ALLAH RAKSASA

royan mau berangkat sekolahMengajarkan tentang agama pada anak harus dimulai sejak masih kecil. Hal ini benar-benar kami sadari. Saya dan istri saya mencoba mengajarkan tentang dasar-dasar Islam pada kedua anak kami yang masih kecil-kecil, Ar Royan yang biasa dipanggil Mas Royan dan Ibrahim yang biasa dipanggil Dedek Abim. Mengajarkan agama pada anak-anak tentunya berbeda dengan orang dewasa. Kami harus pandai-pandai menyampaikannya, karena jika salah bisa berakibat tidak baik pada anak. Salah satu yang agak sulit menjelaskan pada anak-anak adalah menjelaskan tentang sifat-sifat Allah.

Seperti biasanya, saya bercerita pada anak-anak sambil menidurkan mereka. Saya sampaikan bahwa Allah memiliki nama dan sifat-sifat yang banyak. Nama-nama Allah diawali dengan awalan MAHA, karena Kebesaran dan Keagungannya.
Kali ini saya menyampaikan bahwa Allah Maha Besar. Ketika memulai sholat kita membaca “Allahu Akbar” yang artinya “Allah Maha Besar”. Saya ceritakan bahwa Allah itu sangat-sangat besar. Allah lebih besar dari semua mahluknya. Tidak satu pun di alam semesta ini yang lebih besar dari Allah. Selain besar Allah juga Maha Kuat. Tidak ada satu pun di alam semesta ini yang lebih kuat dari Allah. Saya mencoba menarik perhatian mereka dengan pertanyaan-pertanyaan.

“Hayo.. coba tebak. Lebih besar mana, Allah apa Gajah? “ tanyaku sambil menunjuk gambar gajah yang ada di dalam buku. Anak-anak terlihat berfikir sebentar, dalam pikiran mereka gajah adalah mahluk yang sangat besar.

“Tidak tahu. Lebih besar mana, Abi?” ucap mereka balik bertanya padaku.

“Lebih besar Allah, dong.” jawabku mantap.

“Kalau sama dinosaurus, lebih besar mana?” tanya Dedek Abim penuh semangat.

“Lebih besar Allah”, jawabku lagi.

Royan tidak mau kalah dengan adiknya,” Kalo sama gunung, lebih besar mana?”

“Lebih besar Allah”, jawabku lebih mantap lagi. Kami pun seperti bermain tebak-tebakan.

“Kalo sama Ultraman, lebih besar dan lebih kuat mana?” tanya Dedek Abim yang paling suka nonton film Ultraman.

“Ultraman..mah…, tidak ada apa-apanya dibandingkan Allah. Lebih kuat dan lebih besar Allah.” jawabku menyakinkan.

“Kalo sama matahari dan bintang-bintang, lebih besar mana?” tanya mas Royan dengan penuh semangat.

“Yang menciptakan matahari dan bintang-bintang kan Allah. Jadi Allah lebih besar dari matahari dan bintang-bintang, Mas Royan.” jawabku mencoba menjelaskan pada anak-anak.

Tiba-tiba mas Royan menyeletuk, “Berarti Allah Raksasa, dong Abi???!!!”.

Royan mengambil kesimpulan berdasarkan pola pikiranya yang masih polos. Saya mencoba menjelaskan bahwa Allah Maha Besar. Karena sangat Maha BesarNya Allah, jadi tidak pernah bisa dipikirkan oleh manusia. Dari pandangannya saya tahu, anak-anak tidak sepenuhnya memahami kata-kataku. Beberapa saat kemudian mereka tertidur. Entah apa yang dimimpikan oleh anak-anakku. Saya yakin suatu saat nanti mereka akan menemukan sendiri jawabannya.

Advertisements

One response to “ALLAH RAKSASA

  1. baguslah anda mengajarkan keimanan semasa kecil. yang dilakukan Rasulullah adalah selalu berbicara pada bahasa yang diajak bicara. ketika berhadapan dengan anak-anak maka lakukan dengan bahasa anak-anak dan seterusnya. InsyaAlaah semua akan baik. selamat menjadi abi yang mulia. amiim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s