs ini wajib pertama kali dikunjungi. Semua literaturnya, full paper-nya bisa didownload gratis.

Science Direct

Milik penerbit Elseiver. Situs ini merupakan gerbang utama untuk mencari literatur-literatur yang diterbitkan oleh Elseiver. Memang tidak semua literatur bisa didownload gratis, tetapi sebagian ada literatur yang bisa didownload gratis. Terutama yang ada tanda kotak berwarna hijau. Jadi dicari-cari saja, siapa tahu dapat yang gratis.

American Society for Microbiology

Perkumpulan mikrobiologi yang sudah sangat tua dan disegani. Perkumpulan ini menerbitkan beberapa jurnal yang menjadi rujukan utama para peneliti di bidang mikrobiologi. Banyak sekali literatur-literatur yang bisa didownload gratis. Kalau pun tidak bisa didownload kita bisa meminta mereka untuk mengirimkan copy-nya ke kita.

Canadian Journal of Microbiology

Masih tentang perkumpulan mikrobiologi, tetapi yang ini ada di Canada. Organisasi ini juga sudah sangat tua dan disegani. Jurnalnya cukup prestisius dan sangat bermutu. Banyak literatur yang bisa didownload gratis.

Mycologia

Situs resmi untuk jurnal Mycologia. Literatur-literatur yang sudah cukup berumur bisa didownload gratis. Lumayan.

JBC

Singkatan dari The Journal of Biological Chemistry. Sama seperti yang lain, beberapa literatur dari jurnal ini bisa didownload gratis. Memang tidak semua artikel ilmiah di jurnal Mycologia ini bisa didownload secara gratis.

SpringerLink

Penerbit jurnal-jurnal ilmiah yang disegani,sama seperti Elseiver. Situs ini juga menawarkan banyak sekali litertur yang bisa didownload gratis.

Online Biofuel Library

Situs yang dikelola oleh Keith Addison. Sangat lengkap untuk yang mau belajar tentang biofuel.

Scribd

Situs untuk hosting dokumen dan literatur. Tidak spesifik untuk jurnal ilmiah. Tetapi banyak orang yang menyimpan dan membagikan literatur dan jurnal-jurnal ilmiah atau informasi ilmiah lain yang cukup bermanfaat.

DocStoc

Mirip dengan Scribd, tetapi situs ini menawarkan program yang menarik untuk afiliasi dan refferel.

 

Saya rasa dengan situs-situs di atas sudah ribuan jurnal ilmiah bisa kita dapatkan, mungkin jauh lebih banyak daripada kita bongkar-bongkar buku di perpustakaan. Tetapi kadang-kadang kita menemukan jurnal yang, mungkin, sangat kita butuhkan. Sayangnya, dokumennya tidak bisa didownload gratis. Ada satu cara untuk mendapatkan dokumen itu. Ini pengalaman pribadi. Biasanya di dalam jurnal tersebut disebutkan alamat email untuk corresponding author. Nah, hubungi saja lewat email. Minta dengan baik-baik, dengan dibumbui sedikit sanjungan atas literaturnya. Saya pernah mendapatkan literatur baru gress langsung dari authornya hanya dalam waktu kurang dari 20 menit sejak saya kirim email. Luar biasa kan. Jadi tunggu apa lagi –> langsung aja ke TKP.

Daftar link website-website yang menyediakan pustaka ilmiah secara gratis juga bisa dilihat di kolom sebelah kanan bagian bawah. Klik aja di link atau nama-nama website tersebut.

Advertisements

6 responses to “Daftar Situs Web yang Menyediakan Jurnal Ilmiah Ilmiah Gratis

  1. Pingback: links for 2010-03-21 « Berbagi Tak Pernah Rugi

  2. Terima kasih atas info Pak.. Ini cukup bermanfaat untuk saya yg sedang menyelesikan tugas akhir dan topiknya adalah bioetanol.

  3. Pingback: Mendapatkan Pustaka Terbaru Langsung dari Authornya « Berbagi Tak Pernah Rugi

  4. terimakasih pak buat situs ini

  5. Terimakasih buat situs ini,… bijak dan semoga berkah… Amin

  6. Pingback: Studi Literatur dengan Google Schoolar | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s