Jamur Pelapuk Putih Kesayanganku

Hari-hariku terakhir ini kutumpahkan untuk makhluk yang namanya Jamur Pelapuk Putih (JPP). Dengan terpaksa aku lupakan yang lain demi JPP-ku. Mau ngak mau, dalam beberapa hal, masa depanku kupertaruhkan untuk JPP. Perhatianku, waktuku, pikiranku, dan tenagaku untuk sementara ini untuk JPP saja.

Jamur Pelapuk Putih

JPP tumbuh subur di atas TKKS tanpa sterilisasi



Kalau aku googling, kata pertama yang aku tulis adalah ‘white-rot fungi’. kalau aku nulis, jariku yang pertama bergerak adalah telunjuk-kelinking-kelingking. Kalau aku baca, kata pertama yang aku cari adalah JPP. Bahkan kalau aku ‘molor’ pun, aku mimpi tentang JPP.

Aku hanya ingin mengenal, mengerti dan memahami JPP seperti aku memahami diriku sendiri. Aku ingin tahu apa yang dia mau. Agar aku bisa berteman dan saling berbagi dengan JPP.

Kalau sudah begitu aku bisa minta bantuan apa saja pada JPP. Aku ingin dia memproduksi enzyme banyak-banyak, karena ternyata enzyme JPP banyak manfaatnya. Aku ingin dia merobak lignin banyak-banyak, karena lignin menghalang-halangi pemanfaatan selulosa. Aku ingin dia merombak lignoselulosa jadi pakan ternak, jadi pulp, jadi selulosa aja, atau jadi bahan baku untuk produk-produk lain.

Semoga.


Artikel saya tentang pemanfaatan jamur pelapuk putih:
BIOLOGICAL PRETREATMENT OF LIGNOCELLULOSES WITH WHITE-ROT FUNGI AND ITS APPLICATIONS: A REVIEW


Advertisements

9 responses to “Jamur Pelapuk Putih Kesayanganku

  1. wah.. suatu saat.. sampahsampah kayu kan tertangani dengan jamur ini

  2. Harapan Mas Roi adalah harapan Aku, Kami, dan umat manusia terutama yang cinta pada lingkungan ini dan menyerahkan segala pinjaman ini kepada anak cucu kita dlm keadaan yang baik….Go Mas …Go….!! Allah meridhoi Mas ROI

  3. untuk informasi saja Mas. Rayab juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan enzim pemecah lignin. coba diteliti juga Mas. ini hanya pengamatan lapangan Mas…. atas kerja rayab pada kayu yang lembab… pada ahirnya semuanya lapuk

    • Rayap tidak menghasilkan enzim ligninolitik, tetapi ada mikroba di dalam perut rayap yang memecah selulosa. sudah banyak penelitian tentang ini.

  4. mas roi saya mau meneliti jamur pelapuk putih (PC) gimana budidaya. media tumbuhnya. saya mau coba pada kulit buah kakao.
    terima kasih sebelumnya. kutunggu

  5. mas roi , apa jpp sudah dijual dipasar, n apa nama produknya n dimana kami bisa beli .
    makasih yaa mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s