Tips Agar Whatsapp Tidak Lemot

Whatsapp (WA) memiliki banyak fitur. WA tidak hanya sekedar tempat ngobrol (chatting) tapi juga berbagi foto, video dan dokumen. Sayangnya, WA menjadi lamban, lemot dan banyak makan memori HP. Berikut ini beberapa tips agar WA tidak cepat lemot.

WA akan Mengilas SMS, MMS dan E-mail

Whatsapp (WA) menjadi salah satu aplikasi messenger wajib di dalam smartphone. Saat ini WA menggantikan fungsi SMS dan MMS. Bahkan, pelan tapi pasti WA akan menggilas e-mail juga dengan kemampuannya untuk saling berbagi foto, video dan dokumen. WA juga bisa untuk menelpon via jaringan internet seperti Skype. Komplit fasilitasnya.

SMS dan MMS fitur komunikasi kuno yang biasanya per satuan pesan. Berbeda dengan WA yang biayanya berdasarkan besarnya memori pesan tersebut. WA menawarkan biasa komunikasi yang jauh lebih murah dibandingkan SMS dan MMS.

Salah satu yang menarik dari WA saat ini adalah fasilitas untuk berbagi dokumen, seperti pdf, docx, xlsx dan pptx. File2 ini bisa langsung dibuka dengan HP smartphone. Dokumen2 yang dulu biasa dikirim via e-mail, kini mulai dikirim via smartphone. WA web yang bisa dibuka dengan laptop/pc menambah fungsionalitas WA yang menggantikan fungsi e-mail.

Namun, karena banyaknya fasilitas ini seringkali WA menjadi lemot alias lamban dan memori membengkak dengan cepat. Apalagi jika kita menggikuti banyak sekali group WA. Percakapan yang intensif dan ramai akan diikuti dengan membengkaknya memori WA. Ada satu group WA yang saya ikuti memakan penyimpanan hingga 3G dan total memori WA 5 GB. Gila…..

Besarnya memori yang dimakan oleh WA bisa memperlemah kemampuan smartphone. Tapi jangan khawatir, berikut ini beberapa tips agar WA menjadi lebih ‘jinak’ dan tidak banyak memakan resource/sumber daya smartphone kita.

Menonaktifkan Download/Loading Otomatis

File yang banyak memakan memori dan kuota internet adalah file foto, video, pesan suara dan dokumen. Secara default, file2 ini akan didownload secaran otomatis. Sayangnya, sebagian besar foto dan video ini tidak terlalu penting. Kadang2 isinya hanya guyonan dan candaan saja.

Salah satu cara agar WA tidak banyak memakan memori adalah membatasi loading otomatis dari file2 ini. Saya mematikan semua setting/pengaturan loading otomatis. Dengan pengaturan ini, foto, video dan pesan suara hanya akan diloading ketika kita memberinya ijin. Jadi kita bisa kemilih foto atau video mana yang akan kita lihat.

Caranya sebagai berikut.

  1. Masuk ke pengaturan WA –> Penggunaan Data dan Penyimpanan.
  2. Lihat di bagian Unduh Otomatis Media.
  3. Ubah semua pengaturan ke posisi mati. Artinya media2 dan file2 tersebut tidak akan diunduh secara otomatis.
  4. Media dan file yang dikirimkan melalui WA akan didownload/diunduh ketika kita menyentuhnya atau menekan perintah download.

Dengan cara ini dijamin, WA tidak akan banyak memakan memori meski ribuan chatting sedang aktif.

Tips Whatsapp tidak Lemot

Pengaturan default WA yang akan mengunduh secara otomatis media-media yang dikirimkan via WA. Pengaturan ini salah satu yang menyebabkan WA cepat bengkak memorinya.

Tips Whatsapp tidak Lemot

Klik/sentuh setiap pilihan media dan atur menjadi “Tidak Pernah” agar WA tidak mendoanload secara otomatis konten media tersebut.

Tips Whatsapp tidak Lemot

Pengaturan WA agar semua media tidak didownload secara otomatis. Konten media ini akan didownload ketika kita melakukan perintah download.

Menghapus Percakapan yang Banyak Memakan Memori

Meski sudah dilakukan pembatasan seperti di atas, lambat laun memorinya akan bengkak dengan sendirinya. Lalu bagaimana langkah2 yang perlu diambil agar memori menjadi lebih lega.

Berikut ini cara membuat memori WA menjadi lebih lega.

  1. Masuk ke Pengaturan –> Penggunaan Data dan Penyimpanan.
  2. Masuk ke bagian paling bawah Penggunaan Penyimpanan.
  3. WA akan mengurutkan semua percakapan berdasarkan yang paling besar memorinya.
  4. Pilih salah satu percakapan yang akan dihapus atau dikurangi beban penyimpanannya.
  5. Di halaman ini pilih –> Kelola
  6. Hapus tanda centang untuk menghapus bagian yang tidak atau kurang penting.
  7. Ketujk pilihan Bersihkan.
  8. Ulangi untuk percakapan yang lainnya.

Dengan cara ini WA akan semakin ‘ramah memory’.

Jika ada konten percakapan (foto, dokumen, tekx) yang akan disimpan, sebaiknya pindahkan terlebih dahulu ke folder/memori HP agar tidak ikut terhapus pada saat kita melakukan bersih-bersih WA.

Silahkan dicoba sendiri. Semoga bermanfaat.

Tips Whatsapp tidak Lemot

Masuk ke menu “Penggunaan Penyimpanan” untuk melihat memori yang digunakan dari setiap chatting WA.

Tips Whatsapp WA agar tidak Lemot

Daftar percakapan WA yang diurutka dari memori paling besar. Daftar ini memudahkan kita untuk melakukan bersih-bersih WA.

Tips Whatsapp tidak Lemot

Pilih salah satu percakapan yang memakan banyak memori. Detailnya akan terlihat konten apa saja yang memakan memori besar. Pilih kontent yang akan dibersihkan dengan memberikan tandan centang. Pilihan yang tidak dicentang tidak akan dihapus/dibersihkan. Pilih menu “Bersihkan”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s