Tip Fotografi: Pass photo dengan Kamera HP

passphoto dengan kamera HP

Passphoto Ibrahim.


Passphoto yang berukuran 3×4 atau 2×3 banyak kita perlukan untuk mengurus berbagai dokumen, mulai dari KTP, ijazah, SIM, surat pengantar, asuransi, BPJS, dan urusan ‘tetek bengek’ lainnya. Jaman dulu kita perlu pergi ke studio foto untuk mendapatkan passphoto itu. Tapi kini dengan kamera yamg ada di HP pun kita bisa membuat passphoto sendiri.

Kualitas dan resolusi kamera ponsel/ smartphone sudah lebih dari cukup untuk membuat passphoto yang berukuran kecil. Kamera ponsel ini bisa kita manfaatkan foto setengah badan. Bagian yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan dan background/latar belakang. Pertama-tama kita perlu mencari latar belakang yang bersih. Saya biasanya memakai tembok yang bersih. Warna tembok sebaiknya terang, bisa warna putih, krem, biru muda atau warna lainnya. Kalau tembok Anda tidak ada yang bersih, boleh juga pakai tembok tetangga.

Berikutnya adalah pencahayaan. Perhatikan pencahayaan yang ada. Lokasi memotret sebaiknya cukup cahaya dan cahayanya lunak (soft). Maksudnya cahayanya tidak kontras. Cahaya merata ke semua bagian. Jika perlu bisa memakai reflektor dari kertas putih/lembaran styrefoam untuk menyeimbangkan pencahayaan.

Yang tidak kalah penting adalah orang yang difoto. Sebaiknya orangnya sudah mandi dan bersih. Pakai pakaian resmi, kalau perlu pakai jas dan dasi meski cuma atasannya saja. Rambut disisir rapi pakai minyak rambut. Jangan lupa pakai minyak wangi agar fotografernya tidak pingsan gara-gara bau badan.

Nah setelah itu posisikan orang yang akan difoto di depan tembok. Jangan menempel ke tembok, tapi agak maju sedikit kira2 setengah meter. Ketila memotret kamera tegak lurus sejajar dengan kepala/mata. Jangan terlalu ke atas atau ke bawah. Atur jaraknya agar setengah badan bisa masuk ke dalam frame kamera. Atur kamera dengan mode portrait/close up. Setelah fokus baru pencet tombol kamera. Review foto yang barusan di ambil. Jika kurang bagus ulangi terus sampai dapat foto yang paling bagus. Kadang-kadang saya memotret sampai 20 kali jepretan. Foto2 yang jelek tinggal dihapus saja.

Langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengedit foto. Foto yang baru diambil biasanya masih sangat mentah. Anda bisa menggunakan applikasi pengolah foto apa saja. Perbaiki kualitas foto dengan mengatur pencahayaan, white balance, kontras, dan jika perlu di-cropping.  Foto yang sudah jadi tinggal dibawa ke kios cuci cetak.

Sudah jadi. Mudah sekali, kan?
Salam jepret.

passphoto Yusuf

Muhammad Yusuf Abdurrahman

passphoto arroyan dengan kamera hp

passphoto Arroyan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s