Tanaman Obat Bermanfaat Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis.)

Daun tanaman obat binahong

Daun Tanaman Obat Binahong. Seduhannya bisa menyegarkan tubuh.

Umminya Royan, diberitahu oleh tetannga saya, Bu Ujang tentang tanaman Binahong. Konon katanya daun tanaman ini bisa untuk obat bermacam-macam penyakit. Binahong bisa untuk mengobati luka. Kalau luka, daun binahong digerus dan dioleskan ke luka. Bisa juga untuk gatal-gatal/eksim. Ternyata seduhannya pun bisa untuk obat macam-macam. Teman saya Yudi Wahyudin yang kerja di dinas kesehatan, mengatakan kalau dia biasa minum seduhan daun binahong jika merasa tidak enak badan. Istrinya juga biasa melakukan itu. Dulu mereka biasa mengkonsumsi obat warung, sekarang sudah tidak lagi. Teman-teman saya juga bilang kalau seduhan daun binahong bisa untuk mengobati asam urat.

Cara membuat seduhannya sangatlah mudah. Caranya: ambil beberapa lembar daun binahong yang masih segar (5-10 lembar). Daun dicuci dengan air bersih. Ditiriskan. Kemudian diseduh dengan air mendidih. Setelah dingin, airnya diminum. Jika perlu bisa diminum pagi dan sore. Saya sih biasanya minum kalau sedang tidak enak badan saya. Sehari sekali sudah cukup.

Binahong sangat mudah ditumbuhkan. Caranya dengan stek batang. Umminya Royan mengambil beberapa potong dari Bu Ujang. Lalu, potongan itu saya tanam di depan rumah. Media tanamnya menggunakan campuran kompos, tanah, pasir dan coco-peat. Tanaman binahong cepat sekali tumbuh. Sesekali saya semprot dengan pupuk cair BIANG POC. Penanamamnya full organik. Binahong adalah tanaman yang merambat, jadi perlu dibuatkan ajir atau tempat untuk merambat. Saya menaruhnya di pinggir pagar, jadi tanaman ini merambat ke pagar tanaman.

Ketika saya berkunjung ke Pusat Penelitian Tanaman Herbal IPB. Mereka membuat keripik daun binahong. Cara pembuatan keripik ini mirip seperti membuat keripik daun bayam. Rasanya enak sekali lho. Saya dan teman-teman saya hampir tidak bisa berhenti makan keripik binahong. Keripik ini selain enak juga menyehatkan. Saya sangat menyarankan Anda menanam tanaman ini. Jika sewaktu-waktu diperlukan bisa tinggal ambil saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s