Hati2 Membeli Pupuk KCl

image

Ceritanya saya sedang perlu pupuk K, yaitu KCl atau MOP. Saya minta teman saya untuk mencarikan pupuk2 itu. Karena perlunya cuma sedikit saya diberi pupuk oleh teman yang kebetulan sedang memupuk tanamannya. Kami curiga dengan pupuk KCl ini, karena warna dan bentuknya berbeda dengan biasanya. Lalu saya minta untuk diencerkan. Setelah diencerkan baru terlihat palsunya. Coba perhatikan foto di atas. KCl yang dilarutkan berwarna merah seperti ada pewarnanya. Bagian bawahnya ada endapannya.

image

Mestinya dalam pupuk KCl kandungan K2Onya adalah 60%. Saya berkeyakinan kalau pupuk KCl ini palsu dan kandungan K2Onya tidak seperti spek. Saya sangat prihatin, kalau yang beli pupuk ini petani. Hara K sangat berperan dalam proses perkembangan generatif tanaman (bunga dan buah). Mungkin petani banyak yang gagal panen karena pupuknya tidak jelas. Kasihan.

Pusat Penelitian Tanah juga melaporkan jika banyak sampel pupuk yang dianalisa di lab tanah tidak memiliki kandungan K seperti seharusnya. Karena itu lab tanah membuat kit yang bisa digunakan untuk mendiagnosa keaslian pupuk KCl.

Pupuk KCl lainya masih agak mendingan. Warnanya memang merah tetapi banyak kristal putihnya. Saya tidak tahu kristal apa ini. Setelah diencerkan warnanya tidak banyak berubah dan agak terang/jernih.

image

 

image

 

Pupuk KCl yang lain berwarna merah bata. Setelah diencerkan warnanya tetap jernih dan ada juga endapanya merah.

 

 

 

image

image

Advertisements

One response to “Hati2 Membeli Pupuk KCl

  1. Pingback: Pemupukan pada Tanaman Jahe | Berbagi Tak Pernah Rugi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s