Menanam Jati di P. Sumatera

Sedikit tidak lazim kalau ada orang yang menanam jati di pulau Sumatera, karena kondisi tanah dan lingkungan di wilayah ini kurang cocok untuk jati. Selama ini pohon jati lebih banyak ditemui di pulau Jawa, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kota-kota seperti: Blora, Cepu, Batang, Pekalongan, Madiun, Ngawi, Pacitan, Ponorogo dan beberapa kota lain sangat terkenal dengan pohon Jati. Di wilayah ini jati dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan jati kualitas nomor satu. Tapi bukan berarti jati tidak dapat di tanam di pulau selain pulau Jawa. Tulisan ini sekedar tukar pengalaman berdasarkan apa yang aku saksikan di P. Sumatera.

Jati ditanam dengan jarak 3 x 3 m. Dibuat lubang penanaman dengan ukuran 50 x 50 cm. Agar lebih efektif lubang dapat dibuat dengan menggunakan bor dan traktor. Di lubang-lubang yang telah dibuat ini selanjutnya diberi kompos sebanyak 30 kg/lubang. Bibit jati yang telah siap tanam kemudian di tanam di lubang tersebut. Sekali lagi kompos diberikan di sekitar tanaman jati muda. Kompos yang diberikan sebanyak 30 kg/tanaman. Pupuk dasar lain yang juga diberikan adalah …kg Urea, …kg KCl, … kg Kiserit, dan …kg super dolomite.

Penambahan kompos di dasar lubang tanam dan permukaan sekitar tanaman ternyata dapat memingkatkan pertumbuhan tanaman jati. Pada umur yang sama bibit jati yang diberi kompos tumbuh lebih besar, lebih tinggi, dan lebih subur daripada bibit jati yang tidak diberi kompos. Bibit jati yang tidak diberi kompos tampak kerdil.

Di tempat tersebut ada beberapa tanaman jati yang sudah ditaman selama 5 tahun. Dengan metode tersebut tanaman jati tumbuh sangat subur. Diameter batang jati ada yang sudah mencapai 40 cm.

Tanaman jati yang ditanam dari biji ternyata lebih baik daripada jati yang berasal dari kultur jaringan. Jati yang berasal dari biji tumbuh lebih kokoh dan tidak mudah patah. Sepanjang yang aku lihat, jati-jati ini tidak ada yang patah, rebah, ataupun tumbuh melengkung. Sedangkan jati dari kultur jaringan lebih mudah patah, diameter batang lebih kecil, mudah rebah/patah sebagian tumbuh melengkung. Jati ini perlu dibuatkan penyangga agar tidak patah.

membuat lubang dengan traktor
Gambar 1. Membuat lubang penanaman dengan bantuan traktor

lubang tanam jati
Gambar 2. Luang penanaman yang dibuat dengan traktor

pemberian kompos di lubang tanam
pemberian kompos di lubang tanam
Gambar 3. Bagian dasar diberi kompos 30 kg atau satu karung

jati muda diberi kompos di atas tanah
Gambar 4. Kompos ditambahkan lagi di sekeliling tanaman sebanyak 30 kg juga

jati muda yang sudah diberi kompos
jati muda yang sudah diberi kompos
Gambar 5. Tanaman jati muda yang diberi kompos

tanaman jati yang tidak diberi kompos
Gambar 6. Tanaman jati yang tidak diberi kompos tumbuh merana. Umur tanaman ini 5 bulan dan diberi pupuk kimis 100% dosis anjuran.

tanaman jati yang diberi kompos
Gambar 7. Tanaman jati yang diberi kompos tumbuh dengan subur meskipun dosis pupuk kimianya hanya 50% dari dosis anjuran. Umur tanaman ini juga 5 bulan difoto dalam waktu yang sama dengan Gambar 6.

4 responses to “Menanam Jati di P. Sumatera

  1. kalau untuk jati umur 4 tahun, sebaiknya pemupukannya bagaimana? terima kasih

  2. Pingback: Teknologi dalam Dunia Pertanian (IF-3/10108092) « Blog-ku

  3. PUNYA INFORMASI TENTANG HARGA TANAH DI PULAU SUMATRA SOALNYA SAYA TERTARIK INGIN MENANAM JATI CM TERKENDALA LAHAN DAN MODAL

    • Maaf, tidak punya informasi seperti itu. Setahu saya harga tanah berbeda-beda di setiap tempat. Di tengah hutan ada yang cuma 2 juta harganya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s