Fotografi: Memotret Anggrek dengan Latar Belakang Hitam

image

Foto anggrek yang indah ini hanya saga foto dengan menggunakan kamera HP saja. Hasilnya boleh diadu dengan kamera DSLR. Triknya sederhanya saja, hanya menempatkan latar belakang hitam.

Sekelias ketika saya pertama melihat bungga anggrek ini sangatlah tidak menarik. Tanamannya kurang terawat. Bahkan akarnya kering kerontang dan banyak sarang laba-laba. Namun, bunga anggrek kuning ini unik. Jarang saya melihat bunga anggrek dengan warna ini. Saya jadi ingin memotretnya.

Lokasi anggrek ini ada di rumah kaca. Latar belakangnya yang sedikit kurang teratur tidak cocok untuk latar belakang pemotretan. Jadi saya berfikir untum memakai latar belakang putih atau hitam. Kebetulan ada kain hitam, jadilah kain ini sebagai latar belakang. Dengan bantuan teman saya mulai memotrer.

image

Pot sata taruh di atas kursi dan kainnya dipegang dengan tangan.

Cahaya di dalam rumah kaca cukup bagus untuk memotret. Cahayanya lunak, sehingga tidak membuat kontras dan mengurangi bayangan. 

Saya memotret menggunakan HP Samsung Note 2. Beberapa setting kamera yang saya lakukan adalah: meteringnya terpusat, fokusnya macro, iso terendah, quality terbaik. Saya memotret beberapa kali. Hasilnya seperti foto di bawah ini. Foto2 ini tidak saya edit. Editing hanya untuk mengurangi ukurannya saja agar mudah diupload.

image

image

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s