Catatan Kuliner: Bermacam-macam Kuliner Jajanan Jenang di Magelang Jawa Tengah

This slideshow requires JavaScript.

Jajanan jenang mungkin bisa ditemukan di mana-mana, tetapi di Magelang ada warung yang menyediakan jenang yang unik dan nikmat. Lokasinya di dekat pasar Tukangan Magelang, ada warung jenang yang berjualan di emperan toko di atas trotoar jalan. Jenang yang dijual di warung ini bervariasi, unik, dan rasanya nikmat. Jenang yang dijual di warung ini antara lain adalah: jenang candil, jenang ketela, jenang mutiara, jenang kacang ijo kupas, jenang sagu ambon, dan yang paling unik adalah jenang jewawut.

Kalau kebetulan Anda sedang lewat kota Magelang dan suka mencoba kuliner, rasanya tidak rugi kalau mampir sejenak di warung jenang ini. Tidak sulit menemukan warung jenang ini. Letaknya di tengah kota. Jika Anda dari arah Semarang, langsung saja melalui jalur utama lewat jalan Pemuda (pusat pertokoan kota Magelang), sebelum pasar gede Magelang ada pertigaan ke kanan menuju pasar tukangan. Di perempatan pasar tukangan belok ke kanan sedikit. Jika Anda dari arah Yogyakarta atau Purworejo, jalan terus melalui jalan utama sampai ke pasar gede Magelang. Dari pasar gede belok ke kiri, sebelum RSU Magelang di pertigaan pertama belok ke kanan terus sampai ke perempatan pasar tukangan. Warung jenang ini tidak jauh dari perempatan pasar tukangan.

Kuliner Jenang Magelang Jawa Tengah

Jenang Kombinasi Jewawut dan Kacang Hijau Kupas

Jenang Candil, jenang mutiara, dan jenang sumsum mungkin banyak ditemukan di tempat lain. Terutama di kota-kota di Jawa Tengah. Jenang yang cukup unik dan rasanya sangat jarang atau mungkin tidak dijumpai di kota lain adalah jenang jewawut. Ketika saya masih kecil, jewawut banyak digunakan untuk pakan burung perkutut. Bentuknya yang butiran-butiran kecil sangat disukai oleh perkutut. Saya baru tahu ternyata jewawut bisa dibuat makanan jenang yang lezat.

Jenang yang rasanya juga nikmat adalah jenang kacang hijau kupas. Umumnya jenang atau bubur kacang hijau yang banyak dijual tidak dikupas kulit arinya. Jenang kacang hijau yang dijual di warung ini dikupas kulit arinya yang berwarna hijau. Rasa jenang ini menjadi lebih lembut dan lebih gurih. Jenang jewawut dan jenang kacang hijau kupas merupakan salah satu menu kuliner jenang favorit saya.

Ketika membeli jenang kita bisa minta kombinasi berbagai macam jenang. Misalnya jenang kacan hijau dengan jenang jewawut, jenang candil dengan jenang sumsum. Kombinasi jenang bisa lebih dari dua macam, tergantung selera dan kesukaan.

Advertisements

3 responses to “Catatan Kuliner: Bermacam-macam Kuliner Jajanan Jenang di Magelang Jawa Tengah

  1. bukan e itu nama2 bubur,mas??!?msok jenang?

    • Memang kadang-kadang disebut bubur, tapi orang Magelang menyebutnya jenang. Orang Magelang menyebut bubur untuk bubur nasi putih biasanya.
      Terima kasih sudah mampir…

  2. jenang gempol…..,,JOOOOOS !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s