Catatan buku: Setan Angka; sebuah petualangan matematika

image
Buku “Setan Angka”; foto koleksi pribadi.


Baca catatan buku yang lain: BUKU


Buku cerita petualangan yang menarik karya Hans Magnus Enzensberger. Buku cerita ini bukan buku cerita biasa, tetapi cerita yang syarat dengan ‘palajaran matematika’.  Hans menulis cerita yang menjadikan pelajaran matematika sebagai petualangan yang mengasikkan.

Dari nama pengarangnya buku ini jelas buku terjemahan. Mengeja namanya bisa membuat lidah keseleo. Hans Magnus Enzensberger adalah penulis terkenal di Spanyol. Bukunya ini sangat terkenal dan sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Di Jerman saja, konon, bukunya sudah laku 130rb exemplar.

Buku ini bukan buku baru. Saya menemukannya terselip di rak perpustakaan kota Bogor yang berdebu. Di halaman judulnya tertulis: cetakan pertama 2007, cetakan kedua 2007. Artinya terjemahan buku ini sudah berumur 7 tahun. Buku aslinya sendiri ditulis tahun 1996. Di kartu belakangnya tertulis kalau buku ini baru sekali di pinjam. Buku yang kurang laku. Saya adalah peminjam kedua.

Buku ini bercerita tentang Robert, seorang anak kecil yang tidak suka dengan pelajaran matematika. Robert selalu bermimpi yang menyeramkan setiap malam. Hingga suatu ketika Robert bermimpi bertemu dengan setan angka. Sekali lagi ‘setan angka’ bukan ‘angka setan’.

Setan angka mengajak Robert bermain dengan angka-angka alias matematika. Padahal Robert membenci pelajaran itu. Permainannya seperti tebak-tebakan sederhana. Cerita dimulai dengan kisah angkan 1 dan bilangan tak terhingga lainnya.

Mimpi Robert bersambung ke malam-malam berikutnya. Dan, Ronbert kembali berpetualang dengan lautan angka2.

Jangan khawatir, Anda tidak akan dijejali dengan perhitungan dan teori-teori yang ‘njlimet’. Justru kebalikannya. Bermain angka2 menjadi begitu mengasikkan. Anda akan diajak memahami tentang penjumlahan, pengurangan, pembagian, bilangan prima, dan lain2. Bahkan, Anda tidak perlu kalkulator untuk membaca buku ini.

Di dalam buku ini banyak ilustrasi matematika. Ada ilustrasi perhitungan2 sederhana dan teka-teki yang disampaikan dalam isi ceritanya. Sesekali kita perlu coret-coret untuk mengerjakan soal-soal matematika.

Setelah membaca buku ini akan terbuka wawasan kita dan (mungkin) akan merubah cara pandang pembacanya tentang matematika yang menakutkan.  Matematika dan permainan angka-angka menjadi mengasikkan.

Saya minta anak-anak saya untuk membaca buku ini. Meskipun awalnya mereka enggan membacanya, setalah membaca beberapa lembar mereka meneruskan membaca.

Saya merekomendasikan buku ini untuk dibaca oleh orang tua, guru matematika, dan pelajar sekolah. Buku ini bisa memberikan pencerahan dalam proses pembelajaran matematika yang seringkali dianggap ‘momok’ bagi pelajar.

Selamat membaca.

Baca juga : Catatan Buku.

image

Advertisements

3 responses to “Catatan buku: Setan Angka; sebuah petualangan matematika

  1. matematika, padahal mbok tukang sayur juga pinter ya mas, tp klo di sekolahan kok do takut sama matematika ????

  2. bisa dapet dimana ya buku ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s