Fotografi Hitam Putih

539044_10150962520821574_2095461163_n
((C) Ansel Adam Gallery)

Fotografi hitam putih istimewa, karena dalam warna duotone tidak ada warna yang salah. Orang akan fokus pada bentuk, garis, ‘tone’, dan pesan foto itu sendiri.

Fotografi hitam putih memiliki sejarah panjang, sepanjang sejarah kamera itu sendiri. Meskipun dunia fotografi sudah sedemikian maju, namun foto hitam putih masih tetap memiliki tempat tersendiri di dunia fotografi. Masih banyak fotografer-fotografer ternama masih setia dengan foto hitam putih. Sebut saja Alm. Pak Ansel Adam, bapak fotografi landscape, yang tetap setia dengan warna duotone, meskipun Pak Adam adalah konsultan untuk perusahaan film ternama. Pak Sebastiao Salgado, fotografer dokumenter, selalu menggunakan film hitam putih dalam karya-karyanya. Sally Man, fotografer Amerika, yang memanfaatkan nuansa suram dan mistis foto hitam putih dalam karya-karya fotografinya. Nick Brandt, fotografer binatang, memotret binatang di alam liar Afrika dengan sangat menajubkan dalam nuansa duotone. Banyak karya-karya foto humor Pak Elliot Erwitt adalah fotografi hitam putih. Beberapa majalah fotografi terkemuka juga menampilkan foto hitam putih di dalam majalahnya. Sebut saja majalah Lens Work. Karya fotografi hitam putih di dalam majalah ini sungguh luar biasa.

Rue des Ursins, 1900
Karya fotografi hitam putih klasik oleh Eugene Atget.

Dalam fotografi hitam putih hanya dikenal 2 warna utama; hitam dan putih. Gradasi warna dari hitam ke putih, dan perbedaan kepekatan (saturasi) warna hitam yang membentuk gambar di dalam karya foto itu. Tidak ada warna yang ‘salah’ karena pengaruh temperatur sumber cahaya. Tidak ada warna yang terlalu pekat (over saturated) atau warna yang pudar. Orang yang menikmati karya fotografi hitam putih akan focus pada ‘tone’ dan tidak akan terkacaukan oleh warna-warni yang lain. Kekuatan sebuah fotografi hitam putih terletak pada gradasi warna hitam putih itu sendiri.

The Root
The Tree (C) isroi

Fotografi hitam putih juga mengandalkan bentuk dan garis. Kombinasi bentuk, garis, dan gradasi warna hitam-putih membangun irama dalam sebuah karya fotografi hitam putih. Seringkali foto hitam putih terasa lebih dramatis dan lebih kuat pesannya daripada foto berwarnanya sendiri.

Objek fotografi hitam putih sama beragamnya dengan fotografi full color; misalnya: portrait, landscape, street photography, still-life, binatang, model, arsitektur, human interest, tanaman/bunga, dokumenter, dan lain-lain. Berikut ini beberapa karya fotografi hitam putih.

sally_mann_family_pictures_01
(C) Sally Mann

Sebastiao Salgado
(c) Sebastiao Salgado

Paul Nadar
(c) Paul Nadar

Nick Brandt
(c) Nick Brandt

Hitam Putih

Fotografi asik dengan kamera saku

Buku Fotografi Asik dengan Kamera Saku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s