Tips MS Word: Melakukan Perhitungan dalam Tabel

tabel MS Word isroi.com

Mungkin tidak banyak yang tahu jika dengan MS Word juga bisa melakukan perhitungan di daam tabel. Microsoft sudah menyediakan applikasi MS Excel yang khusus untuk tabulasi data dan melakukan perhitungan-perhitungan. Tabel MS Excel juga bisa dicopy-paste atau dilinkkan ke dokumen MS Word. Namun, di dalam tabel MS Word pun juga bisa dilakukan perhitungan seperti halnya dengan MS Excel.

Rumus-rumus yang tersedia di MS Excel bisa dipakai di tabel MS Word. Memang pemakaiannya tidak senyaman di MS Excel. Namun demikian, fasilitas ini cukup membantu untuk membuat perhitungan-perhitungan sederhana di tabel MS Words.

Untuk bisa melakukan perhitungan di tabel MS Word, pertama perlu dipahami dulu cara penomoran sel pada tabel MS Word. Penomoran sel sama seperti pada MS Excel. Untuk baris dikodekan dengan angka, sedangkan kolom dikodekan dengan huruf. Perhatikan gambar di bawah ini.

tabel MS Word isroi.com

Jadi untuk sel dari kolom A dan baris ke 1 ditulis A1; kolom C baris ke-6 ditulis C6. Begitu seterusnya. Kalau di MS Excel nama baris dan kolom tertulis di bagian atas dan sisi kiri tabel. Kalau di tabel MS Word tidak ada, jadi kita harus menadainya sendiri.

Setelah memahami penamaan sel pada tabel MS Word, kita baru bisa menggunakannya untuk melakukan perhitungan di dalam tabel MS Words. Perhitungan di dalam tabel menggunakan ‘field’. Jadi sedikit berbeda dengan pada tabel MS Excel. Rumus-rumus perhitungannya sama seperti pada MS Excel, hanya cara memasukkan rumus itu saja yang beda.

Misalnya, kita akan melakukan penjumlahan pada angka-angka yang ada di dalam sel A2, B2 dan C2. Maka rusus perhitungannya adalah “=A1+B2+C2”.

Perhitungan di dalam tabel MS Word dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Letakkan kursor pada sel yang akan digunakan untuk menampung hasil perhitungan.
  2. Klik menu Tabel>Formula, atau tekan tombol Alt+F9. Perintah ini akan menampilkan menu untuk memasukkan formula/rumus.
  3. Masukkan rumusnya ke dalam kolom yang disediakan, misalnya: “=A1+B2+C2”.
  4. Tekan tombol “OK”. Hasil perhitungan akan langsung tercantum pada sel tersebut.

tabel MS Word isroi.com

Cara ini bisa juga digunakan untuk melakukan formula-formula yang sudah ada di dalam MS Word atau MS Excel. Misalnya, perintah SUM (jumlah), AVR (rata-rata) dan seterusnya).

Mudah sekali bukan. Silahkan dicoba.

Advertisements

4 responses to “Tips MS Word: Melakukan Perhitungan dalam Tabel

  1. Fungsi drag jika rumus sdh ketemu bisa digunakan pak?

  2. Tks. share ilmunya pak, sangat berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s