GastrofaC: Minyak Atsiri untuk Penghematan Bensin

image

Hari ini saya kepingin mencoba salah satu inovasi dari Balittro yang menggunakan minyak atsiri sebagai bahan aditif untuk menghemat penggunaan BBM. Karena kendaraan saya minum bensin saya coba yang GastrofaC yang diformulasikan khusus untuk motor bensin/mobil bensin.

Klaim dari inovatornya yang saya peroleh dari website Balittro bahwa produk ini bisa menghemat BBM dari 20-40%. Ini luar biasa lho. Mestinya diapresiasi oleh pemerintahan sekarang meningkatkan harga bensin sebesar Rp. 1.500. Kalau klaim ini terbukti benar, yang minimal saja 20%, bisa mengurangi beban kenaikkan BBM.

Hitung2 kasarnya begini:
GastrofaC harganya Rp. 31.500 per 30ml. Pemakaiannya 1 ml per liter bensin. Jadi setiap 1 ml harganya Rp. 1.050.
Bensin harganya sekarang Rp. 8.500 + gastrofac Rp. 1.050, harga totalnya = Rp. 9.550 per liter.

Dengan asumsi penghematan 20%, penghematannya senilai 20% x Rp. 9.550 atau Rp. 1.910. Pengeluaran orang menjadi Rp. 7.640. Atau hanya mengalami kenaikan sebesar Rp. 1.140,  meskipun harus memberli GastrofaC dengan harga Rp. 1050 per ml.

Andaikan penghematannya bisa pool seperti yang diklaim sebesar 40%, akan lebih fantastis lagi, yaitu sebesar Rp. 3.840. Atau pengeluarannya menjadi Rp. 5.730. Nilai yang lebih rendah dari harga sebelum subsidi naik.

Jika dilihat secara nasional akan sangat luar biasa sekali penghematannya.

Saya tidak tahu apakah temuan ini pernah disampaikan ke presiden kita atau minimal ke menteri2 terkait. Inovasi bangsa sendiri semacam ini sangat perlu didukung. Apalagi kabarnya pengalihan subsidi itu akan digunakan untuk hal2 yang bermanfaat. Menurut saya ini salah satunya.

Setelah saya cium baunya, minyak yang dipakai untuk GastrofaC adalah minyak sereh. Keluarga saya sering memakai untuk pengusir nyamuk. Baunya harum. Bensin pun akan menjadi lebih harum.

Minyak sereh berasal dari bahan yang terbarukan. Ini bagus, karena lebih ramah lingkungan. Seperti halnya Biofuel (Bioethanol dan Biodiesel) Sereh mudah ditanam di Indonesia. Saya rasa bisa mencukupi jika produk ini diproduksi secara nasional.

Jaman muda dulu….(ciee…), awal tahun 90an. Motor yang untuk balapan sering ditambahi minyak2 seperti ini. Konon biar tambah bertenaga, tambah kenceng, dan lebih hemat. Harum lagi bau knalpotnya.

Minyak atsiri ini dibuat dalam dua versi, salah satunya untuk solar.

image

Memang produk ini belum teruji secara luas. Ini hanya masalah teknis. Kalau dibiayai saya yakin peneliti di Balitro akan mampu mengembangkan versi yang lebih canggih.

Anda tertarik menggunakannya…????

Advertisements

6 responses to “GastrofaC: Minyak Atsiri untuk Penghematan Bensin

  1. Assw, sy pernah makai (merk lain) . Memang secara kasat mata (perasaan) kendaraan jd lebih enteng tarikannya. Kl penghematan blm pernah menghitung. Yg sy ingin tahu adalah mekanisme kerjanya. Mas Isroi sebagai scientist pasti bisa bantu. Tks wassw

    • Wa’alaikum salam..Saya jg tidak tahu mekanisme persisnya seperti apa..saya rasakan tarikannya memang lebih enteng. Lagi nyoba ngukur berapa km per liter bensin dg metode full to full.

  2. itank bahtiar

    Assalamuallaikum…mau Tanya nihh mas..saya tertarik untuk mencoba gastrofac ini..ada info gk dmna saya bisa membelinya..mkasih sebelumnya..d tunggu infonya gan.

    • Wa’alaikum salam. Klo di Bogor bisa beli di Balitro yang ada di jl tentara pelajar atau di Counter Badan Litbang Pertanian di Jl taman kencana.

  3. Pingback: Referensi Minyak Sereh BBM – Arief97

  4. Pingback: minyak atsiri hemat bbm – Referensi Minyak Atsiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s