Catatan di Maluku Utara: Jalan yang Mulus dan Angkot yang Sangar

honda jazz angkot halmahera

Honda Jazz jadi angkot di pulau Halmahera jurusan Sofifi-Tobelo. Keren dan full music mirip diskotik. (Foto koleksi Pribadi)

Lokasi penelitian yang akan saya kunjungi adalah Kab. Halmahera Utara.Jaraknya dari kota Sofifi kurang lebih 5 jam perlanan dengan menggunakan mobil. Hari kedua, saya bersama dengan Pak Andriko dan Pak Assegaf berangkat menuju Halmahera Utara.

“Siap-siap, Pak Isroi. Perjalanan kita cukup jauh”, kata Pak Andriko.

Untung mobil yang Kita pakai Toyota Hilux, bodynga garang dan tenaganya juga besar. Roda-roda yang besar cukup nyaman untuk perjalanan jauh.

Jalanan utama Halmahera Utara sangat mulus, halus, dan marka jalannya masih baru saja di cat. Kalau lihat di peta Indonesia, pulau Halmahera seperti berbentuk huruf K. Nah, saya menyusuri pingiran pulau ini di ujung bagian utara.

Jalanan berkelok-kelok. Sopir kami, Iwan, cukup tangkas mengendarai mobil gede ini. Sepertinya dia cocok jadi pembalap rally. Gayanya menyopir membuat saya pusing tujuh keliling. Satu jam pertama perut seperti dikocok-kocok, mual-mual, dan mulai berkeringat dingin.

Untungnya pemandangan di luar sungguh luar biasa. Pantainya terlihat cantik dari dalam mobil. Airnya jernih banget. Udara sangat cerah dan awan berarak-arak, membuat pemandangan semakin cantik saja. Beberapa kali saya berhenti mengambil foto, sekalian menstabilkan kondisi perut yang mulai mau keluar isinya.

Rumah-rumah penduduk juga masih jarang. Jarak antar desa cukup jauh. Diselingi dengan perkebunan kelapa dan pala. Kelapa, pala dan cengkeh merupakan penghasilan utama penduduk pulau Halmahera ini. Kebun pala biasanya bercampur dengan kebun kelapa. Sebagain terlihat juga pohon cengkeh. Pohon kakao/coklat juga ada, namun tidak cukup banyak.

Di tengah perjalanan kami berhenti di sebuah rumah makan. Namanya rumah makan Ladduni. Letaknya di pingir selat atau mungkin danau. Rumah makan ini cukup ramai. Banyak kendaraan yang berhenti untuk makan dan beristirahat sejenak. Menu makanan di warung makan ini umumnya adalah ikan laut bakar, udang dan cumi. Perut saya masih cukup kenyang, jadi saya hanya mengambil nasi sedikit dan lauk udang dan cumi. Rasanya cukup enak. Cuminya gurih dan udangnya sedikit pedas.

Saya mengamati kendaraan-kendaraan yang berhenti di warung makan itu. Ada Honda Jazz, Kijang Inova dan Daihatsu Terios. Keren-keren. Saya jadi tertegun ketika melihat plat nomornya. Plat nomornya berwarna kuning. Ini kan plat nomor angkutan umum, pikir saya dalam hati.

“Plat nomor mobil-mobil ini kok kuning?” tanya saya ke Pak Alseggaf.
“Iya. Ini mobil angkutan. Angkutan umum di sini memang kebayakan seperti itu.” jelasnya.

Bener-bener nggak nyangka. Saya tinggal di kota seribu angkot alias kota Bogor. Angkutan adalah sumber masalah kemacetan utama. Warnanya biru atau hijau. Jelek-jelek lagi. Sama sekali tidak ada mobil angkot yang keren di kota Bogor. Bagi saya pemandangan ini sungguh sangat mengherankan. Keren-keren beneran.

honda jazz angkot halmahera

Honda Jazz jadi angkot di pulau Halmahera jurusan Sofifi-Tobelo. Keren dan full music mirip diskotik. (Foto koleksi Pribadi)

Terios angkot Halmahera

Daihatsu Terios yang menjadi angkot di Halmahera jurusan Sofifi-Tobelo. Full music mirip diskotik berjalan. (Foto koleksi pribadi)

Innova angkot Halmahera

Kijang Innova menjadi angkot di pulau Halmahera jurusan Sofifi-Tobelo. (Foto koleksi pribadi)

Pak Iwan, Pak Andriko ikut nimbrung. Angkotnya memang keren-keren. Bahkan ada Pajero yang dijadikan angkot. Angkot-angkot ini membawa penumpang Sofifi-Tobelo. Bayarnya sekitar RP. 100rb per orang. Lumayan muahal.

Keistimewaan lain dari angkot-angkot ini adalah full music. Jedag-jedug-jedag-jedug. Kenceng banget. Dari luar saja bisa terdengar dalam radius 50 meter. Ampun deh. Nggak bisa membayangkan bagaimana kalau di dalam angkotnya ya? Mungkin naik angkot serasa di karaokean.
Alhamdulillah. Saya memakai mobil dinas, jadi tidak ikut merasakan diskotik angkot kota Sofifi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s