Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah Bioetanol

auksin

sitokinin

giberelin

Industri bioetanol atau etanol diperkirakan akan terus berkembang di masa-masa yang akan datang. Etanol memiliki beragam manfaat, seperti pelarut dan bahan bakar (biofuel). Etanol dimanfaatkan oleh berbagai macam industri, misalnya: industri farmasi, makanan, minuman, oleokimia, dan lain-lain. Pertumbuhan permintaan etanol cenderung meningkat.

Seperti halnya industri-industri yang lain, industri etanol juga menghasilkan limbah. Salah satu problem industri antara lain adalah pengelolaan limbahnya. Semakin besar industrinya akan semakin besar pula limbah yang dihasilkan.

Untuk indusrti etanol, limbah industri ini cukup memberikan masalah. Sebagai contoh, industri etanol di daerah cirebon pernah tidak berproduksi karena masalah pengelolaan limbah. Di daeran bekonang solo, limbah dari industri etanol kecil dialirkan ke selokan dan irigasi. Limbah ini cukup berbau dan mengganggu lingkungan.

Masalah pengelolaan dan pemanfaatan limbah industri etanol ini perlu mendapatkan perhatian untuk mengantisipasi problem limbah etanol di masa depan. Pengelolaan dan pemanfaatan limbah yang kurang tepat bisa merusak lingkungan dan bisa menelan biaya yang tidak sedikit.

Limbah etanol yang sering juga disebut dengan vinase atau distilet memiliki karakteristik yang khas. Limbah ini bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi pupuk organik cair (POC). POC memiliki harga jual yang cukup tinggi sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi industri etanol. Vinase diolah sedemikian rupa sehingga menjadi produk POC yang bisa menyuburkan tanaman.

Aplikasi POC ini bisa digunakan untuk semua jenis tanaman, semua komoditas, dan semua iklim atau tempat. Pemanfaatan POC bisa mengurangi atau pun mensubtitusi penggunaan pupuk kimia. POC dari limbah industri etanol ini tergolong pupuk organik, sehingga relatif lebih ramah lingkungan.

Dalam skala nasional pepanfaatan POC ini bisa mengurangi konsumsi pupuk kimia dan mengemat anggaran negara. Jika dilihat dari sudut industri, pengolahan ini bisa memberi income tambahan bagi industri.

Pengolahan limbah etanol menjadi POC cukup sederhana dan tidak terlalu rumit. POC bisa dibuat dengan biaya yang cukup murah dan tidak memerlukan peralatan yang rumit. Namun, proses pembuatannya memerlukan ketelitian, dan kehati-hatian.

POC dari vinases bisa juga dikombinasikan dengan pupuk lain yang sudah beredar di pasaran, seperti pupuk hayati, atau POC laiinya.POC yang dibuat juga harus dibuktukan terlebih dahulu sebelum dipakai dalam skala yang luas.

Limbah vinase tidak lagi menjadi limbah, tetapi menjadi produk samping.

Advertisements

26 responses to “Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah Bioetanol

  1. saya ingin mas isroi menampilkan tulisan pertanian metode organik murni tanpa kimia dan hasil panennya dari tahun ke tahun…

  2. asw. mas isroi

    saya boleh minta prosedur atau caranya gimana supaya dari vinasse bisa jadi pupuk cair yang mas jelasin di atas? juga bahan tambahan apa aja yang sebaiknya ditambahin?…makasih

  3. kalau berkenan mohon dapat diberikan proses pengolahan limbah bioethanol dari molase ini ;bagaimana proses, alat2 (mesin) yang diperlukan atau bahan apa aja supaya jadi poc . makasih atas berkenannya

  4. bagaimana mas kalau tidak keberatan dikirim ke e-mail saya prosedure pengolahan poc dari limbah cair bioethanol dari molase

  5. Selamat siang mas,
    Saya ada buat ethanol skala rt berbahan molases. Mohon saya diajari cara membuat poc, tolong dibalasw ke email saya pribadi. Terima-kasih.

  6. saya sangat tertarik dengan pengolahan poc ini , apa boleh saya minta alamat /hp dari mas terima kasih.

  7. saya sedang melakukan eksperimen menanam sawi (caisim) dengan menyemprotkan limbah molase yang telah saya campur dengan air.apakah ini tidak berbahaya bagi tanamannya?masih amankah untuk dikonsumsi? terima kasih.

  8. Mas, saya baru memulai proses bio etanol dari bahan tetes tebu. Yang jadi problem adalah limbahnya yang terbuang, atau jika dijual harganya murah banget. Saya ingin mengolah menjadi pupuk cair organik. Gimana caranya ? Yang jadi persoalan lagi, kalau udah jadi pupuk organik cair, pasarnya gimana. Bisa beri solusi atau kalau bisa kerjasama gitu. Terima kasih.

    • Saat ini pemerintah mengabungkan subsidi pupuk organik padat granul dengan pupuk cair. Saya rasa pasarnya terbuka lebar, cuma belum ketemu saja. Cara kedua dijual sendiri. Mamang agak sedikit repot, tetapi langkah ini cukup menjanjikan. Selamat berjualan pupuk organik cair.

  9. Sidik Widarno,S,Si

    Mas, Selain limbah bioetanol, bahan lain apa saja yang dipakai untuk menjadikan POC ini dan bagaimana proses pembuatannya.
    Saya sedang proses bioetanol skala 50 liter perhari dan kewalahan dalam hal limbahnya, mohon bantuan informasi nya di emailkan ke : sidik_w@yahoo.co.id
    terimakasih

    Sidik Widarno
    Kab.Langkat Sumut

  10. Pingback: Konsep ‘Zero Waste’ pada Industri Bioetanol « Berbagi Tak Pernah Rugi

  11. jika ada yang mau bagaimana buat pupuk organik cair dan kultur bakteri dari limbah bio etanol atau limbah lain saya punya ebooknya.

  12. Pingback: POC dari LCPKS, Mungkinkah??? « Berbagi Tak Pernah Rugi

  13. sore mas..kalau diperbolehkan saya ingin tau cara pembuatan limbah cair dari limbah bioethanol,tentang mikroorganisme yang digunakan dan bahan-bahan yg ditambahkan,mohon bantuannya.terimakasih.

  14. gimana cara mengolah limbah bioetanol menjadi poc

  15. Assalamualaikum Pak Isroi…
    Limbah ethanol memang sangat berpotensi untuk dijadikan bahan POC selain kadar C organik yang tinggi juga memiliki kandungan NPK yang lumayan.Namun PH yang rendah,korosif dan COD dan BOD yang tinggi membuat jadi tantangan tersendiri.Saya pernah mendapat sample limbah ethanol dari sebuah perusahaan di Jombang beserta hasil Lab dari Sucofindo.Iseng2 saya utak-atik alhamdulillah setelah saya lab kan lagi ada peningkatan C organik,N,P,K,PH naik mendekati 5.Sya cobakan ke tanaman (padi,jagung,kedelai,tomat) dengan konsentrasi 5cc/liter lewat daun ada peningkatan jumlah anakan,tinggi tanaman,luas daun,jumlah daun dari pada kontrol….
    Wassalam,

  16. Aslm mas saya mau tanya bisa/nggak limbah ehanol untuk tanaman singkong? karena di daerah saya banyak petani singkong.

  17. Aslm mas saya mau tanya bisa/ngak limbah ethanol untuk memupuk tanaman singkong? karena di daer

  18. mas roy selamat siang / mas saya mau minta solusi , sya kerja di perusahaan penghasil ethanol ,dengan bhan dari molase, tentu saja limbah banyak , gimana mas caranya, menurut pengalaman selama ini trimakasih atas bagi ilmunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s