PEMASARAN TIKUS PUTIH

maindengantikus02Usaha ternak tikus sedang naik daun setahun terakhir. Apalagi setelah majalah Trubus mengangkatnya sebagai topik utama bulan Agustus 2009 yang lalu. Kemudian ikuti dengan liputan ternak tikus oleh stasion televisi.

Usaha ternak tikus putih gampang-gampang susah. Pemasarannya pun begitu. Ada beberapa peluang pemasaran tikus/mencit (Mus musculus) yang bisa dimasuki oleh para peternak mencit. Saya tidak tahu pasti seberapa besar pasar ini. Tetapi paling tidak bisa dijadikan acuan ketika mau memulai bisnis tikus putih.

tikus mabok


Informasi tikus hubungi: Manto 085643907204

Baca juga: Tikus untuk Penelitian Laboratorium
Melayani Tikus (Rat) untuk penelitian. Tersedia Strain Wistar dan Spargue Dawley (SD), segala usia dan bobot tubuh.


Tikus Jaya


Mencit dan Tikus untuk Penelitian

Sudah sejak lama tikus dijadikan sebagai binantang percobaan selain: kelinci atau monyet/kera. Tikus dijadikan objek ujicoba obat-obat baru, farmakologi, sbelum diujicoba ke manusia. Dalam satu kali percobaan/pengujian diperlukan cukup banyak tikus. Mahasiswa S1 kedokteran, Farmasi, dan Keperawatan sering menggunakan tikus dalam penelitian tugas akhirnya. Jika kebetulan di kota Anda ada perguruan tinggi/lembaga penelitian, pasar ini perlu dijajaki.

Baik mencit (Mus musculus) maupun Rat (Rattus norvegicus) biasa digunakan sebagai objek penelitian. Namun, yang sering dipakai adalah Rat dari galur Wistar atau Sprague Dawley. Dua galur ini yang paling banyak tersedia dan mudah dibiakkan. Sedangkan galur-galur yang lain, terutama tikus rekayasa genetika atau tikus untuk tujuan penelitian khusus sangat terbatas sekali. Tikus-tikus khusus ini umumnya didatangkan dari luar negeri (Amerika, Australia, atau Jepang).

Rattus norvegicus strain Wistar
Rattus norvegicus strain Wistar
[Courtesy of http://commons.wikimedia.org/]

Harga tikus (Rat) untuk percobaan adalah yang paling tinggi. Mahasiswa membeli tikus dengan harga mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 40.000. Harga tergantung pada umur, bobot tubuh, dan posisi/letak PT tersebut. Tikus putih yang memiliki surat keterangan galur/sertifikat harganya lebih tinggi lagi. Keunggulan tikus yang memiliki surat keterangan galur biasanya terjamin kualitasnya.

Binatang Peliharaan

tikus emas, mencit, mus musculus, tikus putih
Tikus/mencit emas yang sangat unik dan langka. Warna bulunya kuning keemasan dan yang lebih istimewa lagi adalah warna matanya yang merah menyaladan warna bulunya yang mengkilat . Tikus ini adalah lambang kejayaan, kekayaan, dan keberuntungan.

Tikus putih/mencit saat ini juga menjadi binatang peliharaan alternatif selain hamster. Tiput yang sdh terdomestifikasi lebih jinak dan tidak mengigit. Memang dia tidak suka bermain-main seperti hamster, namun gerakannya lebih lincah dari hamster. Pilihan mencit saat ini juga bermacam-macam tidak hanya putih. Ada tikus hitam, tikus coklat, tikus abu-abu, tikus belang, tikus emas. Warna bulunya juga mengkilat. Anak-anak juga mulai senang membeli mencit dibanding hamster.

Harga tikus putih untuk peliharaan agak murah. Harganya bervariasi, kisarannya dari Rp. 8000 – Rp. 25.000. Kalau di seputaran jogja dan jateng harganya paling murah. Di Medan dan Makasar harganya mencapai Rp. 25.000. Sedangkan tikus-tikus yang langka dan eksotik bisa mencapai ratusan ribu.

tikus belang eksotik

Makanan Reptil

Reptil menjadi binantang peliharaan yang banyak digemari. Bahkan di Temanggung Jateng ada cewek yang kolektor reptil. Makanan reptil2 ini yang paling disukai adalah tikus putih (mencit atau tikus besar putih), alasannya karena harganya lebih murah dari ayam atau daging.

Reptil-reptill yang ada di kebung binatang atau lokawisata lain juga diberi makan tikus. Misalnya saja Taman Reptil yang ada di Purbalingga Jateng. Saya duga mereka membutuhkan ratusan tikus per minggunya.

TIKUS INDUKAN

Dengan mulai bermunculan peternak-peternak tikus, naik pula permintaan mencit untuk indukan. Indukan tikus yang umum dijual adalah sepasang tikus muda yang sehat, dipelihara khusus untuk indukan. Umurnya kira-kira 1.5-2 bulan yang baru mulai kawin. Harga indukan lumayan tinggi. Satu pasang indukan bisa berharga Rp. 25.000-Rp.50.000.

BISNIS PENDUKUNG

Disamping bisnis tikusnya sendiri, usaha ternak tikus ini juga membuka peluang usaha-usaha yang lain. Misalnya saja: kandang tikus, pakan tikus, dan asesoris lainnya.

Rasanya sampai beberapa tahun ke depan bisnis tikus putih masih cukup prospektif.

Tikus Putih Besar (Rattus norvegicus)

Tikus Putih Besar (Rattus norvegicus)

Bisnis Tikus di Kamboja

Lihat video bisnis tikus klik di sini: Video Tikus

Advertisements

121 responses to “PEMASARAN TIKUS PUTIH

  1. nek tikus bedasi piye kang?/

  2. Kenapa yah … untuk teknik budidaya (seluruhnya) untuk pemasaran tidak pernah dikupas tuntas …???? selalu mengambang …. tidak jelas … kemana harus menjual … tapi selalu mengatakan prospek yang cerah …. prospek yang menjanjikan …. dan lain sebagainya ….. ????!!!

    • Kan sudah jelas sekali pasarannya. Tinggal cari yang ada di dekat lokasi peternakan. Sangat tidak mungkin untuk menjelaskan secara detail. Jadi pengusaha harus kreatif tidak bisa hanya mengandalkan tutorial. Informasi yang sedikit ini bisa jadi peluang yang besar jika tahu cara memanfaatkannya. Salam sukses.

  3. Pingback: Ternak Tikus (Rat) Putih « Berbagi Tak Pernah Rugi

  4. saya teh kepengen ternak tikus putih.. tapi msih bingung awalnya harus gimana.. proses ngawinin tikusnya sampe umur jualnya.. kalau boleh saya minta saranya.. terima kasih…

    • Beli sepasang tikus (indukan). Tidak usah diajari. Tikus-tikus itu sudah tahu bagaimana ‘memproduksi’ cindil. Letakkan saja mereka di ‘kamar pengantin’. Mereka akan kawin sendiri. Lalu tunggu beberapa minggu. Kalau perut induk betina kelihatan membesar, berarti dia sudah mulai bunting. Kalau sudah mau lahir, pisahkan ‘bapak’nya. Cindil sudah mulai bisa disapih setelah berumur 20 hari. Umur > 1 bulan sudah mulai bisa dijual.

  5. Assalamualaikum p-manto,sblumnya trma ksh,indukan yg dr jenengan dah beranak byk,mgkin skrg saya baru cr pasaran,baru 1 ato 2org yg beli tkus saya.. Skrg saya pgn ternak yg jenis ratt,tlg saya dcarikan indukan yg agk murah.. Sukron.

    • Wa’alaikum salam. Semoga sukses ternak tikusnya. Kalau indukan sebaiknya cari yang bagus sekalian. Indukan yang bagus bisa menghasilkan anakan yang bagus. Kalau pakai yang afkiran atau yang untuk pakan, hasilnya ngak jelas. Kalau pas untung ya…bisa dapat yang bagus.
      Kalau tikusnya sudah banyak, bisa saja dikirim ke kita kan tidak terlalu jauh, kita bantu pemasarannya.
      Afwan.

  6. Sekalian numpang promosi ya pak,.buat yg rumahnya sktr klaten klo btuh tkus mencit bs dtg kt4q buka ja FBku,singgih KML.
    Tapi yg rumahny dkt magelang,lgsg kt4 pak manto aja,.dJamin dpt indukan yg bgus2.

  7. Assalamu’alaikum…..
    Saya sudah mulai berternak tikus putih 3 bulan yang lalu….
    dan saya ingin terus mengembangkannya,,,
    apa tempat bapak bisa terima teranakan saya?
    Sya tinggal di daerah tangerang..
    Trims

    • assalammualaikum pak…
      di tangerang nya di daerah mana pak, boleh saya belajar dr peternakan bapak…?
      saya di cilegon…
      trims….
      wassalam…

  8. Awal yg baik untuk memulai bisnis ini apa yg hrs sy lakukan….apa terlalu membutuhkan ketelatenan atau menyita banyak wkt buat beternaknya…..krn sy jg bekerja…Brp Pasang Idealnya Tikus Indukan sbg awal untuk beternak tikus putih ini…..Apa sy bs konsultasi dtg k tmpt anda untuk sharing…..

    • Memelihara tikus sangat mudah sekali. Memang perlu keseriusan agar berhasil. Pertama sebaiknya survey pasar dulu. Ini penting untuk pemasaran, kalau sudah ada gambaran ke mana mau masarin. Mulai hitung berapa kemampuan kita, dari sini bisa diketahui berapa indukan awal yang sebaiknya kita pelihara. Sebagai gambaran, indukan muda bisa melahirkan 4-5 anak, puncak produksi bisa melahirkan 15 cindil. Cindil sudah bisa dijual, umur 1 bulan banyak yang laku. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Manto di nomor 085643907204 atau Yahoo!:manto.mgl@yahoo.co.id Gtalk:manto.mgl@gmail.com. Informasi lain silahkan kunjungi http://www.tikusjaya.cc.cc atau http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=100000956187645&v=photos&ref=search.

  9. assalamu’alaikum
    pa, saya mahasiswi yang tertarik sekali dengan bisnis tiput tapi gag punya pengalaman apapun di bidang ini…
    kira2 bisnis tiput membutuhkan modal dan tempat/kandang yang luas ya pa??

    • Wa’alaikum salam.
      Bisnis tiput tidak memerlukan modal yang besar dan tempat yang luas. Ada peternak yang luas kandangnya hanya seukuran kamar kost omzetnya sudah beberapa juta per bulan. Cara beternaknya juga tidak sulit, memang perlu ketelatenan dan keseriusan. Untuk awal-awalnya, sekalian belajar, pelihara dulu beberapa indukan. Sambil pelajari pasarnya. Ketika pasar sudah terbuka dan tikusnya sudah mulai banyak, baru perbesar skala ternaknya. Apalagi kuliahnya di farmasi, pasti banyak membutuhkan tikus untuk penelitian.
      Saya rasa tidak sulit.

  10. iya pa… kemarin saya sendiri beli tikus putih untuk keperluan Tugas Akhir.
    saya juga udah berencana seperti itu, pelihara beberapa indukan… namun kata teman saya sebelum kita mengembang biakkan, kita harus pikirkan dulu pemasarannya. Jadi begitu tikus kita sudah berkembang banyak, sudah ada yang mau membeli…
    iya juga siy pa… itu yang buat saya bingung….

    • Lho..pasarnya sudah jelas. Hitung saja berapa temen yang penelitian pakai tikus, kalikan jumlah tikus yang dibutuhkan. Captive market yang sangat jelas sekali. Belum lagi klo ada kampus di tempat lain yang juga perlu. Jalan-jalan juga di pet shop atau pasar yang menjual binatang peliharaan. Coba tawarkan ke mereka, mau ngak mereka membeli tikus untuk dijual. Akan lebih bagus lagi kalau ketemu para pencinta reptil, mereka selalu membutuhkan tikus untuk pakan. Good luck.

  11. indukan yang berkualitas tu yang kayak apa pa???
    kira2 harganya berapa 1 pasang?

    • Indukan yang berkualitas: masih muda atau baru pertama kali dikawinkan, sehat, tidak ada cacat, tidak ada gejala penyakit, dan tetuanya juga indukan yang sehat dan produksinya tinggi. Indukan yang berkualitas di puncak produksinya bisa menghasilkan cindil hingga 15 ekor sekali beranak. Untuk harga silahkan lihat di http://www.tikusjaya.cc.cc. Harga dan pengiriman bisa diskusikan langsung ke Manto: 085643907204. Informasi tikus yang lain bisa dilihat di: Facebook

  12. untuk yang pertama kali akan mulai usaha nie, berapa indukan yang harus dipelihara lbh dulu?
    cara perawatan tikus biar gag bau bagaimana lalu pakan yang baik itu seperti apa??

    • Berapa jumlah indukan yang diperlukan itu tergantung sebera besar ternaknya. Satu pasang bisa, 100 pasang juga bisa. Tikus muda yang baru pertama melahirkan bisa menghasilkan 4 cindil, kalau sdh dewasa bisa 15 cindil. Tinggal hitung sendiri saja mau berapa produktivitasnya. Asalkan rajin membersihkan kandang, tikus tidak terlalu bau menyengat. Bau tetap ada, kalau mau wangi ya diberi pewangi aja.
      Tikus makan apa saja, mulai dari biji-bijian, buah (mentimun, wortel, dll), daging dll. Yang penting variasikan makanannya, dan cari pakan yang paling murah dan mudah didapat di sekitar kita. Semoga sukses ternaknya.

  13. pak, lokasi untuk ternak bapak di daerah mana ya? kalau dekat saya amu langsung kesana saja.tks

    • Posisi di kota Magelang, Jawa Tengah. Kalau dekat silahkan langsung kontak ke Manto di nomor HP-nya. Selama ini yang sudah datang ke tempat kami dari Bandung, Klaten, Solo, Semarang, Purwokerto, dll. Kami sudah mengirimkan tikus ke Palembang, Pakanbaru, Lampung, Cilegon, Tangerang, Jakarta, Bogor, Bandung, Garut, Semarang, Klaten, Solo, Temanggung, Jogja, Pasuruan, Bali, dll. Masih terbuka lebar bisnis tikus ini.

  14. Pengamat Design.

    Sya trtarik utk bsnis ini,.tp sblmny Mw tanya pak,.bgaimana cara membrsihkan ktoran (ee) tiput,trus brpa jngka wktu utk mmbrshkn kndangny.
    Slain itu drmh saya jg mmlihara kucing,kira2 tiput2 itu nanti ny bkln ktakutan n stres g???mhon bantuany

    • Pertanyaan ini sudah sya jawab, coba cek di komentar yang lain. Membersihkan ya..tinggal dibuang saja alas sekamnya, lalu dicuci pakai sabun, dikeringkan, dan kandang bisa dipakai lagi.
      Interval pembesrihan tergantung jumlah tikus yang ada di ya, kalau banyak ya lebih sering. Tandanya kalau kandang sudah bau berarti perlu dibersihkan. Biasanya 3 hari sekali sampai seminggu sekali.

  15. Salam P’Isroi,

    Sy diberitahu tmn mengenai bisnis ini, dan cukup tertarik. Mengenai penjualan2xnya, andaikan ke fakultas kedokteran dan pet shop dalam kota sy saja, apakah kuantiti yg mereka minta biasanya byk? Kalau boleh tau seberapa byk nya mereka ambil min-max jumlahnya menurut dr pengalaman P’Isroi. Maaf dan terimakasih sebelumnya, sy hanya ingin tau agar bisa menghitung berapa byk maksimal indukan yg sy mau ambil nantinya. Sy dr Bandung. Berencana ingin berternak, dan menurut sy rasanya beternak itu kalau sedikit tanggung (kecuali sampingan), meskipun besar2 blum tentu bisa jg ūüôā

    • Salam juga,
      Pemasaran yang paling stabil adalah untuk pakan dan penelitian. Untuk pakan bisa macam-macam, kalau pet shop tergantung pada jumlah ular yang mereka pelihara dan besar kecilnya ular. Ular biasanya diberi pakan dua minggu sekali. Untuk ular kecil satu atau dua ekor mencit. Tapi kalau ularnya besar diberi Rat, bisa sampai enam ekor.
      Kalau untuk penelitian agak sedikit ribet menyediakannya, dan jumlahnya tergantung pada penelitian yang sedang dikerjakan. Misalnya saja ada yang pernah minta 100 ekor cindil semua. 50 ekor jantan semua dengan berat badan tertentu dan umur tertentu. Dan untuk penelitian harus pakai galur murni baik untuk Wistar maupun SD. Tidak bisa sembarang tikus, bisa kacau penelitiannya.

  16. Halo om., saya ad d surabaya. Punya tiput 70 ekor. Masalah saya ad indukan yg melahirkan 9 cindil, trus beberapa jam langsung mati. Ada apa ya? Maturnuwun.

  17. mau nanya niy…
    katnay tikus putih itu mudah bgt nmati y…?
    dan apakah tikus outih itu usianya terbatas…?trimakasih

    • Tikus putih mencit biasanya tahan lama. Tikus bisa hidup selama 2-3 tahun.
      Yang mudah stress dan mati adalah tikus yang biasa digunakan untuk penelitian. Perawatan dan penangannannya memang agak ribet. Terutama yang galus SD.

  18. Mas,….
    kalo mau Beli Betinanya usia 2 bulan per ekor berapa?
    Q jugak pengen pelihara ni.
    di balas ya,….

  19. khusus wilayah malang dan sekitarnya yang memerlukan tikus putih hubungi yach di 085248268116

  20. ass, saya berniat ternak mencit jg mz,,,untuk harga induk mencit sepasangnya berapa maz,,,bisa kirim ke daerah majalengka, cirebon ga maz,,,email saya yah maz,,,!! btw,,bapa pelihara yang jenis ratt nya ga yah??

  21. bos saya bru memulai bisnis tikus putih ini,saya masih pny 40an ekor tikus,tapi saya binggung masalah pemasarany.bisa bnatu tolong ga?ak di daerah malang.

  22. asslmualkum.,.pak punya cabang dikarawang enggak??saya pengen coba usaha tikus putih ini.,thanx

  23. pak , saya baru mau mulai bisnis tikus putih nih , kalau di jogja tuh kira2 yang jual indukan dan pemasaran setelah anakan banyak kira2 dimana ya ? mohon pencerahan…..

  24. riki_hermawan22@rocketmail.com

    pa tikus ku sudah beranak 3 minggu yang lalu, tapi knapa ya ga mau dipisah induknya nyariin terus. padahal induknya lagi hamil lagi? mohon penjelasannya.

    • Dipisahin saja. Apalagi kalau anaknya sudah cukup besar. Karena kalau disatukan anakan yang akan lahir bisa diserang oleh anak-anak yang sudah tua.

  25. tikus saya ada yg mati..itu kirakira garagara apa ya?
    trus sama ada yg di serang juga sampe berdarah itu knp ya>trims<

  26. Bany permisi mau tanyak.
    Apa ciri2 dari galur Wistar atu Sprague Dawley dan apa perbedaannya?

  27. cara mbeda’in tikus betina sama jantan gimana ya ???

  28. ass,,pa klo d seputar bandung ada cabang atau tmn bapa yg ternak?saya mau coba cari indukan

  29. biasa ny tikus bisa nularin penyakit sama manusia ga ya ??? conto ny ap ??

  30. Pak, sy ternak tikus (RET) sdh jln 7 bln. untuk pemasarannya sy masih blm tau mau di jual kemana? sampai2 ga ada tempat lg untuk nampung anak tikusnya. tlg info tempat jual tikus………

    • Sebelum mulai ternak sebaiknya survey pasar dulu. Biar tidak binggung menjualnya. Biasanya di pasar hewan ada yang jual tikus. Coba cek pasar-pasar hewan di kota sekitar Anda.

  31. bos mending pake pasir ato serbuk kayu?

  32. untuk intensitas cahaya bagaimana ya pak? yg baik tikus diletakan di ruangan gelap atau terang? soalnya ruangan yg akan saya gunakan untuk ternak agak gelap. Mohon saranya. terimakasih.

  33. kalo cecurut putih harganya berapa ya??

  34. mas kalau bedain tikus betina ma tikus jantan gimana caranya,,dan kalau misal budidayanya ditempat yang terang gimana mas,,??pengaruh terhadap perkembangbiakan tikusnya gak??

  35. mau nanya pak manto kalau didaerah solo sudah ada yang beternak tikus putih belum ya pak??terimakasih

  36. Bagaimana keadaan pasarnya sekarang?? Apa masih stabil??
    Untuk memulai minimal berapa indukan agar balik modalnya sampai?? dan dalam berapa lama??

    • Pasaran paling stabil adalah tikus untuk pakan dan penelitian. Selama masih banyak yang memlihara reptil dan penelitian meggunakan tikus, pasaran tikus masih cerah.
      Untuk informasi lain, silahkan baca-baca diposting yang lain.

  37. Apakah indukan penelitian dan indukan untuk pakan reptil berbeda?? Apakah bisa menghasilkan mencit kualitas penelitian dari indukan biasa..??? trims

    • tergantung penelitiannya untuk apa. kalau penelitiannya tidak mementingkan kemurnian galur, bisa saja pakai induk sembarangan. Tetapi kalau penelitian memerlukan galur khusus seperti whistar atau yang lainnya, mesti dari indukan dg galur whistar juga.

  38. Mau nanya kl didaerah tangerang selatan jombang apakah ada yg mau beli tiput, krn saya liat slama ini jg belum ada petshop, paling tuk kucing n anjing? kl yg jual ular jg belum ada..Soalnya tiput sy uda mulai berkembang banyak, yg tiput usia remaja da ada 24 ekor, blum lg yg 3 minggu ada 9 ekor, dan ada 2 induk lg hamil tua…trs kenapa ada anakan tikus dari 3 induk warna putih dan jantan 2 warna putih campur coklat, tp kenapa anaknya ada yg bercampur 2 warna itam n putih?

    • Saya tidak tahu daerah nyombang. tidak tahu pasaran tikus di daerah jombang. Anaknya warna warni karena indukannya tidak murni.
      Kalau indukannya murni galur yang warnanya putih semua, anakannya mestinya juga putih semua.

  39. Mau nanya kl didaerah tangerang selatan jombang apakah ada yg mau beli tiput, krn saya liat slama ini jg belum ada petshop, paling tuk kucing n anjing? kl yg jual ular jg belum ada..Soalnya tiput sy uda mulai berkembang banyak, yg tiput usia remaja da ada 24 ekor, blum lg yg 3 minggu ada 9 ekor, dan ada 2 induk lg hamil tua…trs kenapa ada anakan tikus dari 3 induk warna putih dan jantan 2 warna putih campur coklat, tp kenapa anaknya ada yg bercampur 2 warna itam n putih?

  40. maz…klo kirim ke sumbar bisa gak mas???

  41. bos, sy mau tanyak kenapa waktu melahirkan ank tikus mencit banyak yang dimakan sm indukan sendiri (kanibal) tu penyebabnya apa saja??terimakasih

  42. yg makan cuma beberapa…kalau dikandang yg laen gk…tu yg makan malah indukan (betina)…wktu keluar langsung dimakan…

    • Aneh. Coba indukan suka kanibal dan yang mau melahirkan dikandangkan sendiri. Jangan dicampur dengan indukan yang lain. Biasanya yang makan indukan jantan. Saya juga tidak tahu apa sebabnya.

  43. tpi sy pernah mencoba memisa…betina yg kanibal sy sendirikan…tpi tetap sj ank ny yg lahir tetep dimakan….tpi sebelumny sy ucapin terimaksih….
    o ya untuk pemasaran di kota malang yg mau beli tikus putih/mencit di mana tempatnya???

    • Saya tidak familiar dengan kota Malang. Setahu saya ada beberapa peternak tikus putih dari kota Malang. Mereka menjualnya ke Un Muh Malang, Unibraw, dan perguruan tinggi lain. Coba cari komunitas pecinta ular/reptil. Mereka selalu butuh mencit untuk pakan.

  44. Pak Isroi apa alas yang di pakai sebagai alas untuk tikus….?? terimakasih

  45. daditya nugroho

    Permisi pak saya mau tanya. Saya juga berternak tikus putih, tp smp skrg sy msh blm berani utk melayani permintaan dr luar kota krn takut tikus yg dikirim akan mati. Apa bapak punya kiat2nya? Terimakasih pak.

  46. gan ane mo nmanya…..kl kita indukan sdh beranak pinak bisa nitip jual gak k agan ?

  47. ihsan harjolukito

    pak mau tanya untuk indukan mencit yang bagus seperti apa ya?

  48. mas aku pengen,, tak tuku inddukan mas..

  49. asslamualaikum, saya baru sbulan mencoba ternak tiput & sudah lahir 5 cindil, pemasaran yg tepat di mana ya? wawan di temanggung jateng

  50. mas pasaran harga tiput n mencit umur 1 blan,,2blan,,n 3 blan brp y????

  51. salam kenal mas isroi, sy baru saja memulai ternak tikus ini, lokasi di jogja, tapi penjualannya belum maksimal,semantara jumlah tikus, semakin banyak dan biaya pakan pun naik terus, mungkin kesalahan saya adalah di awal tidak terlalu memikirkan pemasarannya. apakah suatu hari nanti kita bisa bertemu mas sy ingin berguru tentang pemasarannya mas

  52. saya peternak tiput nich,masalahnya pada pemasaran.dimana ya pemasaran di daerah surabaya.tolong donx bantu saya makasih…

  53. minta nomer telpon ato hp untuk taman reptil di purbalingga

  54. minta info di mna bisa menjual tikus putih di sekitar wilayah kab semarang

  55. ass bpa sya mau jual tikus putih ne, bpa mau tampung tdak,tmrksh

  56. Saya punya stok mencit (tikus putih). Mungkin ada agan yang tinggal disekitar wilayah sulawesi selatan, khususnya makassar. silahkan hubungi saya 0878 4078 3876. saya masih kesulitan pasar di Makassar. Thanks buat mas isroi…

  57. Kalo harga cecurut putih berapa y bos?

  58. Ass’ Wr Bb… Salam kenal Mas Isroi, Saya Herman diBatulicin Kab.Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Orang Tua dan Kakak Saya baru saja menemukan 2 ekor tikus putih didalam rumah secara ga’sengaja, sebenarnya selama ini tidak pernah ada tikus putih tersebut dirumah, tau-taunya ada, kira-kira bagus ngga kalo dipelihara ? Gimana menurut Sampean ?

  59. idraxsakhmad rifai

    miqoem…. kalau untuk pemasaran di wilayah cirebon indramayu d mana y pak ( isroi)

  60. kalau mau beli indukan sama kandang2nya lengkap di mana ya mas?

  61. Salam sukses Pak,, klo untuk pemasaran tikus putih daerah jawabarat dmn yaa.? trims

  62. Misin pak mimin,ane lg nyoba miara tikus putih jg,cuman gatau jenisnye ape.tp mirip sama gambar yg diatas,nah disini ane cman mau tanya pemasaranya gmn pak?lokasi bapak Magelang ya?.klo ak Temanggung pak.makasih mohon pencerahanya pak.

    • coba main ke Magelang. Bisa syaring2 di sini.

      • assalamualaikm,pak sy mo tanya piara tikus kandangnya bgs pake ram kawat apa kotak plastik?trmksh ,barangkali ada yg punya tiput daerah sumedang,majalengka,subang,indramamayu silahkn kontak sy 085793366000,trmksh

  63. bambang hadi sugiat

    mas saya kesulitan menjual mencit hasil ternakan saya,apakah mas bisa bantu saya di bojonegoro.

    • Silahkan kontak ke +6285643907204

      • Hendri sugiyarto

        Assalaamu ‘alaikum pak, . . Meh tanya. Sy baca2, katanya perbandingan indukan, jantan betina 1:4…. Berarti bisakah saya coba ternak indukan 2 jantan n 8 betina?? Alamat saya banyubiru, ambarawa, insyaalloh skitar lebaran saya mau mulai ternak,. N kalo bs pgn silaturohmi ketempat njenengan

  64. Assalamualaikum wr.wb salam kenal pak isroi, saya tertarik untuk berternak mencit. mengenai tikus yang dijual untuk penelitian memerlukan galur, sedangkan di indonesia itu galur belum ada. kira2 bapak juga jual tidak tikus dengan galur tersebut. Kedua saya mau bertanya untuk mencit sendiri jika mau melahirkan itu sendiri apa gmna pak?

    • Wa’alaikum salam. Di beberapa perguruan tinggi ada yang mengembangkan tikus galur untuk penelitian. Bisa ditanyakan ke sana. Tikus bisa melahirkan sendiri tanpa perlu bantuan bidan :).

  65. Orang mana ..?kira2 dimajalengka yang jualan tikus putih dmna ya..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s